Wednesday, January 7, 2015

Langkah-Langkah Menambahkan Komet C/2014 Q2 Lovejoy pada Aplikasi Stellarium

No comments
Assalamualaikum...

Setelah 11.500 tahun, Komet Lovejoy kembali berkunjung ke lingkungan dekat Bumi. Warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki peluang untuk menyaksikan fenomena yang hanya terjadi sekali seumur hidup itu.

Mulai hari ini, tanggal 7 Januari 2015, Komet C/2014 Q2 Lovejoy akan melintasi orbit bumi dalam perjalanannya menuju matahari, komet ini akan berjarak dari bumi sekitar 44 Juta mil masih kategori aman tidak berbahaya karena hanya melintasi saja.

Komet ini akan melewati sisi kanan gugus bintang Pleiades di sore hari tanggal 15 sampai 17 Januari. 

Walau pada akhirnya Q2 Lovejoy akan surut dari Bumi, ia tidak akan mendekati matahari hingga 30 Januari di jarak 193 juta kilometer. Pada saat itu, sinar bulan akan mulai menghalangi dan Q2 Lovejoy juga akan memudar dari pandangan Bumi.

Komet C/2014 Q2 Lovejoy ini berpotensi disaksikan dengan mata telanjang, dengan syarat langit cerah dan minim polusi cahaya. Sementara di kota besar, komet itu bisa dilihat dengan alat bantu seperti binokular dan kamera DSLR.

Menurut situs Sky and Telescop, mata manusia sebenarnya tidak bisa melihat warna pada sebuah objek dengan baik pada waktu malam hari, namun foto-foto Q2 Lovejoy menunjukan ia memiliki warna hijau yang kemilau.

Nah, bagaimana cara menemukan Komet C/2014 Q2 Lovejoy ini dilangit? Ke arah mana mata atau alat harus melacaknya?

Untuk memudahkan melacak keberadaan Komet C/2014 Q2 Lovejoy, bisa dengan menggunakan aplikasi simulasi langit Stellarium.

Namun, sebelum melakukan pelacakan Komet C/2014 Q2 Lovejoy dengan menggunakan Stelarium, terlebih dahulu kita harus melakukan upgrade pada aplikasi Stellarium tersebut.

Berikut langkah-langkah menambahkan Komet C/2014 Q2 Lovejoy pada Stellarium :

  1. Aktifkan Aplikasi Stellarium.
  2. Tekan F2, untuk membuka jendela "Konfigurasi" Stellarium
  3. Klik "Plugin"
  4. Klik "Penyunting Sistem Tata Surya" (yang berada di sebelah kiri pada jendela "Konfigurasi"), lalu klik "Atur"
  5. Setelah muncul tampilan jendela "Solar System Object", klik "Solar System"
  6. Lalu klik "Import orbital elements in MPC format..." (yang berada di bagian paling bawah)
  7. Setelah itu, akan muncul jendela "Import data",  pada bagian "Select the type", pilih "Comets".
  8. Masih pada jendela "Import data", pada bagian "Select the source" (atau lebih tepatnya pada bagian "Select a source from the list"), pilih "MPC's list of observable comets"
  9. Klik "Get orbital elements"
  10. Setelah itu, akan muncul jendela baru namun masih dengan judul "Import data". Pada jendela tersebut, ketik "C/2014 Q2 Lovejoy" pada kotak pencarian bergambar kaca pembesar.
  11. Centang kotak kecil yang ada di sebelah kiri "C/2014 Q2 Lovejoy"
  12. Klik "Add objects"

Dan berikut adalah hasil pelacakan posisi Komet Lovejoy C/2014 Q2 pada  hari ini, tanggal 7 Januari 2015, pukul 15:22:00 WIB, berada di arah langit sebelah timur.

Screenshot Stellarium versi 0.12.4
Lokasi : Sumedang, Jawa Barat.
Aplikasi Stelarium ini bisa diunduh gratis di www.stellarium.org. Semoga bermanfaat, dan selamat mengamati Komet C/2014 Q2 Lovejoy.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Referensi :
www.wyomingstargazing.org
In The Sky

No comments :

Post a Comment