Monday, January 20, 2014

5 Super Moon di Tahun 2014

22 comments
Assalamualaikum...

Super Moon (bahasa Indonesia; Bulan Super) adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi (apsis/perigee). Selengkapnya mengenai penjelasan Super Moon, silahkan klik disini.

Dalam ilmu astronomi, istilah untuk menyebut keadaan seperti yang tertulis diatas digunakan istilah Lunar Perigee atau Bulan Perigee. Dan selanjutnya, dalam tulisan ini saya akan menggunakan istilah Bulan perigee.

Secara spesifik, Bulan perigee bisa merupakan Bulan purnama atau Bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% hingga 14 % atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Jarak antara Bulan dan Bumi pada saat peristiwa Bulan perigee bervariasi. Satu peristiwa Bulan perigee mungkin lebih spektakuler dari lainnya karena jarak yang lebih dekat.

Jadi, saat terjadi peristiwa Bulan perigee, sebenarnya tak ada yang spesial. Hanya saja, bila teliti, Bulan akan tampak lebih besar hingga 14 persen dari biasanya karena jarak yang lebih dekat (perigee).

Di tahun 2014 ini, Insya Allah akan terjadi 5 kali peristiwa Bulan perigee.  Bulan perigee pertama telah terjadi pada tanggal 1 Januari 2014 yang lalu. Sementara Bulan perigee kedua bakal terjadi pada 30 Januari 2014 nanti. Selain bulan Januari, Bulan perigee juga akan terjadi pada 13 Juli, 10 Agustus, dan 9 September 2014.

Dari lima peristiwa Bulan perigee, dua di antaranya adalah bulan baru dan tiga lainnya bulan purnama. Bulan perigee pada bulan Januari lalu adalah bulan baru.

  1. Pada tanggal 1 Januari 2014, Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 356.921 km, yaitu pada pukul 17:52:58 WIB
  2. Pada tanggal 30 January 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 357.079 km, yaitu pada pukul 17:38:28 WIB
  3. Pada tanggal 13 Juli 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 358.258 km, yaitu pada pukul 18:50:53 WIB
  4. Pada tanggal 11 Agustus 2014, Bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 356.896 km, yaitu pada pukul 18:52:40 WIB
  5. Pada tanggal 8 September 2014, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada jarak 358.387 km, yaitu pada pukul 17:13:28 WIB
    (Catatan : Waktu-waktu yang ditampilkan dalam zona waktu Jakarta)
Dari informasi diatas, pada tahun 2014 ini, Bulan perigee yang paling pantas dinanti adalah yang terjadi pada 11 Agustus. Karena jarak antara Bumi dan Bulan hanya 356.896 km. Jarak yang merupakan paling dekat dibanding keempat peristiwa Bulan perigee lainnya.

Peristiwa fenomena Bulan perigee memang biasa terjadi 4 - 6 kali dalam setahun. Namun, pada tahun 2017 mendatang, diperkirakan tidak akan ada peristiwa Bulan perigee sebab saat purnama dan perigee tidak akan berimpitan.

Bulan perigee adalah fenomena biasa, tidak terkait bencana apa pun, seperti gempa, gunung meletus, ataupun tsunami. Hanya saja, saat Bulan perigee, perlu diwaspadai gelombang laut yang tinggi.

Selamat mengamati dan mengabadikan Bulan Perigee.!!

================================================================

Q.S. Al-Anbiya (33)


"Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."

Wassalamualaikum...Wr.Wb.



22 comments :

  1. Waktu 2013 lalu juga ada supermoon yah, lebih suka bulan purnama kita, indah skali itu bumi rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, mba... seperti yang tertulis diatas, fenomena supermoon memang biasa terjadi 4 - 6 kali dalam setahun...

      padahal Supermoon atau Lunar Perigee biasanya jauh lebih indah daripada bulan purnama, karena ukuran nya lebih besar dan cahayanya lebih terang :)

      Delete
  2. berarti pada tanggal 30 januari nanti akan ada pemandangan yang indah ya.. wah mesti siapin moment spesial nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... semoga cuaca mendukung...
      yang gak kalah indahnya lagi yang akan terjadi pada bulan Agustus nanti, Insya Allah :D

      Delete
  3. Supermoon bulan Agustus hampir mirip sebenarnya dengan yang terjadi diawal tahun ini, bedanya cuma sedikit (dalam artian jarak bulan dengan bumi) tapi semoga yang bulan Agustus nanti, langitnya cerah.

    ReplyDelete
  4. saya taunya cuma super sailor moon.. gimana ini, dek??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa, mas Budi... karena itu kartun favorit saya :D

      Delete
  5. wah berarti minggu depan nih, siap-siap foto deh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tinggal beberapa hari lagi Supermoon kedua di January nya, mari kita sambut dan abadikan :D

      Delete
  6. 30 januari ya..?
    harus siap siap di tambang nih jepretnya biar ga terganggu lampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berhasil mengabadikan, share yah fotonya :D

      Delete
  7. thank you for share

    ReplyDelete
  8. ini fenomena yang sangat jarang terjadi. dan harus ditunggu

    http://f4ndhy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps.... semoga informasinya bermanfaat :D

      Delete
  9. Terima kasih infonya, Supermoon salah satu fenomena alam yang indah, salah satu keindaahan sang pencipta yang luar biasa, semoga bisa membuat kita bertafakur & semakin mendekatkan diri pada sang Khalik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, betul sekali.... :D
      Aamiin.... :D

      Delete