Wednesday, November 14, 2012

Manfaat dan Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia

29 comments
Assalamualaikum, semuaaa....

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi.

Kesimpulan :
Tubuh manusia mengandung sekitar kurang lebih
70 s/d 80 % Air.
Dan seperti yang kita tahu, ehh tapi kalau ada yang belum tahu, aku kasih tahu yaa... bahwa sekitar 70 s/d 80% tubuh kita (manusia) terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 70%. 

Otak memiliki komponen air sebanyak 75%, sementara darah memiliki komponen air 83%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat urine, keringat, pernapasan, dan sekresi*

Para ahli kesehatan banyak juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal. Tentunya, takaran tersebut tidaklah baku, karena setiap individu memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

Selain itu, kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat juga dari buah-buahan, sayuran, jus, dan bahkan dari minum teh, susu dan kopi. 

Kekurangan Air Dalam Darah, Berbahaya Bagi Tubuh

Jangan malas untuk minum yaa...
karena manfaatnya sangat baik bagi tubuh kita
Ada pernyataan bahwa rekomendasi delapan gelas air putih sehari tidaklah memiliki dasar ilmiah yang jelas bahkan disebut sekedar mitos belaka.
Namun meskipun begitu... perlu diketahui, jika tubuh kamu kekurangan asupan air dalam satu hari, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensinya, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal.

Lalu bagaimana dengan otak?
Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air ya...

Beberapa Manfaat Air Putih :

1. Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan lebih efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, dan mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan
Bila  kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. 

4. Untuk kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.
Menurut hasil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual (uPsSs... hehehe...) pun akan meningkat.

Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

5. Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan.

6. Sebagai obat stroke

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

7. Efek relaksasi
Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen.

8. Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak.
Mau langsing yang sehat?, minum air putih saja.

9. Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

10. Penyeimbang tubuh
Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus.

Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.

Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 liter (atau setara dengan 8–10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup.

Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Itulah tentatng manfaat dan pentingnya air bagi tubuh manusia.

Can you imagine? apa jadinya kita apabila hidup tanpa air?
Tentu keberlangsungan hidup kita ini tidak akan berjalan dengan semestinya, bahkan lambat laun, kemungkinan besarnya kita sudah tidak akan hidup didunia ini lagi... Nah, maka dari itu kita harus sering-sering mengkonsumsi air untuk tubuh kita.

Oh iya... berkaitan dengan air, silahkan baca post saya sebelumnya yang berjudul Dzikir Air, Obat Mujarab.

Sekian, semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum...



Keterangan :
*Sekresi adalah proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir yang dilakukan oleh sel tubuh dan kelenjar.
Referensi : 

29 comments :

  1. Sering sekali saya membaca informasi tentang manfaaat dari air putih ini tapi untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari, saya masih agak susah karena terkadang kalau sdh fokus kerjakan sesuatu, malah jarang nyentuh air putih. :). Makasih ya atas informasinya sobat. Smile 6^_^9 buat admin blog ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... terimakasih banyak untuk 69 nya :)
      betul, saya juga gitu sebenarnya,, kadang dalam sehari minum cuma dua gelas aja... :)

      tapi semoga aja artikel ini bisa mengingatkan kita untuk jgn sampai lupa mengkonsumsi air putih untuk kesehatan kita sendiri :)

      Delete
    2. wakakaka alasan saja tuh hehehehe

      Delete
    3. hehehe... dimana ada sobat Agung Talaga disitu ada ada sobat Zulham Efendi, hihii

      Delete
  2. aq paling banyak mengkonsumsi air putih sob tiap harinya,ya maklum aq kan kuli kerja tengah panas jadi banyak minum....hehe
    mksh infonya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... bagus sekali itu, semoga sobat Reo Adam tetap selalu sehat yaa, Amin...

      Delete
  3. air memang menyehatkan..
    koment back y, hhe

    ReplyDelete
  4. saya pernah gak minum sampe 1 hari full,,rasanya badanya lemes, tenggorokan sakit,,macem" deh... yang penting masih bisa 6^_^9 disini adee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga yang sedang aku alamin, sakit tenggorokan... sangat menyiksa... akibat dua hari yg lalu keasikan jalan-jalan... sampe lupa minum,

      Terimakasih 69 nya yaa...

      Delete
  5. met mlm genk. aq suka. trmaksi genk. dah mau ber bagi'y. sukses slalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, genk (?) hehee...
      Sukses selalu juga buat Tutorial Blogger :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Semua yg bening" memang menyegarkan.

    Termasuk air bening :D (bukan air putih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... bisa aja nih,

      owh iya yaa, itu lebih tepatnya "Air Bening" bukan "air Putih"
      salam sukses untuk Ketagihan Baca :)

      Delete
  8. Air putih walaupun seerhana manfaatna luar biasa, 69 sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, setuju.... terimakasih sekali 69 nya :)

      Delete
  9. gue follow blognya yah..jgn lupa followbalik di http://free-plex.blogspot.com/ yah :D yg mau saling follow, tinggal koment di blog yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, salam persahabatan...

      udah saya follback juga #12,

      Delete
  10. Replies
    1. Betul sekali...

      Tapi terkadang, dalam air yang bening pun, masih ada mikroorganisme jahat, tetap harus hati-hati, >_<

      Delete
  11. Air emang kebutuhan hidup yang sangat..

    Tidak lupa & ketinggalan 6^_^9

    #Blogger Ciamis

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sangat penting dan utama yaa sob... :)

      Terimakasih sekali 69nya :)

      Delete
  12. air memang sangat penting bagi manusia dan mahluk hidup lainnya yg ada di bumi ini, tanpa air mungkin tak akan ada yg bisa bertahan hidup, krna tubuh akan kekurangan air.... :)
    nice artikel sobat

    ReplyDelete
  13. air ditempat aku harganya sangat mahal itu karena barang ini di lokasi aku sangat langka terutama untuk yangb bersih soalnya aku tinggal dilokasi tambang jadi airnya tidak bersih,..musti jalan dulu sampai 2 km buat dapatkan air yang bersih terutama buat air minum(air putih)setiap hari harus konsumsi air galon sampai 2 galon sehari,...hal ini mengajarkan kepada aku untuk bersyukur karena masih banyak di tempat lain yang lebih susah dari apa yang aku alami,coba sobat perhatikan beberpa informasi di negara lain yang susah dengan air,terkadang juga aku miris melihat beberapa dari kita yang tidak memperdulikan soa penghematan air,..contohnya saja lihat mereka yang berwudhu di masjid2 bagaimana cara mereka membasuh anggota tubuh mereka dengan memutar keran air sampai penuh suatu tindakan pemmubaziran,...hehehe salam 6^_^9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ditempatku air masih mudah didapatkan...

      mari hemat air, makanya jangan terlalu sering mandi, hehehe :D

      Delete
    2. oh iya... terimakasih sekali untuk 69nya sobat... :)

      Delete