Wednesday, February 6, 2013

16 Februari 2013, Asteroid 2012 DA14 Melintas Dekat Bumi

72 comments
Assalamualaikum...

Pada hari Sabtu, dini hari, tanggal 16 Februari 2013 pukul 02:26 WIB, sebuah asteroid yang besarnya separuh lapangan bola atau sekitar 45 meter ini bakal melintas sangat-dekat dengan permukaan Bumi.

Asteroid tersebut, ditandai sebagai 2012 DA14, bakal melintas pada ketinggian "hanya" 27.700 km dengan kecepatan relatif 7,8 km/detik (28.000 km/jam) terhadap Bumi. Dengan dimensi 58 meter, bobot asteroid ini setara 0,3 juta ton dan menjadikannya asteroid terbesar yang pernah melintas sangat-dekat dengan Bumi sejak program pelacakan benda-benda langit asing dimulai 20-an tahun silam.

Sumber : Nasa.gov
Asteroid 2012 DA14 bakal melintas pada ketinggian lebih rendah dibanding orbit satelit-satelit geostasioner yang mencakup sejumlah satelit komunikasi dan cuaca yang penting.

Tak perlu khawatir,  peluang asteroid ini menabrak satelit-satelit buatan yang masih beroperasi di langit sangat kecil. Sehingga tidak akan berdampak apapun pada Bumi dan tidak akan mengganggu kerja satelit-satelit di Bumi.
Sumber : www.nbcnews.com
Namun tidak untuk 97 tahun lagi. Pada 16 Februari 2110, asteroid itu diperkirakan akan menumbuk Bumi.

Berikut sejumlah fakta tentang asteroid 2012 DA14 yang akan mendekat ke Bumi pada 15 Februari 2013 seperti dikutip dari laman resmi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

1. Asteroid 2012 DA14 adalah obyek dekat Bumi dengan diameter sekitar 45 meter dan masa sekitar 130.000 metrik ton.

2. Asteroid 2012 DA14 ditemukan oleh La Sagra Sky Survey yang dioperasikan oleh Astronomical Observatory of Mallorca di Spanyol pada 23 Februari 2012. Jarak asteroid ini sekitar 4,3 juta kilometer saat dideteksi.

4. Pelintasan asteroid 2012 DA14 tahun 2013 sampai sekarang merupakan perlintasan asteroid yang terdekat dengan Bumi dalam beberapa dekade. Perlintasan asteroid dekat dengan Bumi lagi akan terjadi pada 16 Februari 2046, saat asteroid melintas tidak lebih dekat dari sejuta kilometer dari pusat Bumi.

5. Asteroid 2012 DA 14 melakukan perjalanan dengan kecepatan sekitar 28.100 kilometer per jam dan akan mencapai titik terdekat dengan Bumi pada 15 Februari 2013 atau 16 Februari 2013 sekitar pukul 02.26 WIB.

6. Saat mendekati Bumi, asteroid akan melintas di atas bagian timur Samudera Hindia, selepas Sumatera, mendekati posisi -6 derajat Lintang Selatan dan 97,5 derajat Bujur Timur.

7. Asteroid 2012 DA14 hanya akan mencapai jarak 27.700 kilometer di atas permukaan Bumi pada 15 Februari 2013. Jarak itu berada di luar atmosfer Bumi, tapi di dalam sabuk orbit satelit, yang berada sekitar 35.800 kilometer di atas permukaan Bumi. Jarak terdekat lintasan asteroid itu hanya 1/10 dari jarak Bumi dan bulan.

Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik guna menyaksikan peristiwa bersejarah melintasnya asteroid 2012 DA14 ini. Dengan titik acuan pulau Jawa, asteroid 2012 DA14 bakal nampak menyeberangi langit tepat dari selatan ke utara antara pukul 00:00 hingga 05:00 WIB.

Namun mustahil menyaksikannya dengan mata tanpa alat bantu optik, sebab dalam perlintasan-sangat dekat ini magnitudo semu asteroid 2012 DA14 hanya bervariasi antara +10 hingga +7 saja. Pada titik perlintasan terdekatnya (yakni pukul 02:25 WIB), magnitudo semunya hanya +7 atau 2,5 kali lebih redup dibanding kemampuan mata manusia untuk menyaksikannya. 
Dibutuhkan binokuler atau teropong untuk menyaksikan asteroid ini.

Untuk mengetahui posisi Asteroid 2012 DA14 ini dari waktu ke waktu, silahkan kunjungi www.heavens-above.com

Berikut video simulasinya,



Semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Sumber dan Referensi :
Bapak Prof. Thomas Djamaluddin dan Bapak Ma'rufin Sudibyo

72 comments :

  1. 16 Februari 2110 kira2 masih hidup gak ya.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah...
      Semoga kita selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang.... jadi nanti pada tanggal16 Februari 2110, saat aku nulis tentang Asteroid ini lagi, Bang Andy masih komen di blog ku ini, Aminn... :D

      Delete
    2. sekalian follow sob biar tambah sahabat,jangan lupa untuk follbacka ya.terima kasih sob.

      Delete
    3. Okee, terima kasih bayak udah follow :)
      Follback sukses di #41,

      Delete
    4. hahahaha.. ntar komen'nya minta di bantuin sama cicit.. :D

      Delete
    5. hehehhh... iya... :D
      semoga blog kita ini bisa jadi sesuatu yang bisa bermanfaat buat diwariskan sm anak, cucu,, hihihii :D

      Delete
  2. Hadir untuk menyimak perkembangan astonomi kk...

    Sukses ya kk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkaaan... terima kasih ea kK... :D

      Delete
  3. selamat malam mbk. trmksih banyak mbk infonya sangat manjur heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi... sama-sama, terima kasih udah mampir :)

      Delete
  4. wah, pasti akan menjadi pemandangan yg spektakuler ya mba ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... tapi sayangnya tidak bisa diamati dengan mata telanjang...
      salam sukses untuk pak Eka,

      Delete
  5. Waduh magnitudo kecil sekali untuk ditangkap oleh mata... kalau aja stellarium bisa koneksi internet juga, pasti seru liatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...
      butuh teleskop, padahal aku gak punya... hikss, :(

      Delete
    2. Stellariumnya udah di update gak? kan sekarang udah versi 12

      Delete
    3. iya udah... btw pakai Setiquest Explorer gak?

      Delete
  6. Ikut nyimak ah,, makasi yah kk inponya sangat menarik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehh banget... :D
      iyapp, sama-sama, semoga bisa bermanfaat yaa....

      Delete
  7. asteroid mau lewat ya, nonton ah, hehe,thank infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan.. persiapkan teleskop atau binokulernya.. selamat mengamati asteroid :D

      Delete
  8. wah mudah-mudahan saja deh sob kita bisa melihatnya,namun jangan sampai terjadi apa-apa ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...
      Kita memang bisa melihatnya, namun harus menggunakan teleskop, teropong atau binokuler :)

      Delete
  9. Info yang menarik.. tapi tahun itu saya masih ada gak ya..

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat sekali postingannya..
    terima kasih infonya.. :D

    ReplyDelete
  11. Nah peristiwa langka ini..., 16 feb sdh dekat, pingin ikutan nonton klo bisa. Mksih banget infonya.
    Ohya mbak br aja follow back #221

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat kok dengan menggunakan teleskop biar jelas :D
      Selamat mengamati... dan terima kasih banyak FollBack nya...

      Delete
  12. moga ga ngakibatin dampak apa2 ya dee...

    btw tulisannya...memang menumbuk bumi..apa menabrak bumi..dee..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehh... sama saja sebenarnya baik itu menumbuk atau menabrak...
      hanya saja kalau menumbuk, menunjukan suatu aktivitas terhadap dua benda dimana yang satu dalam keadaan diam dan yang satu dalam keadaan bergerak...

      sedangkan menabrak, menunjukan aktivitas dua benda atau lebih yg bisa saja salah satunya dalam keadaan diam atau kesemua bendanya dalam keadaan bergerak berlawanan arah sehingga terjadi tabrakan... kurang lebih seperti itu,
      jadi yg lebih tepat ya "menumbuk" karena Bumi dalam keadaan diam (tidak ada gerakan selain putaran pada porosnya) dan asteroid bergerak, bergerak disini yaitu bergerak menuju/mendekati bumi :D

      cmiiw, bukan so' pintar, ni jdgak enak jelasin kyk gini sm dua seniorku, ihihihiii :)

      Delete
    2. Amin, Ya Allah....
      meskipun telah dinyatakan tidak berdampak apapun terhadap Bumi, gak ada salahnya terus minta perlindungan dari-Nya.... :))

      Delete
  13. hadir lagi nih dee, sukses juga tentunya

    ReplyDelete
  14. Andai saja punya telescop pasti bisa nonton fenomena ini ..thanks sahabat infonya sekalian follow nich folback ya jika berkenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, ayo nabung masih ada waktu buat beli dulu teleskopnya, hehe...
      oke siapp langsung ke TKP buat follow back :D
      terimakasih udah follow :D

      Delete
  15. wah kira kira asteroid tersebut bisa di lihat dari indonesia nggk ya sob, wah kalau bisa pengen banget lihatnya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, diatas tertulis Indonesia menjadi salah satu tempat terbaik guna menyaksikan peristiwa bersejarah melintasnya asteroid 2012 DA14 ini.

      Dan dibutuhkan binokuler atau teropong untuk menyaksikan asteroid ini.

      Selamat mengamati Asteroid DA14 yaa

      Delete
  16. maaf telat sob,
    kira2 bisa lihat gak ya...tapi gak punya teropong bintangnya je...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh hohoho... gak apa-apa kok :D
      bis nya masih belum pergi, #lho... ? hehee

      Bisa liat lho, tapi iya harus menggunakan alat optik, hehe :D

      Delete
  17. .. waduch,, suka ma luar angkasa ya?!? he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... iyaaa, hehehh... :)
      Terima kasih kunjungannya, mbak... salam kenal,,

      Delete
  18. yang jadi pertanyaan,, bagaimana asteroid itu bisa bergerak di ruang hampa udaraa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya Hukum Newton I

      Sama seperti penerapan hukum Newton I pada prinsip kerja pesawat ulang alik, dimana pesawat ulang-alik menggunakan energinya menuju luar angkasa.

      Nah, ketika sudah melewati Atmosfer bumi, pesawat ulang-alik mematikan mesin utamanya lalu berjalan dengan kecepatan konstan pada ruang hampa udara tanpa menggunakan energi.
      Prinsip tsb juga terjadi pada asteroid yang melayang-layang di luar angkasa, di luar atmodfer Bumi, Asteroid bergerak dgn kecepatan konstan d ruang hampa udara....

      Delete
  19. Replies
    1. hmm....okee deh :D

      btw "mxksiknnya" itu artinya apaan yaa? :D

      Delete
  20. follow sukses dr kapak comunity di no urut 222, thanks kunjunggannya salam kenal juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, salam kenal.... :)
      Terima kasih banyak follownya, salam persahabatan...

      Delete
  21. kecepatan relatif 7,8 km/detik (28.000 km/jam) wuihhh,apa bisa di lihat dengan mata telanjang De,,,,,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang tertulis diatas,
      "... mustahil menyaksikannya dengan mata tanpa alat bantu optik,...
      Dibutuhkan binokuler atau teropong untuk menyaksikan asteroid ini."

      Selamat mengamati Asteroid DA14 :)

      Delete
  22. sEMOGA sebelum 16 Februari 2110 sdh ada penemuan teknolog yg bisa mengantisipasinya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. selalu berharap sepertti itu terutama untuk mengantisipasi asteroid atau benda atau sampah angkasa yg berkemungkinan menyebabkan bencana di Bumi...

      Tapi untuk asteroid DA14 ini yg akan melintas 16 Februari'13 nanti, diinformasikan tidak berdampak apapun pada Bumi dan tidak akan mengganggu kerja satelit-satelit di Bumi.

      Alhamdulillah ^_^

      Delete
  23. wah kalo berita ini bener, bisa ditunggu nih, makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehh... ini beneran lho, bukan hoax :)
      silahakn ditunggu dan selamat mengamati yaa :D

      Delete
  24. wah..97 tahun lagi akan ada asteroid yang menabrak bumi...hmm jadi ingat film armageddon nich..luarbiasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... menurut perkiraan seperti itu... tapi semoga saja, meskipun diperkirakan akan menumbuk Bumi, tidak menimbulkan akibat yang fatal :D
      Terima kasih...

      Delete
  25. kemungkinan generasi kita udah pada gak ada yah kalau 97 lg ada tabrakan di luar sana :)

    Sukses kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah sepertinya.... :)
      Oke sipp, terima kasih kK....

      Delete
  26. ada berita yang 15 fabruari ada juga yang 16 februari saya bingung kaka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh.. tak perlu bingung kK.. :)
      Baik itu tanggal 15 atau 16, keduanya benar... ini hanya karena perbedaan waktu aja, sebagai akibat dari rotasi Bumi. Oleh karena itu setiap tempat di berbagai belahan bumi akan memiliki waktu yang berbeda.

      Contohnya... di Bandung (Indonesia bagian barat) menunjukkan pukul 7 WIB, maka di Bali ( Indonesia bagian tengah), menunjukkan pukul 8 WITA dan di Jayapura (Indonesia bagian timur) sudah menunjukkan pukul 9 WIT... kira-kira seperti itu, ahh pasti kK Tia udah tau kaan... hehee

      Delete
  27. Wah, ifonya bagus,, jadi penasaran nih pengen liat asteoid pake mata telanjang, hehehe,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... :D
      Sayangnya Asteroid DA14 ini gak bisa dilihat dengan mata telanjang, :)

      Delete
  28. lagi beberapa hari saja lagi....

    maaf ye dee, nur lama tidak singgah ke sini...
    lagi sibuk kerja...
    huhuhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh betul :)

      ohh, iya gak apa-apa, Nur... asal Nur selalu sehat :)
      Semangaaat.!!

      Delete
  29. makasih atas informasinya teh ... jadi penasaran pengen liat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama :D
      Silahkan, selamat mengamati asteroid DA14, karena Indonesia adalah tempat terbaik untuk mengamatinya

      Delete
  30. hadir,, eh masuk blog ini ane lagsung tersanjung,,, heheheh salam persahabatan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,
      btw, tersanjung episode berapa nih, hehehh :D
      Salam Blogger, salam persahabatan....

      Delete
  31. wahh 16 februari ya, bentar lagi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... kurang dari satu minggu lagi :D

      Delete