Thursday, September 3, 2015

Book Review : Relativitas - Teori Khusus dan Umum by Albert Einstein

No comments
Salah satu kajian fisika awal abad ke-20 yang belum benar-benar dipahami oleh banyak orang sampai awal abad ke-21 adalah teori relativitas yang digagas oleh Albert Einstein. Diterjemahkan oleh fisikawan Liek Wilardjo, Relativitas: Teori Khusus dan Umum merupakan buah pena Einstein yang ditulis khusus untuk pembaca yang tidak akrab dengan matematika. Dalam buku ini Einstein menjelaskan secara popular gagasan-gagasan pokok relativitas khusus dan umum sebagaimana proses kreatif penemuan teori itu.


Identitas Buku
Judul : Relativitas - Teori Khusus dan Umum
Judul Asli : Relativity - The Special and General Theory
Penulis : Albert Einstein
Penerjemah : Prof. Liek Wilardjo, Ph.D., D.Sc.
Kategori : Nonfiksi, Sains, Fisika, Filsafat, Matematika, Klasik
Dimensi Buku : xviii+198 halaman, 13.5x20 cm, 240 gr
ISBN : 9789799100344 
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Paperback, Cetakan Pertama, Juli 2005
Rate : 5/5

Review
Teori Relativitas, baik khusus, maupun umum, adalah teori yang matematis. Teori ini dipaparkan dalam bahasa Matematika; terlebih lagu Teori Relatibitas Umum, lazimnya diungkapkan dalam geometri bukan-Euklidesan melainkan Riemannan atau Lobachevskian, dengan menggunakan Kalkulus Tensor dalam ruang-waktu caturmatra (empat dimensi).

Buku ini adalah terjemahan langsung dari tulisan penggagas teori itu sendiri, setelah sebelumnya R.W. Lawson menerjemahkan dari bahasa Jerman ke bahasa Inggris. Sehingga penjelasan/uraian dalam buku ini terjamin ketepatannya. Lebih dari itu, Einstein memang memaparkan teorinya itu secara popular untuk orang awam terdidik yang tidak mahir matematika dan fisika.

Salut kepada bapak Prof. Liek Wilardjo, Ph.D., D.Sc. yang telah menerjemahkan buku karya klasik Einstein ini dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang telah menjaga "warna asli" buku Einstein itu, dengan sedapat-dapatnya mempertahankan pilihan kata dan istilah teknis keilmuannya.

Pada beberapa bagian, ada bahasan yang diulang-ulang, tapi justru hal itu sangat membantu saya untuk mengingat dan memahami apa yang sedang dibahas. Dan setelah selesai membaca buku ini hingga halaman terakhirnya, saya mendapat pemahaman yang mungkin lebih tepat dari pemahaman saya sebelumnya mengenai bahasan teori yang sama. Karena melalui buku ini, Einstein memaparkan kepada para pembaca yang, dari sudut pandang kefilsafatan dan keilmuan secara umum,  meminati teori tersebut, tetapi tidak akrab dengan "bahasa" matematika dalam fisika teori.

Pada tulisan ini, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai apa itu relativitas dan bagaimana awal gagasan itu muncul, karena menurut saya pasti akan lebih mudah untuk dipahami jika membaca lebih detail buku ini sendiri. Yang jelas, melalui buku ini, teori yang relativitas yang mungkin bagi kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk membaca ini,  disajikan gagasan-gagasan yang pokok namun dalam bentuk paling sederhana, sehingga, sekali lagi, pembaca, khususnya orang seperti saya yang awam dengan bahasan tersebut, diberikan paparan yang cukup jelas namun tetap mudah untuk dipahami.

Buku yang terdiri dari tiga bagian ini yaitu, bagian pertama membahas mengenai teori relativitas khusus, kedua mengenai teori relativitas umum dan ketiga mengenai tinjauan atas jagat raya sebagai suatu kesatuan, selain masing-masing bagiannya dibahas menjadi beberapa sub bab juga dilampiri lampiran-lampiran yang akan sangat berguna untuk memahami setiap bahasannya.

Buku Relativitas ; Teori Khusus dan Umum, adalah sebuah karya klasik yang layak, bahkan menurut saya, sangat layak untuk dibaca, khususnya oleh orang-orang yang mengaku meminati teori tersebut dan juga wajib untuk dikoleksi :)

No comments :

Post a Comment