Konjungsi Saturnus dan Venus

Assalamualaikum.... Hai... sore kemarin ada yang lihat juga gak? di langit sebelah barat terlihat Bulan sabit yang cantik. Diatasnya t...

Assalamualaikum....

Hai... sore kemarin ada yang lihat juga gak? di langit sebelah barat terlihat Bulan sabit yang cantik. Diatasnya terlihat ada satu titik cahaya yang terang, dan dibawahnya terlihat ada dua titik cahaya juga. Sebenarnya diantara ketiganya itu hanya ada satu saja bintangnya, yaitu bintang Spica. Dan yang duanya lagi itu bukan bintang lho, melainkan itu adalah planet.

Ada yang tahu itu planet apa? Iya, betul... dua titik cahaya itu adalah planet Saturnus dan Venus. Seperti yang terlihat pada gambar hasil screenshot dari Stellarium berikut ini :

Arah pandang langit sebelah barat melalui Stellarium
Lokasi : Sumedang, Jawa Barat - Indonesia
Berdasarkan dari informasi yang saya dapat, tadi malam selepas Matahari terbenam hingga sekitar pukul 8 malam, memang merupakan saat-saat puncak dari peristiwa konjungsi Saturnus dan Venus.

Konjungsi itu apa sih?
Dalam ilmu astronomi, konjungsi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut fenomena saat dua planet saling berdekatan. Konjungsi planet adalah hal yang biasa terjadi dalam astronomi. Fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang, namun bisa disaksikan lebih jelas dengan teleskop. Magnitud merujuk pada kecerlangan benda langit. Makin negatif, makin cerlang.

Oh iya, tadi malam sempat juga lho saya baca, ada yang menulis status di Facebook yang menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati saat terjadi konjungsi planet. Terlebih ketika terjadi konjungsi ada bulan di tengahnya.
For your information, People... hingga saat ini tidak ditemukan ada bukti kuat bahwa peristiwa konjungsi planet seperti ini dapat memicu atau menimbulkan bahaya dan bencana.

Nah, itulah sedikit mengenai peristiwa konjungsi Saturnus dan venus yang terjadi tadi malam. Semoga bermanfaat ya... Sekali lagi, yang disebut dengan konjungsi planet  tidak menimbulkan bencana alam.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.

You Might Also Like

8 Comments