Thursday, October 8, 2015

Festival Sains Antariksa 2015

1 comment
Pekan Antariksa Dunia (World Space Week) kegiatan tahunan internasional yang dideklarasikan oleh PBB dalam rangka memperingati kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya dalam kehidupan manusia, dimana LAPAN ikut berperan serta dalam mensosialisasikan hasil-hasil litbang keantariksaan kepada masyarakat dan kalangan pendidikan sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang alam semesta.

World Space Week dilaksanakan tanggal 4-10 Oktober setiap tahun. Tanggal ini memperingati 2 peristiwa yaitu, tanggal 4 Oktober 1957 adalah peluncuran satelit pertama buatan yaitu Sputnik 1, yang membuka jalan bagi eksplorasi antariksa, dan tanggal 10 Oktober 1967 adalah panandatangan Kesepakatan Prinsip Pengaturan Aktivitas Negara-negara dalam Eksploari dan Penggunaan Damai Angkasa Luar, termasuk Bulan dan Benda Langit Lainnya.

World Space Week adalah kegiatan publik terbesar dalam merayakan ekspolasi antariksa, sains dan teknologi antariksa. Pada tahun 2015 dengan tema “Discovery” menekankan pada saat ini merupakan masa jaya penemuan angkasa luar. Banyak hal yang dipelajari mengenai alam semesta kita ini selama satu dekade terakhir. Teleskop luar angkasa, wahana antariksa antar planet dengan ‘probe’ dan ‘lander’, planet luar tata surya, galaksi yang jauh, close by komet dan satelit, bulan dan asteroit, menunjukkan dari mana kita berasal dan kemana kita menuju. Antariksa adalah mengenai penemuan! 

Di Indonesia, Pekan Antariksa Dunia atau World Space Week ini dimeriahkan melalui acara Festival Sains Antariksa yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatakn pengetahuan siswa mengenai antariksa, astronomi, melakukan eksperiman terkait antariksa dan turut serta berkontribusi dalam memanfaatkan ruang angkasa dengan lebih baik untuk kemajuan ilmu pengetahuan.


Dari situs Pusat Sains Antariksa - LAPAN, kegiatan Festival Sains Antariksa 2015 akan dilaksanakan di Pusat Sains Antariksa LAPAN, Jl. Dr. Djundjunann 133 Bandung pada tanggal 10 Oktober 2015 pada pukul 08:00 – 15:00 WIB dengan acara sebagai berikut:

1. Ceramah umum
2. Lomba Menggambar Estafet bagi siswa kelas 1-3 SD
3. Kuis Acak Kata bagi siswa kelas 4-6 SD
4. Kuis Cerdas Cermat bagi siswa SMP/Mts
5. Lomba KTI dengan tema Eksperimen Klinostat bagi Siswa SMA/SMK/MA
6. Pameran Sains:
- Pameran Alat Peraga Sains Antariksa dan Sains Atmosfer
- Planetarium Mini
- Ular Tangga Antariksa
- Pengamatan Matahari


Astronot Jepang, Soichi Noguchi, juga akan meramaikan Festival Sains Antariksa melalui video conference langsung dari Jepang pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di LAPAN Bandung. 

Festival Sains Antariksa ini terbuka untuk umum.

So, astrolover, don't miss it :))

1 comment :

  1. hehehe masih tetep sama tema nya ya,, good luck Ade,, ngesot BW disini dulu ya :D

    ReplyDelete