Monday, July 30, 2012

MURID SMP DI AMERIKA TEMUKAN LUBANG MISTERIUS PADA PLANET MARS

3 comments
Penelitian terhadap planet Mars masih terus berlanjut.

Bukan hanya NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang melakukan penyelidikan terhadap planet merah ini, tapi juga sekelompok siswa dari salah satu sekolah di California, Amerika Serikat. 

Beberapa waktu lalu, sekelompok siswa kelas 7 (1 SMP) dari sekolah Evergreen Middle School di Cottonwood, California, AS menemukan sebuah lubang di permukaan planet Mars. 

Saat sedang mengikuti program yang bernama The Mars Student Imaging Program, ke-16 siswa didikan Dennis Mitchell dari kelas ilmu pengetahuan ini menemukan lubang hitam kecil di tengah-tengah planet tersebut. Program yang diadakan di Universitas Arizona ini, memperbolehkan mereka menggunakan kamera milik NASA yang khusus dipakai untuk misi Mars Odyssey Orbiter. Sebenarnya, pada program tersebut para siswa diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan penelitian, kemudian menggunakan kamera tersebut untuk menemukan jawabannya. 

Tetapi, mereka justru menemukan temuan baru bagi antariksawan. Para peneliti yang melihat gua kecil itu, kemudian mengatakan kalau kemungkinan besar gua itu terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik pada planet Mars. 

Gua tersebut terlihat seperti jendela loteng yang terbuka karena material utuh yang sebelumnya menutupi lubang tersebut, runtuh dan kini terbuka. Mereka juga memprediksi kalau lebar lubang itu bisa mencapai 160-190 meter, dan dalamnya sekitar 115 meter. 

Berhubung siswa dari sekolah Evergreen ini juga berjasa dalam menemukan lubang misterius tersebut, NASA pun mengajak para siswa ini untuk bergabung melakukan penelitian. 
Menurut guru mereka, Dennis Mitchell, siswa-siswanya akan melakukan penelitian yang terfokus pada lokasi yang biasa menjadi tempat munculnya tabung lava tersebut. Mereka akan mencari jawaban dari pertanyaan ini “Apakah tabung lava hanya dapat ditemui di daerah sekitar gunung berapi, atau hanya terdapat di puncak gunung berapi?” 

Dennis juga menambahkan kalau The Mars Student Imaging Program merupakan program pendidikan yang sangat bagus dan membantu para siswa untuk mengerti lebih dalam tentang caranya melakukan penelitan dan menyadari bahwa betapa pentingnya sebuah penelitian itu bagi komunitas pengetahuan.



3 comments :

  1. Replies
    1. iya... yg dalam kotak merah, mkasih yaa udah mampir :)

      Delete
  2. itu lubang saya yang buat,, beberapa hari lalu saya abis gali disitu.. hehehe.. :D

    ReplyDelete