Saturday, October 6, 2012

IQ TAK TINGGI TAPI MENARIK

| | 14 Komentar


Assalamualaikum...

Mungkin diantara kalian ada yang sudah pernah mengikuti tes IQ?

Test IQ (Inteligent Quotient) adalah test yang nilainya mencerminkan kecerdasan Individu yang menjalani test tersebut, test IQ ada bermacam-macam jenisnya, ada yang berbentuk pertanyaan tulis, ada pula yang berbentuk pertanyaan dalam gambar.

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Saya sendiri udah pernah beberapa kali mengikuti tes IQ, yang hasilnya yaa Alhamdulillah selalu pada kategori "Di atas Rata-Rata", hehehe.... hmm, sempat kecewa juga ternyata aku gak berada pada kategori, "Superior" atau "Jenius"... yapp, tinggal dua langkah lagi ke Jenius, hihihiii... tapi gak apa-apa, Alhamdulillah sangat bersyukur diberi kelebihan seperti ini... hehehe...

Terakhir, aku ikut tes IQ secara online di www.iqelite.com dan ini hasilnya,


Eitts... jangan salah sangka yaa, dengan upload gambar diatas itu, aku sama sekali tidak ada maksud untuk pamer kok, beneran deh... hehehe... setelah melakukan beberapa kali tes IQ tersebut, aku jadi kepikiran juga mengkoleksi buku-buku yang membahas tentang kecerdasan, daaaann.... aku menemukan 4 buku ini,

Dan dari buku Volume 1 nya itu ada tulisan yang menurutku sangat menarik dan penting untuk di share sama kalian disini, yang mungkin belum tau karena belum membaca buku tersebut... yang intinya jika kita tidak memiliki IQ yang tinggi tapi memiliki kepribadian yang menarik itu lebih penting dibanding memiliki IQ yang tinggi tetapi berkepribadian buruk,

Nah, bagaimana dan seperti apa yang disebut berkepribadian menarik itu, berikut ulasannya...

Setiap orang pasti ingin menarik, menjadi pusat perhatian atau pusat pemberitaan (dalam hal yang positip tentunya...), terkenal atau dikagumi. Menjadi menarik merupakan suatu totalitas kehidupan kita, dia mencakup aspek fisik (seperti penampakan lahiriah), mental (seperti emosional, personaliti dan intelegensi), moral dan soaial. Menarik bukanlah penonjolan dari suatu aspek kehidupan manusia. Banyak yang cantik, tampan, pandai, kaya dan sebagainya tapi sayangnya orang nya tidak menarik. Menarik membuat mata selalu ingin melihatnya, telinga selalu ingin mendengar suaranya dan hati selalu ingin didekatnya. Menarik adalah seprti magnet. Seseorang yang menarik merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya.

Berbeda dengan kecantikan dan kepintaran yang pada dasarnya sesuatu yang diberika oleh alam, menarik adalah sesuatu yang dipelajari. Kita dapat mengembangkan dan mempelajari supaya menarik. 

Para ahli mengemukakan, untuk menjadi seseorang yang menarik dapat mengikuti teknik-teknik berikut :

1. Selalu Baik Pada Orang Lain
Selalu baik pada orang lain akan menyebabkan kita menarik. Bila bertemu dengan siapapun kita harus hangat terhadapnya. Tegur sapa yang manis seperti "Halo...", "Apa kabar?", "Selamat siang", "Selamat pagi", dan sebagainya. 

Pada orang yang baru kita kenal dan baru berbicara dengannya sebaiknya kita katakan : "Saya senang sekali bertemu anda.", "Kapan-kapan kita berbicara lagi", dan sebagainya... Seseorang yang ingin menarik, adalah orang yang tak pernah melukai dan menyakiti perasaan orang lain, jadilah orang yang bersedia berbuat baik untuk orang lain. 

2. Selalu Tersenyum Pada Orang Lain
Orang yang tersenyum pada orang lain, akan tampak awet muda, menarik, terpelajar dan pandai. 

Pernahkah kamu melihat dua orang yang satu tersenyum dan yang lain cemberut? 

Bila kamu disuruh menebak siapa yang lebih pandai maka kamu pasti menunjuk orang yang tersenyum. Bila kamu tersenyum pada orang lain, lebih banyak tempat terbuka untuk kamu dibandingkan dengan IQ kamu yang tinggi. Tak ada orang yang suka dengan orang yang mukanya asam walaupun IQ nya sangat tinggi. Bila kamu tersenyum pada orang lain tak ada sesuatu yang hilang atau kalah pada kamu, malahan kamu akan memperoleh kemenangan yang banyak dari semua orang. 

3. Hargai dan Nikmati Alam Pelajari, dekati dan hargai serta nikmati alam. Alam penuh dengan berbagai hal menarik dan indah.

Perhatikan dan dengarkan suara air terjun, air selokan, air hujan dan malahan debur ombak laut. Bila kamu meresapi suara-suara itu kamu akan merasa tenang. 

Perhatikan suara burung dipagi hari, perhtikan bunga-bungaan, tumbuh-tumbuhan dan hewan disekitar kamu. Bila kamu perhatikan dengan seksama maka kamu dapat mengerti mengapa bunga ros sangat menarik, atau bunga melati dan malahan kucing pun ternyata ada daya tariknya sendiri. 

Dari sana kamu dapat memperoleh rahasia yang menarik, mengapa mereka menarik.

4. Kembangkan Minat pada Berbagai Hal
Orang cepat bosan sama kamu yang mempunyai minat terbatas dan tak punya variasi.

Cobalah belajar berbagai hal. Orang senang bicara dengan hal yaaang disukainya dan buka hal yang kamu sukai. Bila kamu ingin menarik, maka berbagai pengetahuan perlu kamu ikuti dan minati, sehingga orang tidak akan bosan berbicara dengan kamu.

5. Jangan Cari Kesalahan Orang Lain
Jangan buang waktu dengan mencari kesalahan orang lain. Hidup ini terlalu singkat untuk melakukan hal itu.

Terlalu banyak kesalahan orang lain, tapi hanya membuang waktu bila kamu mencoba mencari kesalahannya. Bila kamu merasa senang dalam menemukan kesalahan orang lain, berarti kamu susah melihat orang lain sukses. Orang yang mencari kesalahan orang lain, adalah orang yang pencemburu, tak produktif dan sama sekali tak menarik. 

6. Jaga Tingkah Laku 
Pikir sebelum bicara. Bicara terlalu banyak yang tak berguna sering memperlihatkan kebodohan kita. Jangan bicara sembarangan sehingga orang lain terluka.

Bila kamu berhasil menjaga mulut dan tingkah laku kamu, maka separuh pertempuran dalam hidup ini telah kamu menangkan. Orang yang tak dapat menjaga perangainya didepan umum akan tampak bodoh. 

Bila kamu menjadi marah oleh orang lain, berdirilah dan pergi dari tempat itu tanpa harus menghadapi orang itu.

7. Carilah Kenalan atau Teman Sebanyak-banyaknya
Mengadakan hubungan dan bertemu dengan orang lain akan mengembangkan kepribadian kamu yang baik. Seringlah bepergian. Hal ini akan membuat kamu lebih percaya diri. Carilah pengalaman. Lihatlah dunia dan janganlah berdiam diri di satu tempat. Temuilah berbagai suku, bangsa atau bangsa. Kamu akan belajar mengadakan kontak dengan orang lain. Lihatlah begitu banyak orang yang baik yang mau menolong kamu disaat kesulitan.

Orang yang banyak bepergian dan kontak dengan dunia luar, akan tampak lebih menarik dan lebih pandai. Kepribadian kamu juga secara tak sadar akan menjadi matang.

8. Berubahlah Sesuai dengan Waktu dan Tempat 
Sangat penting untuk menjadi orang yang mengikuti suasana dan tempat dimana kamu berada. 

Seperti pepatah mengatakan, "Bila ranting orang telah dipatahkan, air orang telah diminum, maka tanah orang harus dijunjung". Bila kamu bepergian maka jadilah penduduk setempat. Makanlah makanan mereka, minumlah minuman mereka. Jadilah orang yang berbahagia disemua tempat dan keadaan. Jangan menyiksa diri dengan temapat dan masa lalu.

Kamu akan menjadi nampak bodoh dan tak menarik jika mempertahankan sesuatu yang tak sesuai dengan masyarakat setempat. 

9. Selalu Mengikuti Informasi 
Kamu akan tampak bodoh dan tak menarik kalau kamu tak tahu apa yang terjadi disekitar kamu. Setiap isu dan pokok pembicaraan masyarakat harus diikuti. Makin banyak informasi yang kamu ketahui, makin maenarik. Walaupn demikian kamu perlu melatih diri untuk mencerna dan mengolah informasi itu, serta melatih diri mempergunakan informasi. Sering kita berbahagia karena kita tidak tahu. Akan tetapi yang lebih berbahagia adalah orang yang banyak tahu.

Pada umumnya orang yang banyak tahu akan dicari orang. Masa bodoh pada kaeadaan sekeliling kamu menunjukkan bahwa kamu sedikit dungu. Informasi dapat dicari dikoran, majalah, buku, internet dan dimana saja.

10. Selalu Belajar
Tak ada akhir untuk belajar, tak ada istilah tua untuk mengikuti pendidikan. Belajar harus dijadikan hobi, yang membuat anda menjadi muda dan menarik. Kamu akan disukai karena kamu mau belajar. Kamu akan merasakan bahwa belajar merupakan kenikmatan, dan kenikmatan membuat kamu berbahagia, kebahagiaan membuat oang menjadi menarik. Orang yang tak mau belajar tampak dungu dan tak menarik. 

11. Selalu Tegap dan Sigap 
Kalau kamu berjalan harus sigap dan tegap, jangan loyo seperti orang tua. Orang tua yang loyo, tak menarik bagi siapapun,, tetapi orang tua yang sigap dan tegap sering maenarik perhatian. 

Pernahkah kamu memperhatikaan orang tua yang ikut gerak jalan dan tampak sigap dan tegap. Orang itu terlihat menarik, bukan...? 

12. Terimalah Nasib, Apa Adanya
Jangan menggerutu dan mendumel bila nasib tak berpihak pada kamu. Orang tak suka mendengarkan gerutuan atau kicauan kamu tentang nasib buruk mu. Bersikaplah tenang dan terima apapun yang terjadisama kamu. Kamu akan tampak sebagai orang yang tabah. Orang yang tabah akan tampak menarik.

Terima apa yang menjadi bagian kamu. Hal ini bukan berarti kamu tak perlu berjuang keras, tapi apapun hasilnya kamu terima dengan senang hati 

13. Hargai Orang Lain 
Membuat orang lain bahagia, akan membuat orang lain tersebut membahagiakan kamu juga. Bila melihat hal-hal yang baik jangan lambat untuk memuji. Orang senang dipuji dan mengapa kamu tak berikan pujian pada orang itu, kamu tidak akn rugi apa-apa dengan memuji orang lain. Percayalah, bahwa orang lapar akan pujian, dan kamu bisa menjadi menarik dengan menghamburkan pujian. 

14. Cintailah Orang Lain 
Berikan cinta kasih pada orang lain. Cinta tulus tanpa pamrih. Cintalah yang membuat kehidupan ini indah. Bila kamu mencintai orang lain, maka orang lain akan mencintai kamu. Tak perlu mencari musuh karena hanya akan membuang waktu saja. Satu orang musuh sudah terlalu banyak untuk anda. Akan tetapi jangan pula kamu takut dimusuhi orang. Yang penting, kamu tidak mencari musuh, tetapi bila bertemu pantang untuk mengelak.

Orang yang banyak mencintai orang lain dia akan dicintai pula oleh orang lain dan dia akan menjadi sangat menarik.

15. Senang Bekerja Sama 
Orang yang menarik adalah orang yang bisa bekerja sama. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hanya orang yang bisa bekerja sama yang bisa sukses. Banyak orang dengan IQ tinggi tak bisa bekerja sama yang akibatnya tak bisa diterima dimana-mana.

Bekerja sama berarti dapat memberi dan menerima berbagai gagasan. Dapat ikut bekerja tanpa merasa diperbudak, dapat menjadi pemimpin tanpa menjadi diktator dan otoriter. 

16. Senang Menolong Orang Lain
Menolong orang lain berarti menolong diri sendiri. Memberikan sesuatu pada orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan. Seperti kita memberikan api pada lilin orang lain, kita tak akan kegelapan, malahan kita akan bertambah terang. Kita tak akan hidup bahagia, melihat orang lain menderita. Menolong adalah salah satu cara berbakti, dan orang yang suka menolong serta dermawan akan tampak menarik.

17. Jangan Kekanak-Kanakan
Kanak-kanak selalu menarik, akan tetapi kekanak-kanakan sangat menyebalkan. Anak-anak yang menjadi dewasa harus bersikap dewasa sebab sikap kanak-kanak tidak menyenangkan. Contoh sifat kekana-kanakan adalah marah kalau tidak dituruti keinginannnya.

Jadilah dewasa, karena kedewasaan menunjukkan pribadi yang kuat dan menarik. 

18. Jangan Rendah Diri 
Kita harus merendah seperti batang padi yang berisi, tapi jangan rendah diri. Jangan merasa rendah diri terhadap siapapun. Orang yang merasa rendah dihadapan orang lain tak menarik untuk diajak apaun. Banyak yang mempunyai IQ tinggi tapi rendah diri. Dia tak menarik. Kita harus bisa menerima segala kekurangan kita, tanpa merasa rendah diri. 

19. Jangan Sombong 
Tak ada orang suka pada orang yang sombong. Walaupun kita pandai selalu ada yang lebih dari kita. Diatas gunung selalu ada gunung. IQ yang tingg tetapi sombong membuyarka penghargaan orang. Dia menjadi tak menarik lagi. Kesombongan menghilangkan segala-galanya. 

Oh iya, menurut buku tersebut... walaupun IQ tidak mencapai kategori "Superior" ataupun "Jenius" serta kecantikan dan ketampanan kurang (lagian mengenai kecantikan dan ketampanan, seperti yang kita tahu... itu bersifat relatif) tidak perlu merasa rendah diri.... sembilan belas langkah ini bila kamu pelajari dengan baik akan membuat kamu menjadi orang yang menarik dan bisa sukses melebihi orang lain, Insya Allah...

(Taken from Buku Inteligensi (Volume 1), karya Dr. H. Yul Iskandar., DSJ., MBAP., MASRS., Phd)

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan tetaplah menjadi orang yang selalu berpikir positip, bersyukur dan bermanfaat untuk orang lain, bye...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

14 comments:

  1. Hai, salam kenal. saya Arfan... baru sekitar satu minggu yang lalu saya menemukan blog kamu ini, dan waw... saya cukup terkejut dengan postingan-postingan kamu, jarang sekli saya temukan perempuan dgn blognya yang sangat infomartif, kamu berbeda...

    by the way, kita satu komunitas di salah satu komunitas pengamat UFO tapi saya hanya member pasif :D, saya sering memperhatikan komentar-komentar/argumen-argumen yg kmu sampaikan di grup, buat saya.. kamu adalah perempuan yang sangat cerdas, dan ternyata... anggapan saya benar, terbukti dgn hasil tes IQ kamu itu, heheh.....

    salam sukses,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Arfan :)
      salam kenal juga yaa buat kamu, wahh terima kasih banyak yaa... tapi itu terlalu berlebihan buat saya, hehee...

      oh yaa? kita satu komunitas yaa, hmm... silakkan add FB saya yaa kalau kita belum berteman di FB, salam sukses juga yaa buat kamu :)

      Delete
  2. IQ saya tinggi tapi saya termasuk golongan bego dikelas -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cuma tinggal menggali (emang pasir kali yaa, digali... hihihii)lagi aja sob, hehehe

      Delete
  3. wow.. lengkap sekali penjelasannya..jujur iq saya juga tidak tinggi tapi itu semua tertutupi dengan kegantengan saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, terimakasih... semoga bermanfaat :)

      #gubraakk.....
      waduhh, PeDe amat, bang....? bikin saya jadi penasaran aja, ehem.... hehehe :D

      Delete
  4. wow,, nice article mbak dee...lanjut dan tingkatkan kualitas postinganye , semangka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Apri, mkasih bgt yaa, semangat dan sukses terus juga yaa buat kamu :)

      Delete
  5. mohon bantuannya, saya tidak bisa upload gambar profil.

    knpa ya?

    salam kenal, saya Andez mahasiswa sastra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Andes... salam kenal uga yaa...

      Insya Allah saya bantu, tapi maksudnya upload gambar prifil dimana ya?

      Delete
  6. Saya Rissa.. mau tanya, cara meningkatkan IQ gmana ya ? > Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rissa, detailnya saya gak tahu persis silahkan search di internet atau baca buku yang berkaitan dgn hal tersebut.... yang saya tahu, hindari stress, memakan makanan yang baik untuk otak, istirahat yang cukup, sering membaca dan latihan yang rutin untuk mengasah fungsi otak akan dapat meningkatkan IQ... semoga bisa bermanfaat....

      Delete