Saturday, September 21, 2013

Hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013

80 comments
Assalamualaikum...

Pada postingan sebelumnya, terkait dengan peristiwa Astronomi yang terjadi pada bulan September ini, pernah diinformasikan bahwa tanggal 23 September 2013 merupakan hari Ekuinoks. Lebih tepatnya adalah hari ekuinoks musim gugur atau disebut juga dengan istilah Autumnal Equinox.

Ekuinoks itu apa sih?
Kata Ekuinoks berasal dari bahasa Latin : aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

Ekuinoks adalah titik potong antara equator langit dengan ekliptika. Matahari mencapai titik ini setiap tahun pada sekitar tanggal 21 Maret (disebut vernal equinox) dan 22 September (disebut autumnal equinox). Saat itu, siang dan malam akan tepat sama panjangnya.

Gambar Posisi Planet Bumi
Saat Terjadi Peristiwa Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013
(Gambar Tidak Menggunakan Ukuran Skala Yang Sebenarnya)
Sumber Gambar : Time and Date
Jadi, pada hari itu, Matahari akan bersinar tepat di perpotongan ekliptik dan ekuator. Kala itu lama waktu siang dan malam dalam waktu di seluruh dunia yang hampir sama. Hari ini juga akan menjadi awal musim gugur (autumnal equinox) di belahan Bumi Utara dan menjadi awal musim semi (vernal equinox) di belahan Bumi Selatan. Karena setelah tanggal 23 September 2013 ini, Matahari akan terus bergerak ke Selatan. Dan hal tersebut menyebabkan pergantian musim dingin di belahan Bumi Utara dan musim panas di belahan Bumi Selatan.

Bagaimana Peristiwa Ekuinoks Ini Bisa Terjadi?
Nah, seperti yang kita ketahui... Bahwa bidang ekuator, yaitu bidang yang membelah Bumi dua bagian sama besar Utara-Selatan adalah tegak lurus dengan sumbu rotasi Bumi. Dan seperti yang kita ketahui juga, bidang ekuator bumi tidak sejajar dengan sumbu bidang ekliptika, tetapi membentuk sudut sebesar 23,5 derajat. Sudut yang dibentuk dari perpotongan inilah yang mengakibatkan adanya deklinasi Matahari selama satu tahun lama Bumi mengitari Matahari.

Deklinasi...?
Iya, deklinasi ini tidak lain adalah jarak antara Matahari dengan bidang ekuator dan nilai deklinasi per harinya bervariasi lho... mulai dari 23,5 derajat hingga minus 23,5 derajat.

Guys... harap dicatat dan diingat baik-baik yaa, peristiwa ekuinoks, baik itu Vernal equinox atau Autumnal Equinox tidak tidak berpotensi menimbulkan bencana bagi bumi ataupun makhluk hidup di bumi.

Terus, terus... kapan terjadinya dan apa unik dan menariknya peristiwa Ekuinoks, khususnya Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 nanti apa?
Peristiwa Ekuinoks musim gugur tahun 2013 Insya Allah akan terjadi pada hari Senin tanggal 23 September 2013 tepat pukul 03:44 WIB dini hari.
Bagi kamu atau mereka yang tinggal di garis khatulistiwa yaitu wilayah yang memiliki nilai lintang tempat pada kisaran 0 derajat seperti kalau di Indonesia di kota Pontianak yang berada pada kisaran lintang 0 derajat 5 detik lintang selatan dan 109 derajat 22 menit bujur timur, di siang hari mereka akan menyaksikan saat-saat matahari berada di titik tertinggi atau tegak lurus di atas kepala atau kulminasi Matahari tepat berada di titik zenith. Selain itu meraka juga akan menyaksikan, secara praktis matahari terbit tepat di titik timur dan terbenam tepat di titik barat. Bagi daerah yang berada pada lintang nol derajat ini, lama waktu siang praktis sama dengan lama waktu malam.

Jadi, selamat menyambut hari Ekuinoks Musim Gugur 23 September 2013 yaa... Namun sayang di negara kita tidak ada musim gugurnya ya, hehehe... Kalau gitu ucapannya diganti, selamat menyambut musim dingin buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Utara dan selamat menyambut musim panas buat kamu yang tinggal di belahan Bumi bagian Selatan, hehehh ^_^

Wassalamualaikum... Wr,Wb.

80 comments :

  1. Replies
    1. hehe... sip, Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat :)

      Delete
    2. bing,, bing,, blogwalking.. malam mingguan diblog ini,, serasa gimanaaa ghitu... hahaha lebaysasi...

      Delete
    3. Terima kasiiih, hmm.. serasa gimana, gimana gitu....? hehe, pasti terpesonanisasi yahhh, hehehh

      Delete
  2. Di negara kita ada kok musim gugurnya, tepatnya waktu mendekati musim tanam, petani menyemprotkan racun ke tanaman hama dan mereka akhirnya berguguran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. owhh.. iya ya, eh tapi itu kan musim gugur yang terpaksa dan dipaksakan, hehe :D

      Delete
  3. saya jadi tahu semua mba, makasih sudah berbagi info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, terima kasih juga yaa sudah mampir dan membaca :)

      Delete
  4. wah belajar tentang matahari dan bumi hari ini, makasih ilmunya sob menambah wawasan buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :D, terima kasih banyak untuk kunjungannya :)

      Delete
  5. Saya sudah follow :) semoga bisa menjalin kekerabatan di dunia internet yah hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik... terima kasih yaaa.... oke, Amin :)

      Delete
  6. wah dapat ilmu geografi nich di blog ini tetang hari Ekuinoks. Ma kasih ea ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, salam kenal yahh :)
      hmm... mungkin lebih tepatnya astronomi mungkin ya mbak bukan geografi, hehe... terima kasih banyak kunjungannya :D

      Delete
    2. owh bukan ya hehehe saya kira geografi, maaf soalnya saya nggak begitu paham hehehe :D

      Delete
    3. hehehe... nggak apa-apa kok mbak, pada dasarnya semua ilmu itu saling berkaitan dan berhubungan kan ya, hehe :D

      Delete
  7. Yang jelas setelah saya baca dari makna ini bisa bertambah pengetahuan tentang Ekuinoks dan terima kasih banyak sudah berbagi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan baca :)

      Delete
  8. ndak ada musim gugur....aja udah dingin banget ya mbak di saat hujan turun...hehe

    Wah...mbak Dee emang pakarnya deh...sama urusan Astronom nya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga saat panas mas budi, panaass banget hehehe

      Delete
    2. Pak Budi : hehe, yah iya dong pak, kalau hujan dingin :D
      wahh itu terlalu berlebihan, pak... bukan pakar saya... hanya kebetulan suka dan ingin berbagi apa yang saya tahu :), hehe

      Delete
    3. Mas Agus : betul, betul... nah Mas Agus pinter juga ternyata, hehehe

      Delete
    4. kalau dingin.. dingiiiiiiin banget,, kalau panas.. panaaaaaasss banget.. :D

      Delete
  9. sip sip nambah pengatahuan sebelumnya memang ngak tau saya

    wajah baru semangat baru ya dee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke... :)

      Insya Allah... salam semangat di hari Minggu pagi yang ceriaa :)

      Delete
  10. Terima kasih informasinya, salam kenal ya mbak... senang bisa menemukan tulisan-tulisan terupdate tentang peristiwa-peristiwa astronomi yang akan terjadi. GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, semoga bermanfaat yaa... :)

      Delete
  11. kakak De.... ada informasi terbaru gak sih tentang UFO?, updatenya kok tentang Astronomi terus... 'coz yang unik dari blog ini bahasan dan cara mbak jelasin tentang permasalahan/fenomena UFO nya ituhh... bikin kita khususnya gw kale yak :P, nyadar benar-benar the truth is out there and we are not alone in this universe dan sapai detik ni sudah sejauh mana si perkembangan ufologi di Indonesia? thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. *i mean "sapai" = sampai

      Delete
    2. Berarti suka baca-baca disini ya? hehehh asik, asik... terima kasiih...

      Untuk informasi terbaru tentang penampakan UFO, rata-rata setiap harinya selalu ada baik itu di dalam negeri maupun dari luar negeri... iya beberapa waktu terakhir ini saya memang jarang update info terbaru tentang UFO, Insya Allah kedepannya ya, hehe maaf...

      Salah satu situs yang juga bisa kamu kunjungi untuk mengetahui informasi terbaru penampakan UFO adalah Latest UFO sighting.net, atau silahkan juga ikuti diskusi seru para pengamat UFO di Indonesia di grup Facebook di BETA-UFO, UFOnesia dan Indonesian UFO Hunters yaa

      Delete
  12. sayang ya di indonesia nggak ada musim gugur.

    eh.. Blognya ganti baju nih..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiya...karena Indonesia terletak di daerah khatulistiwa, yang mendekat dengan matahari sepanjang tahun, sehingga Indonesia beriklim tropis dan hanya mengalami 2 musim saja yaitu kemarau (panas) dan hujan...
      Tapi pastinya segala sesuatu pasti ada hikmahnya ya... :)

      hehehe... iya, template baruuu :)

      Delete
  13. waalaikumsalam, saya coba menyimak, ternyata belajar astronomi itu agak ribet ya.....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... meskipun ribet, tapi seruuu kok :)

      Delete
  14. Ilmu astronomi atau ilmu falak merupakan salah satu ilmu favoritku untuk kupelajari selain Sejarah dan Medis. informasi yang mantab wahai kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiih.... iya betul :)
      tapi, nggak tau kenapa saya tidak begitu tertarik dengan ilmu sejarah, ehehehh

      Delete
  15. mantep! padahal baru aja gue tadabbur Az-Zumar ayat 21:

    "Apakah kamu tidak memperhatikan?"

    Silahkan elo buka Qur'an dan liat terjemahan ayat tsb!

    " ... bahwa Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi … "

    Secara logika, kejadian pada ayat tsb ngegambarin hujan. Tapi kalo kita sinkronin ama ayat selanjutnya bisa juga dimaknain ama air yang berupa butiran kristal salju. So, that's winter! Alias musim salju.

    " … kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya … "

    Well! Itu kan jelas banget abis musim salju yang musim semi, dong? That's spring!

    " … lalu ia menjadi kering, lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan … "

    Dalam biokimia, ini disebut proses apoptosis (pematian sel yang terprogram) yang dilakuin ama tumbuhan sebagai pengaruh dari fitohormon kayak etilen dan asam absisat. Daun-daun yang hijau jadi menguning dan kering, ini disebabin reduksi klorofil oleh etilen. Apalagi namanya kalo bukan musim panas? That's summer!

    " … kemudian dijadikannya hancur berderai-derai."

    Kalo dedaunan udah menguning dan kering, tibalah saatnya buat jatuh dan berguguran. That's autumn!

    "Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal."

    Suatu saat gue pengen ke negeri berlintang utara 23,5° dan berlintang selatan 66,5° buat ngerasain 4 musim itu. Hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah... terima kasih banyak untuk komentar nya, bang Andi :)
      Tidak diragukan lagi, Al-Qur'an sebagai pembawa kebenaran yang hakiki, ingin suatu saat bisa belajar menelaah dan mengkaji Al-Qur'an bersama bang Andi, kali aja bisa kopdar suatu saat nanti ya, Insya Allah :)

      Amin... semoga terlaksana, saya doakan :)

      Delete
  16. penjelasannya lengkap sekali gan, walaupun saya baca agak seedikit kebingungan dengan istilah-istilahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... Terima kasih banyak sudah baca yaa :)

      Delete
  17. Deee ini pengamat ilmu astronomi ya? Lanjutkan deee (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya suka... dan senang berbagi aja, hehehh... tidak punya dasar di bidang ilmu astronomi sebenarnya... sip terima kasih ya :)

      Delete
  18. Nah... Ini nih yang bikin tv satelit suka hilang gambarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya... saya malah nggak tau kalau tentang itu :D, nanti cari-cari infonya ah,

      Delete
  19. kakak ini ahli astronomi ternyata.
    Ane nyerah deh kalau bahas astronomi. Tahunya gerhana bulan dan matahari saja.

    Boleh lah ini buat pengetahuan tambahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ahli, kakak... hehehe... ok, semoga bermanfaat deh :)

      Delete
  20. aku baru tahu..... makasih mbak penjelasannya :)

    ReplyDelete
  21. cukup memberi penjelasan tentang pengetahuan bagi saya.
    sangat berguna

    ReplyDelete
  22. Besok dong?? thanks infonya ea....

    ReplyDelete
  23. jadi begitu peristiwa pra pergantian musim, menambah wawasan, hahayy

    ReplyDelete
  24. Pantesan kmaren panas banget cuacanya. Eh, berkaitan kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, sebenarnya... penyebab panas terik cuaca saat ini dikarenakan tidak adanya angin yang berhembus, dan dikarenakan juga oleh udara udara kering yang turun mengalamai pemanasan di permukaan bumi sehingga menyebabkan suhu permukaan menjadi naik, :)

      Delete
  25. berarti sekarang matahari tepat diatas kalimantan ya..?
    pantesan panasnya ngepol disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada penjelasan ga kenapa lebih panas saat matahari lebih dekat ke kita..?
      padahal kalo kita mendaki gunung, semakin tinggi malah semakin dingin padahal mendekati matahari

      suer pengen tau
      jawab dong...

      Delete
    2. @Rawins : Sebenarnya tidak ada hubungannya antara terjadinya peristiwa ekuinoks ini dengan extremnya cuaca yang kita rasakan saat ini... Itu hanya sebutan untuk masa pergantian musim saja, yang saya ketahui seperti itu :)....

      Adapun extremnya cuaca saat ini tak lain dan tak bukan disebabkan oleh Pemanasan global atau global warming... penyebab-penyebanya pasti tahu kan... pemanasan global ini lah yang menyumbang peningkatan suhu di daratan dan lautan secara signifikan, dan terjadilah perubahan secara ekstrem dan efeknya dapat kita rasakan hingga saat ini.

      Mengenai mengapa saat kita mendaki gunung semakin tinggi semakin terasa dingin itu karena pada kenyataannya suhu di puncak gunung itu relatif rendah. Jadi semakin tinggi puncak gunung, tekanan udaranya semakin menurun dan udara tipis.

      Oleh karena itu udara di puncak gunung tak mampu menyerap panas matahari terlalu banyak. Selain itu dari permukaan bumi sampai batas tertentu, semakin tinggi daerahnya maka suhunya semakin rendah.

      Itulah sebabnya di puncak gunung yang tinggi suhunya lebih rendah dari 0 derajat Celcius sehingga terdapat banyak salju....

      Jadi salah jika ada anggapan semakin gunung tinggi, semakin dekat dengan matahari dan akan terasa semakin panas :D

      Delete
    3. Hai hai bang Andy... lama banget gak pernah mampir kesini ya, hihihi

      Delete
  26. jadi mulai hari ne udah terjadi pegantian musim di belahan bumi bagian utara dan selatan... nice info banget

    ReplyDelete
  27. informasi yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua. terimakasih untuk mbak dee atas sharing nya :)

    ReplyDelete
  28. can't wait the next infonya, mba sist :D

    ReplyDelete
  29. jadi istilah vernal equinox dan autumnal equinox itu hanya untuk membedakan bulan kejadian ya,, trimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  30. lama gak mampir tampilannya sekarang beda ya.. hehehe.. makin mantep.. :)

    gimana kabar'nya Dee.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya, hwahh terima kasih banget, senang dibilang mantep sama ahli desain, hihii...

      Alhamdulillah kabar baik, bang Andi...

      Delete
  31. jadi bertambah pengetahuan saya teh tentang terjadinya musim ekuinos .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung, pak Eka... :)

      Delete