Wednesday, April 13, 2016

Book Review : Paranormalcy (Paranormalcy #1) by Kiersten White

No comments
VAMPIRE
Aku Melihat Sesuatu Yang Tidak Dapat Kau Lihat

WEREWOLF
Aku Mengetahui Apa Yang Memburumu

FAERI
Akulah Pelindungmu

SHAPESHIFTER
Namun Kini, Aku Pun Tak Dapat Melindungimu

Evie selalu menganggap dirinya remaja normal, meskipun ia bekerja untuk Paranormal Containment Agency. Mantan pacarnya adalah faery, dan ia satu-satunya orang yang bisa melihat melalui Glamour paranormal.


Identitas Buku
Judul : Paranormalcy (Paranormalcy #2)
Penulis : Kierstein White
Genre : Fantasy, YA, Romance
Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Silvero
Tebal Buku : 410 Halaman 
Penerbit : Laluna and Friends
ISBN 13 : 978-602-97197-2-7
Cetakan Pertama, Mei 2013

Review
Evelyn, yang akrab dipanggil Evie ini sepanjang hidupnya tidak pernah mengenal dan mengetahui kedua orang tuanya. Dimana mereka, masih hidupkah atau tidak, Evie tidak mengetahuinya. Yang ia tahu hanyalah IPCA (The International Paranormal Containment Agency ; Badan Pengendalian Paranormal Internasional) yang telah menjadi tempat tinggal dan tempat ia tumbuh selama ini, sejak ia berusia 8 tahun. Saat itu pula, Evie diketahui memiliki kemampuan khusus yang sangat unik. Ia mampu "melihat" wujud asli makhluk non manusia dibalik "glamour"/"samaran" yang menyelubungi
sebagian besar makhluk-makhluk tersebut.

Sejak usia 8 tahun itu pula, Evie direkrut menjadi salah satu agen handal yang bertugas melacak dan menangkap makhluk-makluk yang melanggar ketentuan IPCA, demi keamanan dan kelangsungan hidup (baik makhluk paranormal maupun makhluk normal) bersama di dunia.

Suatu hari, muncul penyusup aneh di dalam markas IPCA, yang saat itu tertangkap sedang berusaha mencuri data dan informasi rahasia. Makhluk tersebut berwujud sangat "indah" dimata Evie. Kemudian, diketahui makhluk itu bernama bernama Lend, seorang pemuda berpenampilan menarik yang kemudian memberikan informasi pengetahuan baru bagi Evie, tentang kehidupan di luar IPCA, bahwa IPCA yang selama ini dikenal sebagai penjaga stabilitas dan keamanan, justru memusnahkan hampir sebagian besar makhluk supranatural, terutama mereka yang tidak bersedia tunduk pada aturan dan kendali IPCA. Perlahan, pemahaman dan kepercayaan Evie mulai goyah terhadap IPCA.

Meskipun begitu, Evie berkeyakinan ia tidak mau percaya begitu saja kepada Lend, maka ia pun berusaha untuk mencari informasi tambahan, untuk memperjelas fakta-fakta yang menurutnya sangat menarik sekaligus mengerikan itu. Disaat-saat itu pula, muncul serangkaian peristiwa aneh yang terjadi bukan saja pada IPCA melainkan pada makhluk-makhluk supranatural. Mulai dari gangguan oleh kaum faerie (terutama sesosok yang dikenal dengan nama Reth), peri yang selalu berusaha memikat dan mempengaruhi Evie untuk mengikutinya ke alam faerie, hingga serangan terhadap kaum werewolf penjaga keamanan IPCA dan serbuan kaum vampir.

Mendapati kekacauan yang terjadi, Raquel, pimpinan IPCA yang selama ini dikenal sebagai sosok yang serba tahu, tentang apa, bagaimana tindakan yang harus diambil ketika ada kekeliruan dalam sistem mereka, kini ia tampaknya nyaris putus asa.

Diam-diam Evie berteman dengan tahanan terlarang, si penyusup, Lend ; makhluk supranatural yang ternyata mampu berubah wujud menyerupai siapa saja. Selain itu, Evie juga tengah merencanakan sesuatu untuk membebaskan dirinya untuk keluar dari IPCA. Dengan bantuan Lend dan Tasey, senjata taser berwarna pink, Evie tak mampu menghadang lawan yang akhirnya berhasil "menanamkan" sesuatu ke dalam tubuhnya. Dan kini, Evie bukan hanya Evie, 
gadis remaja yang suka sekali menonton Easton Heights, sebuah tayangan opera sabun yang terkenal, serta mengidamkan kehidupan normal sebagai seorang pelajar, dan terkadang berperan sebagai pelacak makhluk supranatural yang membandel bagi IPCA, karena muncul makhluk lain bernama Vivian, yang ternyata memiliki kemampuan serupa dengan dirinya : The Empty One, dan kini ia justru mulai memburu Evie.

Lalu makhluk apakah Evie sebenarnya? Makhluk paranormalkah atau makhluk normal yang yang memiliki kelebihan khusus? Dan mengapa pula Reth terus mengejar Evie?

Rate : (3/5)


Penghargaan yang diraih oleh buku ini :
A Whitney Award Winner
A YALSA Teen Top Ten Winner
A Utah Book Award Winner

No comments :

Post a Comment