Monday, February 11, 2013

Perbedaan Hujan Meteor dan Fireball

24 comments
Assalamualaikum...

Credit : Sean Parker
13 Desember 2012, Arizona.
sumber gambar : www.space.com
Saat hujan meteor Geminids pada tanggal 14 Desember 2012 yang lalu, banyak yang mengatakan bahwa mereka melihat satu meteor yang begitu terang, padahal saat itu lagi hujan meteor? kenapa hanya satu meteor saja yang melintas dan begitu terang? lalu apakah itu?

Dari Forum Astronom Amatir Indonesia (FAAI), inilah penjelasannya :


Fireball atau yang biasa disebut bola api, adalah suatu bentuk meteor namun ukurannya lebih besar daripada meteor lain disaat hujan meteor.

Biasanya fireball kelihatan terang dan lambat, fireball biasanya memiliki magnitude cahaya -4.

Walaupun terlihat terang dan memiliki ekor, ini jelas berbeda dengan roket, mana ada roket melintas meninggalkan ekor api, harusnya kan meninggalkan asap di ekor nya. 

Lalu, kenapa disaat hujan meteor, meteor yang melintas tidak banyak?

Hujan meteor memiliki intensitas tertentu, contonhya hujan meteor geminids kemarin yang memiliki intensitas 120 meteor setiap jam nya. 

Jadi, hujan meteor bukanlah hujan seperti hujan-hujan lainnya yang begitu banyak. Ini hanya istilah saja.
Hujan meteor itu tidak berbahaya bagi makhluk hidup di bumi, karena setiap meteor yang masuk ke bumi akan habis terkikis oleh atmosfer bumi.

Ada 2 jenis hujan meteor, yaitu Hujan meteor shower (intensitasnya banyak) dan Hujan meteor Minor (intensitasnya rendah/sedikit).

Semoga bermanfaat yaa...

24 comments :

  1. Seru kali yah kalau hujan meteor kk hehe...
    Jadi penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, indah deh pokoknya... :)
      Terima kasih pertamax nya kK....

      Delete
  2. Jadi semakin paham tentang fenomena dilangit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh... Terima kasih.. :)
      Senang kalau bisa bermanfaat,

      Delete
  3. .: makin paham tentang hujan meteor...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.... jangan lewatkan untuk menyaksikan hujan meteor tahun ini, waktunya bisa cek di postingan saya tentang kalender Astronomi Tahun 2013 :D
      Terima kasih kunjungannya yaa....

      Delete
  4. selamat mlm sobat ahirnya tau jga,ni aneh hujan meteor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi.... salam semangat :)
      hehehh... iya semoga tulisannya dapat menmbah pengetahuan,,

      Delete
  5. nagk barbahaya toh mbak,

    kiraen hujan api gitu, wakkakaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhh.... :D

      Tergantung intensitasnya, tapi pada umunya memang tidak berbahaya kok, malah indah untuk disaksikan :)

      Delete
  6. kunjungan rutin pagi deee, sukses ditempat

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Terima kasih, kawan.... semoga bermanfaat :D

      Delete
  8. Hujan Meteor Shower,, bisa dipakai buat mandi ya.. hehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... tapi abis itu dirawat di rumah sakit, hehehe

      Delete
  9. tetep kerenan hujan meteor ya,......hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... kira-kira begitulah ;D

      lebih keren lagi ya hujan uang, hehe

      Delete
  10. paling suka nih yg kaya gini..
    udah lama juga gk mampir kesini.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,iya yang sering yaa mampirnya :)

      Delete
  11. .. ada f4 donk. kan meteor garden. he..86x ..

    ReplyDelete
  12. kepengen liat langsung tapi ga pernah bisa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fireball saya juga belum pernah liat tuh, hehe... tenang tahun ini ada peristiwa hujan meteor juga kok, jangan terlewatkan lagi ya... kali aja bisa liat fireball juga :D

      Delete