Thursday, March 7, 2013

8 Fakta Unik Planet Venus

5 comments
Assalamualaikum....

Venus, Planet terdekat kedua dari matahari
Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km, diameter 12.104 km. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan.

Venus mengorbit selama 224,7 hari Bumi. Planet ini dinamai dewi cinta Romawi dan keindahan. 

Setelah Bulan, ini merupakan obyek alami terang di langit malam, mencapai magnitudo tampak dari -4.6, cukup terang untuk melemparkan bayangan. Karena Venus merupakan planet rendah dari Bumi, ia tidak pernah muncul untuk usaha jauh dari Matahari : elongasi maksimum mencapai 47,8 °. 

Venus mencapai kecerahan maksimum sesaat sebelum matahari terbit atau segera setelah matahari terbenam, yang untuk alasan ini telah disebut oleh budaya kuno sebagai Bintang Fajar atau Bintang Sore. Saat planet Venus berada di langit Timur (pagi hari) disebut Bintang Timur dan saat muncul di langit Barat (sore hari) disebut Bintang Kejora.

Planet Venus dalam warna asli
Nah, berbicara tentang Planet Venus, berikut adalah 8 fakta unik tentang Planet Venus :

1 Gunung Api di Venus
Gunung api di Venus paling banyak di antara planet-planet di tata surya. Para astronom mengetahui lebih dari 1.600 gunung berapi di permukaan,tetapi mungkin lebih banyak lagi gunung berapi yang mungkin terlalu kecil untuk kita lihat.Para ilmuwan berpikir sebagian besar tidak aktif, meskipun segelintir mungkin masih aktif.

2. Hari Lebih Lama Daripada Tahun
Sehari di Venus berlangsung 243 hari di Bumi (itulah lama Venus untuk membuat satu rotasi), sementara tahun pada Venus (periode revolusinya mengelilingi matahari) yang lebih pendek, hanya 224,7 hari di Bumi.

3. Kembaran Bumi?
Dari semua planet di tata surya, Venus adalah planet yang paling kembar dengan Bumi. Ukurannya hampir sama dan komposisi Venus 'yang sebagian besar sama seperti Bumi. Orbit Venus juga yang paling dekat dengan Bumi dari setiap planet di tata surya. Kedua planet ini juga memiliki permukaan yang relatif muda, dan keduanya memiliki atmosfer tebal dengan awan (Namun, awan Venus 'sebagian besar terbuat dari asam sulfat yang beracun).

4. Neraka Di Venus
Karena sebagian besar dari atmosfer Venus yang terbuat dari karbon dioksida, efek rumah kaca yang ekstrim sebabkan pemanasan permukaan Venus. Suhu di sana dapat mencapai 870 derajat Fahrenheit panas (470 derajat Celcius).

"Permukaan cukup panas untuk melelehkan besi karena efek rumah kaca," kata Sue Smrekar, seorang ilmuwan di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, dalam sebuah pernyataan.

5. Tekanan Yang Ekstrim
Tekanan udara di permukaan Venus yang ekstrim - sekitar 90 kali lebih tinggi dari tekanan di permukaan di Bumi. Dengan kata lain, tekanan pada Venus hampir sama dengan tekanan air di Bumi sekitar setengah mil (1 km) di bawah laut.

6. Planet Paling Terang
Sementara Venus bukan termasuk planet terbesar di tata surya, karena kedekatannya dengan Bumi membuatnya paling terang dari planet-planet di langit. Hal ini juga memenuhi syarat sebagai obyek kedua paling terang di langit malam, setelah bulan.

7. Angin Yang Kencang
Angin menggesek di Venus Karena Venus mengorbit matahari dalam orbit Bumi, planet ini tampaknya memiliki fase seperti bulan. Ketika Venus adalah di sisi berlawanan dari matahari, itu adalah dalam fase penuh, sementara itu muncul dalam fase baru ketika itu adalah antara bumi dan matahari.
8. Fase Venus
Karena Venus mengorbit matahari dalam orbit Bumi, planet ini tampaknya memiliki fase seperti bulan. Ketika Venus di sisi berlawanan dari matahari, itu adalah dalam fase penuh, sementara jika muncul dalam fase baru dia berada antara bumi dan matahari.

Orang pertama yang menyaksikan fase ini adalah Astronom Italia, yaitu Galileo Galilei pada tahun 1610.

Itulah sedikit mengenai deskripsi planet Venus dan fakta-fakta uniknya. Semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :

5 comments :

  1. wah kayaknya nggak layak ya untuk jadi tempat tinggal.mungkin disana tidak ada makhluk hidupnya ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin...
      tapi kalau menurutku belum tentu, hehe... karena bisa saja disana ada kehidupan yang memang mampu hidup dalam kondisi seperti itu :D
      terima kasih pertamaxnya yaa, hehehe

      Delete
  2. Lengkap sekali daftar fakta2nya kk... salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Kk... hehe...
      salam sukses terus buat kk Ardian, hehe

      Delete
  3. Makasih kak datanya lengkap 0^◇^0)/ lopyuu

    ReplyDelete