Tuesday, January 22, 2013

Sprite atau UFO petir

22 comments
Assalamualaikum...

UFO?
Siapa tak kenal dengan UFO! 
UFO (Unidentified Flying Object) merupakan sebuah obyek bergerak tak dikenal yang terbang dengan kecepatan yang luar biasa cepat melintas diatas langit dan kemudian hilang tanpa bisa dilacak keberadaannya.
Sebagian dari kita memang sudah terlanjur salah kaprah dengan mengartikan UFO sebagai pesawat luar angkasa atau mirip seperti piring terbang, padahal segala bentuk obyek terbang yang tidak dikenal dinamakan UFO.

Seperti halnya sebuah fenomena kilatan pada lapisan atmosfer tinggi yang yang disebabkan oleh hujan angin yang disertai guruh di bawahnya, juga bisa dikatakan UFO, karena secara detail para ahli belum tahu benar apa sebenarnya kilatan tersebut. Mereka biasanya menamakan atau menyebutnya sebagai peri atau sprite.

Sebuah benda cahaya berpendar melayang diangkasa meliuk-liuk kesegala arah memang sudah lama terjadi semenjak dahulu kala bersamaan dengan terjadinya hujan guruh. Akan tetapi para ahli mepelajari peristiwa kilatan aneh tersebut pertama pada tahun 1989 secara tak sengaja terekam oleh kamera video. Dengan kesimpulan sementara “Object UFO tampak secara bersamaan dengan turunnya Petir, Hujan dan Guruh” . Fenomena petir telah mengaktifkan medan listrik disekitarnya dan membentuk penampakan berbentuk Cakram. Tetapi tidak semua Fenomena Petir menimbulkannya hanya peristiwa tertentu saja yang memicu terbentuknya UFO atau sprite ini.

Ilustrasi penampakan UFO bersamaan dengan turunnya petir
Sampai saat ini telah ditemukan titik kejelasan dari fenomena UFO ini.
Bahkan sekarang juga sudah mulai terkuak,  yang tadinya gelap menjadi sedikit gamblang misalnya jarak dari permukaan tanah yang diprediksi antara 56-129 km, bentuk dari UFO juga sudah mulai dapat di raba, sama seperti petir alami yang kadang membentuk bola petir ternyata juga mempunyai pola yang sama membentuk bola listrik dan terbang dengan kecepatan tidak menentu. Meskipun sebelumnya gumpalan ini diperkirakan bentuknya sama seperti petir pada awamnya mirip sebuah sulur akar. 

Mungkin dari bentuk bola listrik itulah kemudian dengan kasat mata tampak seperti sebuah piring terbang bercahaya. Sudah banyak kejadian atau saksi mata yg menyaksikan UFO, jet tempur dan badan antariksa lain juga telah mencoba mengejar dan dan mencari keberadaan UFO ini, tetapi hanya mendapatkan ruang hampa belaka, bahkan bukan itu saja bila obyek ini didekati terjadi ganguan pada perangkat elektronik pesawat (rusaknya bagian navigasi dan radar) mirip terganggunya peralatan elektronik yang ada kawasan elektromagnetik atau pada sambaran petir yang mengenai perangkat elektronik yang belum dilindungi penangkal petir internal.

Sampai sekarang penelitian masih terus dilakukan untuk memperjelas kembali fenomena ini. Beberapa peneliti mencoba berburu sprite saat hujan, badai guruh dan petir dengan meletakkan perangkat kamera jauh ditengah lautan pada musim dingin dibelahan bumi utara. Dimana hujan badai guruh dan petir akan menghasilkan gumpalan energi lebih banyak dari biasanya. Mereka menamakan penelitian tersebut dengan tehnik Triangulasi yang memungkinkan dapat melihat UFO dan mengkalkulasinya. Skalanya yang sangat besar itu memicu dugaan sprite menebar efek terhadap lapisan atmosfir. Ternyata hasil penelitian tersebut dengan hasil yang minim.

Entah bagaimana hasilnya, yang jelas bahwa UFO pada kasus ini bisa jadi memang Gumpalan Energi petir tapi juga bisa jadi memang kendaraan dari makhluk planet lain yang mengendarai piring terbang menikmati keindahan bumi dan mengamati penghuninya, mencari tempat hunian baru bagi mereka.
Tetapi yang jelas, seandainya itu memang benar UFO, fenomena petir sedikitnya telah menyibak kamuflase mereka. Dan mungkin... kedepannya petir bisa dimanfaatkan untuk berburu UFO, tapi tentunya harus ekstra hati-hati ya...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



sumber dan referensi:

22 comments :

  1. kayak di film film animasi aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitulah, sist... film-film animasi udah jadi mindset kebanyakan orang tentang UFO, untuk gambar diatas hanya ilustrasi aja... terimakasih udah mampir, btw... :)

      Delete
  2. jalan jalan ke blog sahabat walau dalam kesibukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya... masih sempat mampir walau lagi sibuk :)

      Delete
  3. Replies
    1. heheh... terima kasih udah mampir :)

      Delete
    2. Bakalan ngeri banget pastinya kalau benar Alien suka "mengawai" kita dengan pesawatnya yang tak terlihat :D

      Delete
  4. Jadi ngeri, setelah melihat dan membaca artikle di Atas.

    oia,berhubung sekarang lagi marak maraknya Award, silahkan Agan Ambil ia Awarnya :

    http://whyudi198665.blogspot.com/2013/01/special-award.html

    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk... dapat award lagi, terima kasih banyak ya, segera diambil pastinya :D

      Delete
  5. baru buka halaman blog ini diriku langsung kaget. kira'in ada petir beneran..:D

    *katrok diriku

    ReplyDelete
  6. kelihatannya seperti diubah suai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambarnya hanya ilustrasi aja kok Nur, de nemu di internet hehehh...

      Delete
  7. Wah keren tuh kak gambarnya, baru pertama ni mampir, mampir balik ya http://ricahyap.blogspot.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, Insya Allah segera mampir :)

      Delete