Saturday, October 13, 2012

HELENE, Bulan Planet Saturnus

6 comments
Meskipun mungkin warnanya terlihat tidak begitu menarik, bulan Saturnus, Helene ini merupakan teka-teki dalam cahaya.

http://apod.nasa.gov/apod/image/1205/helene2_cassini_960.jpg
Helene, Bulan Planet Saturnus
Gambar Kredit : NASA /JPL/SSI; Color Composite: Daniel Machácek
Pencitraan bulan Helene yang rinci ini belum pernah dilakukan sebelumnya, dan ini dilakukan pada bulan Juni lalu ketika pesawat robot ruang angkasa Cassini yang mengorbit Saturnus menukik ke dalam bulan kecil yang diameternya sama dengan satu kali Bumi. 
Meskipun kawah dan bukit yang terlihat adalah konvensional seperti pada umumnya, gambar di atas juga menunjukkan permukaan yang ada luar biasa halus dan bergaris-garis.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b2/Cassini_Saturn_Orbit_Insertion.jpg/800px-Cassini_Saturn_Orbit_Insertion.jpg
Gambaran Artis tentang Cassini yang mengorbit Saturnus.
Astronom spesialis planet yang memeriksa gambar-gambar rinci dari bulan Helene mengumpulkan petunjuk tentang asal-usul dan evolusi 30-km gunung es yang mengambang. 


Helene juga tidak seperti bulan pada umumnya karena mengelilingi Saturnus tepat di depan bulan besar Dion, menjadikannya salah satu dari hanya empat bulan Saturnus yang diketahui menempati daerah gravitasi yang dikenal sebagai titik Lagrange stabil.



Tambahan Mengenai Cassini - Huygens

Cassini–Huygens adalah sebuah pesawat angkasa yang dibuat bersama oleh NASA/ESA/ASI, yang mempelajari Saturnus dan bulan-bulannnya. 

Pesawat angkasa ini memiliki 2 bagian utama: Pengorbit Cassini milik NASA, yang dinamai dengan nama astronom Italia-Perancis Giovanni Domenico Cassini, dan Satelit Huygens milik ASI, dinamai atas nama seorang astronom, ahli matematika dan ahli fisika Belanda Christiaan Huygens. 

Pesawat ini diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 1997 dan memasuki orbit Saturnus pada tanggal 1 Juli 2004. Pada tanggal 25 Desember 2004, satelit Huygens berpisah dari pengorbit dan mendarat di bulan Saturnus, Titan pada tanggal 14 Januari 2005, dimana mengirim informasi tentang Titan kepada ilmuwan untuk dipelajari. 

Pesawat ini adalah pesawat pertama yang memasuki orbit Saturnus dan pesawat angkasa keempat yang mengunjungi Saturnus.



sumber :

6 comments :

  1. Replies
    1. terima kasih yaa, trikasih juga untuk komen-komennya :)

      Delete
  2. seneng baca2 tentang aerospace ... nambah pengetahuan ... mksh sdh dishare mbak .... sukses selalu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama... semoga bisa nambah pengetahuan kita semua yaa, sukses terus buat kangtokkomputer :)

      Delete
  3. artikel manteb banget, ... trnyata mash ada bulan lain ya. Tapi rasanya yg paling banyak memiliki bulan adalah bumi kita, ya. sebab memiliki 13 bulan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayy... terima kasih yaa...
      hmm yang memiliki 13 satelit/bulan itu planet Jupiter :)

      Delete