Cara Mudah Memasang Widget "Contact Form" pada Blog dan Web

Contact Form  (formulir kontak) atau  "Contact Us" , dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan formulir "Hubungi Kami" ...

Contact Form (formulir kontak) atau "Contact Us", dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan formulir "Hubungi Kami" adalah sebuah fitur yang disediakan oleh sebuah blog atau website yang berfungsi untuk mempermudah visitor (pengunjung) menghubungi author (pemilik/pengelola) dari blog atau website tersebut.

Contact Form

Fitur ini terdiri dari dua jenis yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama.  Pertama merupakan sebuah gadget, yang berasal dari platform Blogger dan hanya bisa digunakan pada blog dengan platform Blogger itu sendiri. Kedua, merupakan sebuah widget. Maksudnya adalah fitur "Contact Form" tersebut berasal dari layanan pihak ketiga atau Third-Party Tools dan dapat digunakan pada semua platform blog (Blogger, Conrete5, Drupal, Joomla, Mamboo, SilverStripe, Wordpress dan sejenisnya) dan website yang berbasis CMS (Content Management System). Sampai disini kita jadi tahu pengertian dari widget dan gadget. Perbedaan, fungsi, penyedia hingga support dari kedua fitur tersebut.

Nah, kali ini saya akan berbagi cara tentang bagaimana memasang "Contact Form" yang berasal dari gadget Blogger. Caranya sangat mudah:

1. Login ke akun Blogger

2. Pilih menu "Tata Letak"

3. Klik "Tambah Gadget" (Silahkan pilih sesuai keinginan kamu, misalnya pilih di sidebar bagian kanan)

4. Pilih "Formulir Kontak". Kemudian atur letak gadget-nya, selesai! Selamat, sekarang kamu sudah memiliki gadget Contact Form di blog kamu. Mudah dan cepat, bukan? Hanya saja tampilannya memang sangat sederhana dan apa adanya, hehe...

Cara Mudah Memasang Widget "Contact Form" di Blog

Selanjutnya, untuk tampilan Contact Form yang lebih menarik, seperti yang saya sampaikan diatas, kamu bisa menggunakan widget yang berasal dari layanan pihak ketiga, salah satunya adalah dari aplikasi JotForm

JotForm adalah sebuah aplikasi online yang memungkinkan siapa saja untuk dengan cepat dan mudah membuat formulir kontak online. Tampilan antarmuka yang sederhana dan penggunaan drag-and-drop yang intuitif menjadikan pembuatan form-nya sangat mudah dan cepat, gak perlu deh pakai acara ngoding dulu^^. Tidak hanya itu, integrasi untuk pembayarannya pun mudah. Eits, tunggu dulu, jangan buru-buru kecewa dan menutup halaman ini dengan adanya kata "pembayaran", karena pada aplikasi ini juga tersedia 5 formulir pada level gratis. Yukk, kita pakai yang gratisnya sajaa, hehe... 

Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Pergi ke halaman JotForm di https://www.jotform.com/. Kemudian sign up untuk membuat akun, kamu dapat menggunakan akun Google, Facebook atau Email.

2. Klik "Create Form", yang berada dibagian kanan atas. Lalu pilih "Use Template"

3. Pilih template dengan klik "Types", yang berada di sidebar kiri dan pilih "Contact Form"

4. Akan tampil banyak pilihan template yang bisa kamu pilih. Silahkan pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan. Untuk contoh, saya memilih template "General Inquiry Contact Form" seperti yang saya gunakan di post Contact, bisa dilihat di tab menu bar di header blog saya ini.

5. Kalian bisa menambahkan element lain yang mungkin kamu butuhkan, dengan cara mengeklik "Add Form Element". Kamu juga bisa mendesain form yang telah kalian, misalnya ingin mengubah font atau warna background-nya melalui "Form Designer".

6. Jika dirasa sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, klik "Publish" yang berada di bagian header web. Lalu pada sidebar bagian kiri terdapat beberapa pilihan, silahkan pilih "Embed" dan klik "Copy Code".

7. Terakhir, login ke akun blog kamu untuk menempatkan kode formulir kontak kamu. Misalnya pada platform Blogger, kamu bisa pilih "Halaman", pada pilihan "Compose" dan "HTML", silahkan pilih "HTML" kemudian paste JavaScript Code tadi. Lalu publish. Kamu juga bisa menempatkan kode JavaScript tadi pada sebuah postingan, caranya masih sama, pada draft postingan kamu pilih tampilan HTML terlebih dahulu, paste kode dan selesai.

Oh, iya... untuk formulir kontak JotForm gratis ini memang tampilannya agak kurang cantik dengan adanya iklan dari web JotForm itu sendiri pada bagian bawah formulirnya. Namanya juga gratisan, hehehh... Agar iklannya tidak tampil kamu bisa upgrade akun JotForm kamu terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 Comments