Wednesday, February 27, 2013

Tes IQ yuuk...

| | 23 Komentar

Assalamualaikum...

Test IQ (Inteligent Quotient) adalah test yang nilainya mencerminkan kecerdasan Individu yang menjalani test tersebut, test IQ ada bermacam-macam jenisnya, ada yang berbentuk pertanyaan tulis, ada pula yang berbentuk pertanyaan dalam gambar.

Kata "kecerdasan" yang ditebalkan, yang tertulis diatas merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.
Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Adapun fungsi dari tes IQ adalah :

  • Dapat mengetahui kecerdasan yang dimiliki
  • Dapat melihat sejauh mana potensi bisa dikembangkan secara maksimal.
  • Untuk mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (jika IQ tinggi harusnya prestasi belajar juga tinggi)
  • Untuk mendeteksi kesulitan belajar disebabkan karena faktor kemampuan ataukah faktor yang lain seperti kemalasan, dll.
  • Untuk pertimbangan dalam memilih jenjang pendek/panjang.

Ketika masih duduk di bangku SMP dan SMA dulu, aku dan mungkin juga kamu... pernah mengikuti beberapa kali tes IQ. Kalau menurut aku, tes semacam ini menyenangkan. Apalagi hasil skornya yang selalu membuat penasaran, ya kan? heheh... Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti tes IQ online di internet. Skornya bisa langgsung diketahui, tanpa harus menunggu lama.

Nah, pada kesempatan kali ini... aku mau berbagi link situs yang menyediakan tes IQ secara online, yang mungkin akan bermanfaat buat kamu, yaitu :
1. Quick IQ Test 
2. Tes IQ Online
3. IQ Elite

Ketiga tes IQ di situs tersebut udah pernah aku ikutin, dan gratis lho...
Ini hasil tes IQ aku, masing-masing dari Quick IQ Test, Tes IQ Online dan IQ Elite :






Penasaran pengen tahu berapa skor IQ kamu?, langsung aja ikutin tes nya... Gak harus semua kok, salah satu link nya aja.

Perlu diketahui...
Menurut Howard Gardner, psikolog pendidikan asal Amerika yang terkenal dengan teori kecerdasan gandanya menyatakan, kecerdasan intelektual hanyalah salah satu dari 8 kecerdasan yang dimiliki seseorang. Kecerdasan ganda yang dimaksud Gardner adalah kecerdasan di bidang bahasa, berpikir logis atau matematis, musik, visual (penglihatan) dan gerak.

Jadi, tes IQ seperti ini sekedar untuk memberi gambaran/potret diri kita yang selanjutnya akan/harus kita tindak lanjuti dengan cara yang tepat. Jika kemampuan rendah tentu tidak cukup belajar hanya sambil lalu saja. Demikian pula jika tes hasil tinggi juga tidak memberikan manfaat jika tidak diasah secara maksimal.
Tes yang kita lakukan mungkin hasilnya tidak mutlak benar 100%. Ada angka-angka kemungkinan kesalahan prediksi walaupun itu kecil. Jika kita mendapatkan skor yang rendah tidak perlu minder atau berkecil hati karena keberhasilan seseorang tidak mutlak ditentukan oleh tingginya angka kecerdasan kita tapi juga banyak dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti usaha, kerja keras, ketabahan, keuletan, ketelatenan dan do’a.


Oh iya, silahkan baca juga tulisan saya yang berjudul "IQ Tak Tinggi Tapi Menarik"

Semoga bermanfaat yaa,
Wassalamualaikum... Wr, Wb.

23 comments:

  1. Replies
    1. Boleh, bolehhh... silahkan, heheh... :)

      Delete
    2. Alhamdulillah hasil lumayan... sekalian tes emosi juga :)

      Delete
    3. Alhamdulillah deh kalau gitu, heheh....

      Delete
  2. Wah... harus di coba nich... ^_^
    Terimakasih untuk informasinya ya...

    ReplyDelete
  3. Aha... ini yang selama ini saya cari... patut dicoba ini... Terimakasih untuk share-nya yak... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Diary : Iya sama-sama silahkan, selamat mencoba test nya, hehe...

      @Ismail : haii... seneng banget kamu mampir kesini, hehe... Terima kasih yaa,
      silahkan selamat bertest IQ :)

      Delete
  4. eh skor normalnya berapa emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih soba, kan ada level-levelnya gitu :D

      Delete
  5. dee.., udah aku coba !:D busett,, IQ aku cuma dapet 6 Points. wkwkwk.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa, Dian... apakabarmu? :D

      gak apa-apa, coba aja lagi yaa, tetap Cemungudh, hehe...

      pakai buat tes IQ nya yang mana? :D

      Delete
  6. kakak pernah coba test g?
    trus hasilnya brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, untuk link-lonk IQ test yang saya share diatas, hasil tes saya seperti yang terlihat pada gambar-gambar diatas :)

      Delete
    2. ups maaf typo, maksud saya "link-link", bukanny link lonk :D

      Delete
  7. saya udah tes dan hasilnya lumayan
    150

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang berbohong cenderung ber IQ rendah

      Delete
    2. oh... begitu toh? baru tahu saya :)

      Delete
    3. Hahhaha. Itu contoh nya di atas yg KATANYA ber IQ 150

      Delete