Monday, June 16, 2014

Kutipan-Kutipan Favorit dari Novel Mansfield Park Versi Widiani

7 comments
Assalamualaikum...

Aaakhirnya, bisa menulis lagi disini. Yaps, ditulisan kali ini, masih membahas novel Mansfield Park-nya Jane Austen. 

Kalau di post sebelumnya yang berjudul : "Review Novel - Mansfield Park karya Jane Austen", saya tuliskan tentang identitas buku, review cerita (plus ending-nya), tokoh dan karakter juga pelajaran penting yang bisa dipetik dari cerita novel tersebut. Disitu saya juga tuliskan rating dari saya. Penasaran berapa rating yang saya sematkan untuk novel ini...? Langsung cek aja post sebelumnya atau klik link diatas yaa...

Khusus mengenai pelajaran yang bisa ditemukan dari Mansfield Park yang saya tulis di post tersebut, itu hanya menurut versi saya saja. Karena bisa jadi, kita... iya, aku dan kamu yang sudah pernah membaca novel ini berbeda pendapat mengenai hal-hal penting yang bisa dipetik dari kisah manisnya Fanny Price dan Edmund Bertram ini.

Masih menurut versi saya, dibawah ini merupakan kutipan-kutipan favorit dari novel Mansfield Park. Kenapa dibuat terpisah dari review novelnya? karena kalau saya tuliskan disana rasanya itu post udah kepanjangan banget, hehehe... Jadi, saya tuliskan terpisah aja ya untuk kutipan-kutipan favoritnya.

Berikut Kutipan-Kutipan Favorit dari Novel Mansfield Park versi saya :

"Kalau ada satu hal di alam semesta ini yang lebih luar biasa daripada yang lainnya, menurutku itu adalah ingatan. Ada sesuatu yang sulit dijelaskan dalam kekuatan, kegagagalan, keunikan ingatan, daripadakepandaian kita yang lain. Ingatan terkadang bisa dimunculkan dengan mudah, sangat bisa diandalkan, dan sangat patuh, terkadang sangat lemah dan membingungkan, dan terkadang juga sangat kejam dan sulit dikendalikan! Manusia memang sangat menakjubkan; namun, kemampuan kita untuk mengingat dan melupan lebih menakjubkan."
(Fanny Price - Mansfiel Park, halaman 272 - 273)

"Aku tak menginginkan apa pun yang berada di luar jangkauanku, sementara kau bisa memilih derajat kekayaan yang kau inginkan. Kau hanya perlu menetapkan sekian ribu per tahun, dan bisa dipastikan, angka itu akan kau dapatkan. Keinginanku  hanyalah tidak hidup miskin"
(Mary Crawford - Mansfield Park, halaman 279)


Pernyataan yang diucapkan Mary Crawford tersebut memang rada terkesan angkuh gimanaaa gitu ya, tapi kenapa saya suka, karena secara pribadi pernyataan tersebut menyemangati saya untuk tidak boros (hahaa... yakin nih bisaa??) supaya bisa menyisihkan sebagian rezeki untuk keperluan kita di masa mendatang. Gak cuma itu, point penting lainnya adalah... dengan kita memiliki rezeki berlebih pastinya kita akan bisa berbagi dengan orang lain ^_^

"Tak ada yang lebih menyakitkan daripada menerima kembali sesuatu yang telah diberikan dengan harapan untuk membantu seorang teman."
(Edmund Bertram - Mansfield Park, halaman 340)

"Tapi, siapapun bisa mengakrabi karya Shakespeare tanpa menyadarinya.... Karya dan pemikiran Shakespeare tersebar luas dan menyentuh hati banyak orang di mana-mana; siapapun bisa dengan sendirinya akrab dengannya. Semua orang yang berakal sehat bisa langsung jatuh cinta dengan karyanya."
(Henry Crawford - Mansfield Park, halaman 436)

"...Perbuatankulah yang akan menjawab; kepergian, jarak, dan waktulah yang akan menjadi juru bicaraku. Mereka akan membuktikan bahwa aku pun layak menjadi pendampingmu..."
(Henry Crawford - Mansfield Park, halaman 443)

"Ketika dua hati yang penuh cinta berjumpa dalam pernikahan, itulah yang dinamakan kehidupan yang bahagia"
(Edmund Crawford (ketika memerankan Anhalt) - Mansfield Park, halaman 462)

"...Kuharap kau sedang memikirkan seseorang yang selalu memikirkanmu..."
(Mary Crawford - Mansfield Park, halaman 464)

"Dan kini, setelah mengenal baik pribadi masing-masing, jalinan kasih yang menyatukan mereka menjadi semakin kuat"
(Mandfield Park karya Jane Austen, halaman 616)

Itulah 8 kutipan favorit saya dari novel Mansfield Park karya Jane Austen. Buat kamu yang juga sudah membacanya, ada kah kutipan atau percakapan dari novel ini yang menjadi favorit mu? Jika ada, share dong di kotak komentar...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

7 comments :

  1. "Ketika dua hati yang penuh cinta berjumpa dalam pernikahan, itulah yang dinamakan kehidupan yang bahagia"
    (Edmund Crawford (ketika memerankan Anhalt) - Mansfield Park, halaman 462)

    "...Kuharap kau sedang memikirkan seseorang yang selalu memikirkanmu..."
    (Mary Crawford - Mansfield Park, halaman 464)

    Yang 2 ini so sweer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... iya ya... :)
      saya juga suka banget yang di halaman 464 itu :))

      Delete
  2. saya suka quote ketika dua hati yang penuh cinta berjumpa dalam pernikahan...luarbiasa...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... saya pun yang belum menikah, suka... sweet banget membayangkannya, hihii

      Delete
  3. Replies
    1. Salam kenal kembali... terima kasih :)

      Delete