Berapa Jumlah Satelit yang Mengorbit Bumi?

Assalamualaikum... Satelit.!!! Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua j...

Assalamualaikum...

Satelit.!!!
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah Station Angkasa Interasional (International Space Station).

Begitu juga yang mengorbit planet Bumi, terdiri dari satu satelit alami yaitu Bulan dan banyak satelit buatan. Satelit buatan yang mengorbit planet Bumi diantaranya satelit astronomi, Satelit komunikasi, Satelit pengamat Bumi, Satelit navigasi, Satelit mata-mata, Satelit tenaga surya, Stasiun angkasa dan Satelit cuaca. 

Credit: NASA/Goddard Space Flight Center 
Seperti yang tertulis diatas, satelit-satelit yang disebutkan diatas hanya sebagian dari banyak satelit-satelit yang mengorbit Bumi. Menurut United States Space Surveillance Network (SSN), lembaga yang bertugas melacak jumlah satelit di orbit bumi dan telah melakukan pelacakan objek di orbit yang lebih besar dari 10 cm sejak didirikan pada tahun 1957. Menurut NASA, ada sekitar 3.000 satelit beroperasi di orbit bumi dari sekitar total 8.000 objek buatan manusia.

Dalam sejarahnya, SSN telah melacak lebih dari 24.500 benda ruang angkasa yang mengorbit bumi. Sebagian besar dari objek tersebut telah jatuh ke orbit bumi dan terbakar setelah memasuki atmosfer. SSN juga melacak sampah ruang angkasa serta negara yang bertanggung jawab terhadap sampah tersebut.

Sedikit mengenai SSN, SSN didirikan setelah peluncuran Sputnik 1, satelit buatan pertama, oleh Uni Soviet pada 4 Oktober 1957. Mengorbit planet pada kecepatan 32,186.88 km/jam dan memancarkan sinyal radio konstan. Dan Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama Laika.

Wassalamualaikum... Wr.Wb

You Might Also Like

53 Comments