Cara Membuat Covers Highlights Instagram

Hai, Hai... I'm Back! Stories Highlights dan Stories Archive. Bagi para pengguna Instagram pasti sudah tidak asing lagi dengan dua ...

Hai, Hai... I'm Back!

Stories Highlights dan Stories Archive. Bagi para pengguna Instagram pasti sudah tidak asing lagi dengan dua istilah tersebut. Stories highlights atau sorotan cerita adalah bagian baru dari sebuah akun profil Instagram, tempat untuk kita para penggunanya agar dapat lebih mengekspresikan diri ataupun bisnis kita melalui cerita, baik itu yang berupa foto, tulisan, rekaman pendek video, gambar ataupun musik yang kita bagikan. Sehingga, kita bisa mengelompokkan cerita-cerita yang telah kita bagikan itu pada beberapa sorotan. Untuk membantu kita membuat sorotan, Instagram juga menghadirkan fitur stories archive atau arsip cerita, dimana cerita yang telah kita bagikan, yang biasanya otomatis terhapus setelah 24 jam akan disimpan ke arsip cerita pribadi sehingga kita dapat melihatnya kembali kapan pun.

Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat Covers Highlights Instagram, atau Instagram Highlights Covers atau
Instagram Stories Highlights Covers atau sampul Highlights Instagram atau sampul sorotan Instagram... atau, apapun itu istilahnya ya... supaya Highlights yang berada di bawah bio kamu itu terlihat lebih eye-catching.

Ini adalah akun contoh tampilan cover highlights pada akun Instagram saya ;)
Bagaimana cara membuatnya? Mudah, dan disini saya menggunakan Canva, sebuah aplikasi desain grafis dan kolase foto. Aplikasi ini gratis, tersedia dalam tampilan desktop dan bisa diunduh gratis juga melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Sebelum membuat cover highlights, baiknya tentukan terlebih dahulu tema dan jumlah highlights yang akan kamu buat. Contoh, disini saya akan membuat satu cover highlight untuk mengumpulkan stories saya yang isinya tentang barang-barang preloved yang saya jual. Highlights ini saya beri judul: Shop.

Berikut cara membuat cover highlight Instagram,

Langkah 1
Buka website Canva, di www.canva.com. Selanjutnya, buat akun Canva atau langsung login saja kalau kamu sudah memiliki akunnya.

Langkah 2
Setelah login, akan muncul tampilan seperti ini dan klik "Gunakan Dimensi Khusus"


Langkah 3
Untuk membuat cover highlight, dibutuhkan ukuran gambar dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Lalu, klik "Desain!"


Langkah 4
Tentukan background atau warna background yang akan kamu pilih untuk cover highlights Instagram kamu. Disini kamu bisa memilih warna dari warna-warna dokumen, palet warna dasar, warna-warna monokrom ataupun background dengan motif-motif yang sudah tersedia disana. Kalau kamu punya kode warna css favorit kamu, tinggal masukkan juga kodenya disana.


Selain itu, jika kamu sudah memiliki gambar yang akan kamu gunakan untuk cover highlight Instagram kamu, kamu bisa mengunggahnya di bagian "Unggah". Seperti cover yang saya buat, saya menggunakan gambar dengan motif kayu yang etnik. Pastikan gambarnya sudah ada di PC kamu ya, biar gak ribet lagi nyari-nyari karena lupa menyimpan gambarnya dimana, hehe... dan jangan lupa, resolusi gambarnya berukuran 1080 x 1920 pixels ya...


Langkah 5
Tambahkan ikon, dengan cara mengeklik "Elemen" pada pilihan yang berada di bagian sebelah kiri. Scroll down, temukan dan klik berwarna merah yang bertuliskan "Ikon". Akan tersedia berbagai ikon yang kamu butuhkan. Untuk menemukan ikon yang lebih spesifik, ketik nama ikon yang kamu cari di kotak pencarian. Jika kamu ingin mengganti warna ikon juga bisa banget. Setelah ikon berpindah ke gambar background, klik pilihan warna dikiri atas gambar background. Pilih warna yang kamu inginkan dan atur ukuran ikonnya.


Sampai pada langkah ke-5 tadi, kita sudah selesai membuat satu cover untuk sebuah highlight Instagram. Untuk membuat cover berikutnya, kamu tinggal klik "Tambahkan Halaman Baru" yang berada di bawah desain cover yang sudah kamu buat, lalu cari ikon yang kamu butuhkan. Selanjutnya, sekarang kamu pasti sudah hapal bagaimana mengulang langkah-langkah yang saya sampaikan diatas.

Untuk cover yang sudah dibuat, silahkan di unduh dan kamu siap untuk mempercantik tampilan highlights di akun Instagram kamu. Mudah, cepat dan menurut aku hasilnya memuaskan banget.

Dan, jika kamu merasa background dan icon yang tersedia di aplikasi canva tersebut kurang atau bahkan tidak sesuai dengan yang kamu butuhkan, jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan gambar background dan icon yang kamu punya, atau mengunduhnya dari internet. Ada banyak blogger yang berbagi icon untuk membuat cover highlight, kalian tinggal search dan unduh saja.

Fungsi highlights Instagram? Lagi-lagi, ini masih menurut saya ya, berhubung akun Instagram saya itu saya pergunakan untuk berbagi info dan review buku yang saya baca, nah kadang saat ingin mengupload hal lain yang tidak berhubungan dengan buku, bingung juga kan uploadnya dimana, karena saya hanya memiliki satu akun Instagram. Jadilah, hal-hal lain yang ingin saya upload yang tidak berhubungan dengan buku saya upload di story dan kemudian saya simpan di highlight. Lebih rapi karena tidak mengganggu feed. Yaa walaupun feed Instagram saya juga masih amburadul sih.. gak punya tema khusus, hehehe... Tapi, semua itu juga tergantung kebutuhan masing-masing yaa pastinya.

Semoga, apa yang aku tulis diatas bisa bermanfaat yaa... dan jangan lupa untuk follow akun Instagram saya, @ade_reads see you there!

You Might Also Like

0 Comments