Saturday, September 7, 2013

Okultasi Venus 9 September 2013

5 comments
Assalamualaikum... 

Hai... Seperti yang telah diinformasikan pada postingan sebelumnya, pada tanggal 9 September 2013 akan terjadi peristiwa astronomi yang disebut dengan Okultasi Venus.

Hmm... buat yang belum tahu, pasti bertanya-tanya, apa siih Okultasi Venus itu? Yukk, ikuti penjelasan berikut yaa...

Gambar contoh saat terjadi
Okultasi Planet oleh Bulan
Okultasi adalah suatu peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar (dilihat oleh pengamat dari Bumi). Akibatnya, benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi dibelakang benda lainnya yang lainnya.

Mungkin ada pembaca yang berpikir "Oh itu kan sama dengan peristiwa gerhana". Atau mungkin bertanya : "Lalu apa bedanya dong Okultasi dengan gerhana?"

Memang betul, secara sepintas, penjelasan mengenai Okultasi mirip dengan penjelasan mengenai Gerhana. Tapi sebenarnya, ada perbedaan yang mudah dipahami diantara keduanya lho... Yaitu, gerhana hanya terjadi pada Bulan dan Matahari saja, sedangkan okultasi terjadi secara umum pada semua benda langit. 

Contoh okultasi misalnya, tertutupnya planet, bintang atau gugus bintang, dan asteroid oleh Bulan. Atau bisa juga okultasi oleh planet terhadap bintang atau planet lainnya. 

Suatu benda langit dikatakan mengalami okultasi apabila jarak antara kedua objek tersebut lebih kecil daripada jari-jari objek yang menghalangi. Jarak yang dimaksud bukanlah jarak sebenarnya kedua benda langit tersebut, tetapi jarak yang dimaksud adalah jarak yang dibentuk dari pengamatan yang dilihat dari Bumi sebagai titik acuan.

Nah peristiwa seperti itulah yang akan terjadi terhadap planet Venus pada tanggal 9 September 2013 pukul 13:15 WIB. Dimana pada saat itu planet Venus akan terlihat tertutup oleh Bulan yang dilihat dari Bumi.

Ilustrasi Terjadinya Peristiwa Okultasi Venus

Peta lokasi pengamatan Okultasi venus 9 September 2013


Namun sayang, berdasarkan peta lokasi keterlihatan okultasi venus diatas kejadian ini tidak bisa dilihat di Indonesia. Bisa kita lihat dari peta diatas lokasi terbaik untuk mengamatinya adalah di wilayah Amerika Selatan. Meskipun begitu, semoga saja informasi ini bisa menambah lagi wawasan kita di bidang ilmu astronomi khususnya mengenai peritiwa Okultasi planet oleh Bulan.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :
Lunar Occultations.com
Universe Today.com
Moon Tracks.com

5 comments :

  1. jadi kalo hati kita tertutupi oleh rasa sedih bisa juga disebut okultasi hati oleh kesedihan ya...bisa juga okultasi cinta, okultasi rindu, okultasi dendam, dll hehe (OOT aja ini mah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, mas Wewengkon, bisa juga nih...

      Delete
    2. hehehhee... bisa, bisa.. pokonya mah silahkan diatur-atur aja sama kang WS, saya dan pak Pri mah ngdukung aja, hehe :D

      Delete