Wednesday, February 27, 2013

Tes IQ yuuk...

36 comments
Assalamualaikum...

Test IQ (Inteligent Quotient) adalah test yang nilainya mencerminkan kecerdasan Individu yang menjalani test tersebut, test IQ ada bermacam-macam jenisnya, ada yang berbentuk pertanyaan tulis, ada pula yang berbentuk pertanyaan dalam gambar.

Kata "kecerdasan", yang tertulis diatas merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Adapun fungsi dari tes IQ adalah :
1. Dapat mengetahui kecerdasan yang dimiliki

2. Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal

3. Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi)

4. Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena faktor kemampuan ataukah faktor yang lain seperti kemalasan, dan lain-lain

5. Untuk pertimbangan dalam memilih jenjang pendek/panjang

Ketika masih duduk di bangku SMP dan SMA dulu, aku dan mungkin juga kamu... pernah mengikuti beberapa kali tes IQ. Kalau menurut aku, tes semacam ini menyenangkan. Apalagi hasil skornya yang selalu membuat penasaran, ya kan? heheh... Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti tes IQ online di internet. Skornya bisa langgsung diketahui, tanpa harus menunggu lama.

Nah, pada kesempatan kali ini... aku mau berbagi link situs yang menyediakan tes IQ secara online, yang mungkin akan bermanfaat buat kamu, yaitu :
3. IQ Elite

Ketiga tes IQ di situs tersebut udah pernah aku ikutin, dan gratis lho...
Ini hasil tes IQ aku, masing-masing dari Quick IQ Test, Tes IQ Online dan IQ Elite :







Penasaran pengen tahu berapa skor IQ kamu?, langsung aja ikutin tes nya... Gak harus semua kok, salah satu link nya saja.

Perlu diketahui
Menurut Howard Gardner, psikolog pendidikan asal Amerika yang terkenal dengan teori kecerdasan gandanya menyatakan, kecerdasan intelektual hanyalah salah satu dari 8 kecerdasan yang dimiliki seseorang. Kecerdasan ganda yang dimaksud Gardner adalah kecerdasan di bidang bahasa, berpikir logis atau matematis, musik, visual (penglihatan) dan gerak.

Jadi, tes IQ seperti ini sekedar untuk memberi gambaran/potret diri kita yang selanjutnya akan/harus kita tindak lanjuti dengan cara yang tepat. Jika kemampuan rendah tentu tidak cukup belajar hanya sambil lalu saja. Demikian pula jika tes hasil tinggi juga tidak memberikan manfaat jika tidak diasah secara maksimal. Tes yang kita lakukan mungkin hasilnya tidak mutlak benar 100%. Ada angka-angka kemungkinan kesalahan prediksi walaupun itu kecil. Jika kita mendapatkan skor yang rendah tidak perlu minder atau berkecil hati karena keberhasilan seseorang tidak mutlak ditentukan oleh tingginya angka kecerdasan kita tapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti usaha, kerja keras, ketabahan, keuletan, ketelatenan dan do’a.

Oh iya, silahkan baca juga tulisan saya yang berjudul "IQ Tak Tinggi Tapi Menarik"

Semoga bermanfaat yaa,
Wassalamualaikum... Wr, Wb.

36 comments :

  1. Replies
    1. Boleh, bolehhh... silahkan, heheh... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah hasil lumayan... sekalian tes emosi juga :)

      Delete
    3. Alhamdulillah deh kalau gitu, heheh....

      Delete
  2. Wah... harus di coba nich... ^_^
    Terimakasih untuk informasinya ya...

    ReplyDelete
  3. Aha... ini yang selama ini saya cari... patut dicoba ini... Terimakasih untuk share-nya yak... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Diary : Iya sama-sama silahkan, selamat mencoba test nya, hehe...

      @Ismail : haii... seneng banget kamu mampir kesini, hehe... Terima kasih yaa,
      silahkan selamat bertest IQ :)

      Delete
  4. eh skor normalnya berapa emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih soba, kan ada level-levelnya gitu :D

      Delete
  5. dee.., udah aku coba !:D busett,, IQ aku cuma dapet 6 Points. wkwkwk.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa, Dian... apakabarmu? :D

      gak apa-apa, coba aja lagi yaa, tetap Cemungudh, hehe...

      pakai buat tes IQ nya yang mana? :D

      Delete
    2. Wah.. entah ya. saya lupa ^_^

      Delete
  6. kakak pernah coba test g?
    trus hasilnya brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, untuk link-lonk IQ test yang saya share diatas, hasil tes saya seperti yang terlihat pada gambar-gambar diatas :)

      Delete
    2. ups maaf typo, maksud saya "link-link", bukanny link lonk :D

      Delete
  7. saya udah tes dan hasilnya lumayan
    150

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang berbohong cenderung ber IQ rendah

      Delete
    2. oh... begitu toh? baru tahu saya :)

      Delete
    3. Hahhaha. Itu contoh nya di atas yg KATANYA ber IQ 150

      Delete
    4. Hah, hasil tes IQ dengan skor 150 kamu bilang cuma lumayan? Secara umum orang dengan IQ 150 sudah masuk dalam kategori Jenius lho. Kalau kamu ambil tes IQ dari internet sih ya memang hasil mu "lumayan" saja karena kelihatannya rata rata skor IQ dari tes IQ di internet "cuma" 130 an. Tapi kalau kamu tes IQ di Psikolog yang resmi dan skor IQ mu 150 berarti kamu benar benar orang yang Extraordinary karena paling2 cuma ada 1 orang ber IQ 150 dari sekitar 30.000.000 an dibandingkan orang orang di sekitarmu dan masyarakat dunia..

      Delete
  8. Replies
    1. Kalau Maya bilang IQ anda "cuma" 122 , kalau begitu kebanyakan orang2 di sekitar kita dalam kehidupan nyata termasuk dalam kategori bodoh dong? Lha wong IQ rata rata manusia di dunia ini saat ini jatuh pada skor IQ antara 87 - 90an. Asal kamu tahu saja IQ 100 adalah IQ rata rata untuk tes IQ anak anak yang di mana Usia Mental sama dengan Usia Biologis X 100 = 100. Tetapi saya beritahu saja kalau skor IQ 100 bukanlah IQ rata rata, lebih seperti skor IQ yang diharapkan untuk manusia yang normal. Perhitungan Tes IQ untuk orang dewasa usia 16 tahun ke atas tidak lagi menggunakan Usia Biologis si peserta tes IQ. Jadi baik si peserta Tes berusia 16, 25, 35, 41, 48, 55 bahkan sampai 80 tahun, semua menggunakan perhitungan Usia Biologis 16 tahun, jadi rumus nya begini: Usia Mental / 16 Tahun X 100. Orang berusia biologis 35 tahun dengan skor IQ 125 berarti "Usia Mental" si peserta tes yang berumur 35 tahun adalah 20 tahun, bukan 40 tahun. Sebenarnya skor IQ 100 pada orang dewasa mempunyai tingkat kognitif setara dengan level SMP kelas 3 atau SMA kelas 1. Ditambah lagi sebenarnya tidak ada skor IQ tunggal untuk semua orang, ada sub Tes IQ Verbal ( Perbendaharaan dan Analogi Kata, Kemampuan Aritmatika, dll ) dan sub Test IQ Kinerja ( Puzzle, Mazes, Visual Spasial, dll ) mempunyai skor IQ sendiri sendiri yang pada akhirnya hasil 2 sub Tes IQ Verbal dan Kinerja di rata rata menjadi Skor IQ skala penuh / Full Scale IQ khususnya pada tes IQ Wechsler. Tes IQ Raven cuma mengukur Kecerdasan Non Verbal yang lintas kultur, tetapi mempunyai korelasi tertinggi dengan G Factor dibandingkan jenis Tes IQ lainnya.

      Delete
  9. Kak, aku open yang IQ elite, abis tes, ada tulisan bergabunglah dengan orang orang cerdas atau apa gitu, akhirnya aku gabung aja, ni loadingnya lamaaaa banget, tu mau di apain sihh??

    ReplyDelete
  10. Wuaaaa... aku cuma dapet 8 poin doang Wi.... jujur banget nih hasilnya.. :P

    ReplyDelete
  11. makasih ya sya sudah dapat 103 point meskipun itu hasil yang kurang maksimal

    ReplyDelete
  12. ne gmN TO gan . step by step ea agan2

    ReplyDelete
  13. kak, aq udah nyoba itu,,
    untuk Quick IQ Test cuma dapat 122, terus nyoba Free.IQ Test Net dapat 141 dan IQ elife 130. kenapa hasilnya beda nya jauh ya kak..122, 130 dan 141.. Maksudnya gimana itu kak.

    ReplyDelete
  14. Terus terang saja ya, kelihatannya orang orang ini, baik Orang Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan mungkin Orang Eskimo baik di dunia maya dan di kehidupan nyata tidak akan bangga kalau hasil tes IQ nya tidak mencapai sekitar 150 an, bahkan ada beberapa orang yang baru puas jika hasil tes IQ nya mencapai 180. Dan menganggap orang dengan skor IQ 120 ke bawah sebagai orang yang "biasa biasa saja, bahkan dianggap kualitas kognitif nya Normal ke bawah.

    ReplyDelete