Tuesday, April 22, 2014

Pembagian Juz di dalam Al-Qur'an

34 comments
Assalamualaikum...

Alhamdulillah... hari ini, Selasa, 22 April 2014 merupakan hari ke-92 sejak saya melaksanakan metode ODOJ. Dan sekarang nih... menyela waktu, ngeblog dulu, hari ini masih on progress tilawah juz 28.

Apa itu ODOJ? Mungkin diantara yang sedang membaca tulisan ini, ada ODOJers juga? Jadi pastinya udah tahu apa itu ODOJ. Nah buat yang belum tahu, ODOJ itu adalah singkatan dari One Day One Juz (Satu Juz Satu Hari), merupakan program atau lebih tepatnya metodologi, agar seseorang bisa dan terbiasa, mengkhatamkan Al-Qur'an sebulan sekali dengan cara membaca satu juz dalam setiap harinya.

Selama melaksanakan metode ODOJ ini bukan berarti tidak kesulitan dan hambatan yang dihadapi. Salah satu hambatan tersebut adalah rasa malas. Tapi Alhamdulillah... setelah dengan bersusah payah membulatkan tekad, sekarang semakin hari merasa semakin bersemangat dan bisa lebih konsisten untuk mengkhatamkan tilawah satu juz dalam setiap hari. In syaa Allah, semoga bisa terus istiqomah seperti ini ya... Aamiin...

Kerikil kecil lainnya yang kadang menjadi hambatan adalah... saat saya berada dalam situasi yang mengharuskan bertilawah dengan menggunakan Al-Qur'an digital baik yang diinstal di handphone atau di notebook, dan kebetulan sekali Al-Qur'an digital yang saya instal di handphone dan notebook saya itu memang tidak ada pembagian juz yang jelas. Jadi, kadang suka bingung (maklum Al-Qur'an nya belum hapal, jadi pembagian juz nya juga belum hapal diluar kepala ^_^), misalnya Juz 17 itu... dimulai dari ayat berapa dan surat apa yaa.... dan berakhir diayat berapa surat apa?

Masih mending kalau lagi dirumah, bisa intip langsung ke Al-Qur'an yang sudah jelas ada pembagian per juz nya. Gimana kalau lagi di perjalanan dan lupa bawa Al-Qur'an, yang ada hanya Al-Qur'an digital dari handphone. Jangan sampai deh gak jadi tilawah hanya karena bingung bagian juz yang harus dibaca hari itu dimulai dan berakhir di ayat berapa dan surat apa.

Nah pada tulisan kali ini, pengen aja berbagi tentang informasi Pembagian Juz di dalam Al-Qur'anLangsung saja yah, ini dia... semoga bisa bermanfaat yaa...

  • Juz 1 : QS. (1). Al-Faatihah ayat 1 s/d  (2). Al-Baqarah ayat 141

  • Juz 2 : QS. (2). Al-Baqarah ayat 142 s/d (2). Al-Baqarah ayat 252

  • Juz 3 : QS. (2). Al-Baqarah ayat 253 s/d (3). Al-Imran ayat 92

  • Juz 4 : QS. (3). Al-Imran ayat 93 s/d (4). An-Nisaa ayat 23

  • Juz 5 : QS. (4). An-Nisaa ayat 24 s/d (4). An- Nisaa ayat 147

  • Juz 6 : QS. (4). An-Nisaa ayat 148 s/d (5). Al-Ma’idah ayat 81

  • Juz 7 : QS. (5). Al-Ma’idah ayat 82 s/d (6).Al-An’am ayat 110

  • Juz 8 : QS. (6). Al-An’am ayat 111 s/d (7). Al-A’raf ayat 87

  • Juz 9 : QS. (7). Al-A’raf ayat 88 s/d (8). Al-Anfal ayat 40

  • Juz 10 : QS. (8). Al-Anfal ayat 41 s/d (9). At-Taubah ayat 92

  • Juz 11 : QS. (9). At-Taubah ayat 93 s/d (11). Hud ayat 5

  • Juz 12 : QS. (11). Hud 6 s/d (12). Yusuf  ayat 52

  • Juz 13 : QS. (12). Yusuf ayat 53 s/d (14). Ibrahim ayat 52

  • Juz 14 : QS. (15). Al-Hijr ayat 1 s/d (16). An-Nahl ayat 128

  • Juz 15 : QS. (17). Al-Isra ayat 1 s/d (18). Al-Kahfi ayat 74

  • Juz 16 : QS. (18). Al-Kahfi ayat 75 s/d (20). Thaahaa ayat 135

  • Juz 17 : QS. (21). Al-Anbiyaa ayat 1 s/d (22). Al-Hajj ayat 78

  • Juz 18 : QS. (23). Al-Mu’minun ayat 1 s/d (25). Al-Furqan ayat 20

  • Juz 19 : QS. (25). Al-Furqan ayat 21 s/d (27). An-Naml ayat 55

  • Juz 20 : QS. (27). An-Naml ayat 56 s/d (29). Al-Ankabut ayat 45

  • Juz 21 : QS. (29). Al-Ankabut ayat 46 s/d (33). Al-Azhab ayat 30

  • Juz 22 : QS. (33). Al-Azhab ayat 31 s/d (36). Yaasiiin ayat 27

  • Juz 23 : QS. (36). Yaasiin ayat 28 s/d (39). Az-Zumar ayat 31

  • Juz 24 : QS. (39). Az-Zumar ayat 32 s/d (41). Fushshilat ayat 46

  • Juz 25 : QS. (41). Fushshilat ayat 47 s/d (45). Al-Jaatshiyah ayat 37

  • Juz 26 : QS. (46). Al-Ahqaf ayat 1 s/d (51). Adz-Dzaariyaat ayat 30

  • Juz 27 : QS. (51). Adz-Dzaariyaat ayat 31 s/d (57). Al-Hadid ayat 29

  • Juz 28 : QS. (58). Al-Mujaadilah ayat 1 s/d (66). At-Tahrim ayat 12

  • Juz 29 : QS. (67). Al-Mulk ayat 1 s/d (77). Al-Mursalat ayat 50

  • Juz 30 : QS. (78). An-Nabaa ayat 1 s/d (114). An-Naas 6

Pengertian dari kata "Juz" itu sendiri adalah sebuah cara pembagian Al-Qur'an di mana keseluruhan Al Qur'an dipecah atas 30 juz. Tujuan pembagian ini adalah untuk memudahkan mereka yang ingin menyelesaikan pembacaan Al-Qur'an (mengaji) dalam 30 hari (1 bulan).

Karena mengkhatamkan Al-Qur’an sebulan sekali memang salah satu perintah dari Nabi Muhammad SAW. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Namun, mungkin semua itu juga tergantung dari kemampuan seseorang. Jika setiap harinya baru mampu membaca beberapa lembar saja (tidak sampai satu juz) sehingga dalam satu bulan saja minimal khatam beberapa juz. Ini juga sesuai dengan firman Allah SWT :

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

“Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran” (QS. Al-Muzammil ayat 20).

Oh iya, sejak melaksanakan metode ODOJ ini, saya juga berkenalan dan bertemu (ehh baru sebatas di  messengger Whatsapp saja sih) dengan 30 orang ODOJers hebat yang selalu mensupport dan memotivasi saat semangat tilawah saya mulai melempem, mereka adalah sahabat sekaligus saudari buat saya. In syaa Allah, mungkin di post berikutnya saya akan bercerita tentang mereka...

Wassalamualaikum... Wr.Wb

34 comments :

  1. tengkiyu postingannya sangat bermanfaat.. salam blogwalking http://riyanfirdaus.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali.... :)
      Salam blogwalking ^_^

      Delete
    2. Alhamdulillah... terimakasih atas penjelasannya yang sangat bermanfaat...

      Delete
    3. Alhamdulillah... terimakasih atas penjelasannya yang sangat bermanfaat...

      Delete
  2. Saya sdh susah nih skg.

    Kl ada Al-Qur'an yg terbitan beirut lebih enak lagi, De. krn pembagian hlmnnya juga jelas. satu juz biasanya 10 lembar. mknya dulu tipsnya setiap sehabis shalat wajib baca deh 2 lembar, sehari genap 10 lembar (1 juz).

    kl di gadget mungkin sama deh. #soktahupadahalgakpunyagadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk niatkan, keep hamassah :)

      Oh begitu ya, beberapa Al-Qur'an yang saya terbitan Indonesia semua ^_^. Iya betul, rata-rata sepuluh halaman... iya sekarang juga kadang-kadang begitu,2 halaman disaat setiap setelah sholat wajib, kadang-kadang juga diterabas juga satu juz pada satu waktu

      iya sebagian, Al-Qur'an digital juga ada pembagian juznya, tapi yang saya download, gak ada pembagian juznya :)

      Delete
  3. Baca jgn hanya arabnya, tetapi juga makna nya :D good info :)

    ReplyDelete
  4. Artikel yang menerangkan tentang Alquran dan juz di dalamnya
    Saya baca dengan seksama, dengan pelan-pelan yah Mbak De Widiani
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. Luar biasa...!
    masih ada generasi penerus Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Termasuk Fat Holla juga kan....? :)

      Delete
  6. Kunjungan Perdana Gan,..

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rifa'i, salm kenal kembali ^_^
      Terima kasih ya....

      Delete
  7. saya bm ya teh pembagian juznya...dari dulu selalu bertanya2 dan akhirnya mendapat jawaban disini :D
    mudah2an bisa juga mengamalkan membaca Alquran dengan sistem ODOJ ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, semoga bisa lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak :)
      Aamiin... :)

      Delete
  8. wah dapat pencerahan dari mbak ade, makasih ya. Mantap postingannya.

    ReplyDelete
  9. MakasihTeh atas peneranganya dan pembagian juz nya,cuma tolong kasih tau juga tanda-tanda pembagian juz yang ada dalam mushap alqur"an nya karna kadang saya bingung kalo di tanya ma anak saya tanda juz nya yang mana?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bisa bermanfaat :)
      Disetiap awal Juz (disisi) Al Qur’an selalu terdapat kata Al Juz, meskipun mungkin agak susah untuk menentukkannya, apalagi menurut saya, hehe...

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
  10. assalamualaikum.....kunjungan pertama nih.salam kenal,sukses selalu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...

      Aamiin, Terima kasih :)

      Delete
  11. Alhamdulilah... postingan ini sangat bermanfaat... semoga barokah... aamin..amin YRA...

    ReplyDelete
  12. Sharing yg manfaat bgt. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Subhanallah...
      Semoga saya bisa seperti, mas Rega, Aamiin :)

      Delete
  14. insyaallah..membantu bgi yg bru bljar bca.. alquran sprti q..amiinn
    gan .pa da grupnya gan di bb biar tmbh ilmunya ..

    ReplyDelete
  15. Persis seperti yang saya alami saat ini, kebingungan juz untuk quran digital, alhamdulillah saya juga ikut program odoj, dan membuka ini dlm rangka mencari tau juga karna perlu membaca quran di hp. Alhamdulillah terasa manfaatnya, syukron.

    ReplyDelete
  16. terima kasih sharenya..smg berkah, aamiin

    ReplyDelete