Monday, December 31, 2012

Doa Akhir dan Doa Awal Tahun

| | 18 Comments

Assalamualaikum...

Alhamdulillah, Puji syukur ke hadirat Allah SWT, hari ini, Senin 31 Desember 2012 kita semua telah berada di ujung tahun 2012.
Untuk menyambut tahun baru tersebut, ada baiknya kita berdoa dan bermuhasabah, memohon agar Allah SWT mengampuni doa dan kesalahan kita tahun-tahun sebelumnya dan semoga Allah SWT membimbing kita di Tahun yang baru.

Para shalihin telah mengajarkan kepada kita untuk berdoa ketika menjelang pergantian tahun. Berikut adalah doa akhir tahun dan awal tahun yang lafadznya cukup terkenal karena banyak terdapat di buku-buku doa.
Para Ulama mengajarkannya untuk diamalkan menjelang berakhirnya dan bermulanya tahun Hijriyah, namun alangkah baiknya juga diamalkan pada berakhirnya dan bermulanya tahun baru yang lain-lain. Termasuk tahun baru Masehi

Doa Akhir dan Awal Tahun ini tidak ada dalam hadist manapun, jadi mohon tidak didebat. Karena sebagamana menurut yang dihaditskan oleh Abu Dawud, Tirmidzi bahwa "Doa itu ibadah".
Adapun doa awal tahun dan akhir tahun di bawah ini di ambil dari kitab Maslak al Akhyar susunan Habib Utsman bin Aqil bin Yahya.

Doa Akhir Tahun
Dibaca menjelang akhir tahun. Sebagaimana ketetapan pergantian tanggal/hari, doa ini dibaca menjelang berakhirnya tahun yaitu sesudah ashar atau sebelum maghrib.

Doa ini memohon ampunan dari Allah SWT atas perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh-Nya, dan apabila dalam tahun yang akan ditinggalkannya itu ada perbuatan-perbuatan yang diridhai oleh Allah SWT yang kita kerjakan, maka memohon agar amal shaleh tersebut diterima oleh Allah SWT.
Doa akhir tahun - (dibaca ba’da ashar di akhir tahun, 3 kali)


“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Washalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa salam. Allahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanatilmimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahalimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa ‘uquubatii wada’autanii ilattaubati minhu ba’da juratii ‘alaa ma’shiyatika fainnii astaghfiruka faghfirli. Wamaa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardlaa-hu wawa’adtanii ‘alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaa-li wal ikraami an tataqabbalaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wasallam (3x)

Artinya :

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.


Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. 

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. 

Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin."

Barangsiapa membaca doa akhir tahun ini maka syaitan akan berkata :
“Hampalah kami disepanjang tahun ini"

Doa Awal Tahun
Doa ini dimohonkan ketika memasuki tahun baru. Dilakukan selepas maghrib atau pun sesudahnya.
Dengan doa ini kita memohon kepada Allah SWT, agar dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amam kebajikan dan ketakwaan.



"Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni  ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam"
Artinya :  
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. 

Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. 

Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin"

Allah SWT berfirman :
“Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).” (Al A’raf:55-56)

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepada engkau tentang Aku, maka sesungguhnya Aku sangat dekat (kepada mereka). Aku perkenankan doa orang-orang yang mendoa apabila ia memohon (mendoa) kepada-Ku. Sebab itu, hendaklah mereka memenuhi (seruan)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk.” (Al-Baqarah: 186)

“Dan berfirman Tuhanmu “Memohonlah (mendoalah) kepada-Ku, Aku pasti perkenankan permohonan (doa) mu itu.” (Al-Mu’min: 60)

“Dan Allah mempunyai nama-nama yang sangat indah (Al-Asma ul Husna), maka memohonlah kamu kepada- Nya dengan (menyebut) nama-nama itu.” (Al-A’raf: 180)

“Katakanlah olehmu hai Muhammad: berdoalah (pujilah) akan Allah atau berdoalah (pujilah), akan Ar-Rahman (Maha penyayang).” (Al-Isra’: 110)

Semoga bermanfaat yaa dan semoga doa-doa kita diijabah oleh Allah SWT, Amin...

Selamat Tahun Baru 2013,


Wassalamualaikum wr. wb...




source, dengan perubahan

18 comments:

  1. Replies
    1. TErimakasih... :)
      Selamat tahun baru, semoga di tahun ini semuanya menjadi lebih baik lagi, Amin...

      Delete
  2. susah sekali menghafalkan doa ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      bisa ditulis dulu dikertas lalu mengamalkannya nanti tinggal dibaca...
      terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. bener" do'a yang seharusnya,,amin...
    btw,,template nya keren banget nih,,banyak bintang" gitu,,
    tapi bintang yang paling bersinar cuma bintang cap 69,,sukses lanjut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali... semoga sukses selalu menyertai bang Kaka :)
      iya kemarin diganti, heheh... terimakasih yaa
      terimakasih juga untuk bintang 69nya :)

      Delete
  4. Alhamdulillah, terimakasih mbak telah berbagi informasi tentang do'a yg bermanfaat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... semoga bermanfaat :)

      Delete