World Read Aloud Day - 4 Maret 2015

Assalamualaikum...  World Read Aloud Day adalah sebuah kampanye yang digagas oleh LitWorld , sebuah organisasi literasi di dunia. ...

Assalamualaikum... 

World Read Aloud Day adalah sebuah kampanye yang digagas oleh LitWorld, sebuah organisasi literasi di dunia.

Sedikit mengenai Literasi,
Literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya. Membudayakan atau membiasakan untuk membaca, menulis itu perlu proses jika memang dalam suatu kelompok masyarakat kebiasaan tersebut memang belum ada atau belum terbentuk.

Ada banyak cara untuk membentuk budaya literasi diantaranya (dekat, mudah, murah, senang, lanjut) :
1. Pendekatan akses fasilitas baca (buku dan non buku)
2. Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan
3. Murah / Tanpa biaya (gratis)
4. Menyenangkan dengan segala keramahan
5. Keberlanjutan / Continue / istiqomah

Kampanye World Read Aloud Day ini bertujuan untuk menyebarkan betapa penting dan betapa serunya aktivitas membaca tersebut. Dan sebagai pembaca buku yang aktif, kita diharapkan bisa menularkan kebiasaan kita kepada orang lain yang ada di sekitar kita, terutama anak-anak.

Setiap tahunnya, World Read Aloud Day selalu diadakan pada hari Rabu pertama di bulan Maret. Sehingga, pada tahun ini World Read Aloud Day akan dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 4 Maret 2015.

Logo "World Read Aloud Day", 4 Maret 2015
Hak cipta gambar : LitWorld
Tahun ini, Goodreads Indonesia akan kembali berpartisipasi dalam kampanye World Read Aloud Day.

Lalu apa yang akan dilakukan Goodreads Indonesia dalam mendukung World Read Aloud Day ini?


  1. Pembacaan dongeng The Hut in The Forest (Grimm's Brother) dan Dumbo (RH Disney) pada tanggal 28 Februari 2015, mulai pukul 07:00, di Radio RPK 96.3 FM, Jakarta.
  2. Marathon Baca di arena Car Free Day (depan Gedung UOB, Jl. Batu Raja, Jakarta) pada tanggal 1 Maret 2015 mulai pukul 07:00. Marathon Baca adalah sebuah aktivitas di mana kita harus membacakan dongeng kepada siapa saja yang kita temui di arena Car Free Day.
  3. Perayaan World Read Aloud Day pada tanggal 4 Maret 2015.
Jadi, bagi siapapun dan khususnya bagi para Goodreaders, dimanapun berada, mari ikut serta berpartisipasi dalam kampanye World Read Aloud Day ini. Bagaimana caranya?

  1. Mendengarkan pembacaan dongeng di Radio RPK 96.3 FM, dan berpartisipasi dalam siaran tersebut.
  2. Mengikuti Marathon Baca di arena Car Free Day. Cukup bawa buku bacaan anak-anak yang kalian punya, dan langsung datang saja ke lokasi yang telah disebutkan di atas. Teknis tentang cara melakukan Marathon Baca akan dijelaskan di lokasi.
  3. Share foto aktivitas membaca yang paling unik pada tanggal 4 Maret 2015. Jangan lupa mention ke akun Twitter @bacaituseru dengan hashtag #wrad dan #ReadAloud
Apabila ada hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, bisa langsung saja, hubungi Goodreads Indonesia melalui akun Twitter @bacaituseru


Let's celebrate World Read Aloud Day, together!

Read Aloud. Change the World.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

You Might Also Like

5 Comments