Monday, August 13, 2012

Venus dan Merkurius Elongasi Barat

9 comments
Berdasarkan jarak Matahari ke setiap Planet, planet dapat dibedakan atas planet dalam dan planet luar.

Mulai Kamis (24/8/2006) jangan pernah terpeleset mengucapkan Planet Pluto.
Karena sejak hari itu, Pluto sudah tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai planet.

a) Planet luar (Eksterior planet)

Planet luar (Eksterior planet) yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih panjang daripada jarak rata-rata Planet Bumi ke Matahari. Termasuk ke dalam kelompok planet luar, yaitu Planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dilihat dari bumi, sudut elongasi kelompok planet luar berkisar antara 0 -180 derajat. Bila elongasi salah satu planet mencapai 180 derajat hal ini berarti planet tersebut sedang berada dalam kedudukan oposisi, yaitu kedudukan suatu planet berlawanan arah dengan posisi matahari dilihat dari bumi. 


Pada saat oposisi, berarti planet tersebut berada pada jarak paling dekat dengan bumi.

Bila elongasi salah satu planet mencapai 0 berarti planet tersebut mencapai kedudukan konjungsi, yaitu suatu kedudukan planet yang berada dalam posisi searah dengan matahari dilihat dari bumi.

Pada saat konjungsi, berarti planet tersebut berada pada jarak paling jauh dengan bumi.

b) Planet dalam (Interior planet)
Planet dalam (Interior planet) yaitu planet-planet yang jarak rata-ratanya ke matahari lebih pendek daripada jarak rata-rata Planet Bumi ke Matahari. 

Berdasarkan kriteria tersebut, maka yang termasuk planet dalam, adalah Planet Merkurius dan Venus. Planet Merkurius ataupun Venus mempunyai kecepatan beredar mengelilingi matahari berbeda-beda, sehingga letak atau kedudukan planet tersebut bila dilihat dari bumi akan berubah-ubah pula. 

Sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari dengan suatu planet disebut elongasi

Besarnya sudut elongasi yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari-Merkurius yaitu antara 0 -28 derajat, sedangkan sudut elongasi Bumi - Matahari - Venus adalah 0 - 50 derajat.

Berdasarkan besarnya sudut elongasi paling besar yang dapat dicapai oleh planet tersebut, sehingga dapat dihitung lamanya waktu planet Merkurius dan Venus terlihat dari bumi, yakni Planet Merkurius dapat terlihat dari bumi paling lama sekitar 28 / 360 x 24 jam =  1 jam 52 menit, sedangkan Planet Venus dapat terlihat dari bumi paling lama sekitar 50 / 360 x 24 jam = 3 jam 20 menit. 


Elongasi planet dalam (interior planet) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu elongasi barat, jika posisi suatu planet berada di sebelah barat matahari dilihat dari bumi dan elongasi timur, jika posisi suatu planet berada di sebelah timur matahari dilihat dari bumi. 

Planet Venus ataupun Merkurius yang berada pada posisi elongasi barat akan terbit terlebih dahulu di ufuk timur pada saat matahari masih berada di bawah horizon timur, sehingga planet tersebut terlihat berkilauan dilihat dari bumi karena sinar matahari yang diterimanya dipantulkan kembali ke bumi. 

Oleh karena itu, orang-orang di bumi menyebut Planet Venus atau Merkurius yang sedang berada pada kedudukan elongasi barat sebagai Bintang Timur. Sebaliknya apabila planet Merkurius atau Venus sedang berada pada posisi elongasi Timur, maka-planet-planet itu akan memantulkan cahaya matahari beberapa saat setelah matahari terbenam di ufuk barat, sehingga akan terlihat dari bumi sebagai Bintang Senja.

Elongasi Venus dan Merkurius pada 15 dan 16 Agustus 2012

Langit timur saat matahari terbit
(15 Agustus 2012, waktu dipercepat)
(Stellarium)
a). Planet Venus
Venus merupakan planet yang letaknya paling dekat ke bumi, yaitu sekitar 42 juta km, sehingga dapat terlihat jelas dari bumi sebagai suatu noktah kecil yang sangat terang dan berkilauan menyerupai bintang pada pagi atau senja hari. Venus sering disebut sebagai bintang kejora pada saat Planet Venus berada pada posisi elongasi barat dan bintang senja pada waktu elongasi timur. Kecemerlangan planet Venus disebabkan pula oleh adanya atmosfer berupa awan putih yang menyelubunginya dan berfungsi memantulkan cahaya matahari.

Jarak rata-rata Venus ke matahari sekitar 108 juta km, diselubungi atmosfer yang sangat tebal terdiri atas gas karbondioksida dan sulfat, sehingga pada siang hari suhunya dapat mencapai 4770 C, sedangkan pada malam hari suhunya tetap tinggi karena panas yang diterima tertahan atmosfer. Diameter planet Venus sekitar 12.140 km, periode rotasinya sekitar 244 hari dengan arah sesuai jarum jam, dan periode revolusinya sekitar 225 hari.

Gambar Planet Venus
(Sumber: (A) www.celestiamotherlode.net dan (B) www.resa.net)

Venus Elongasi Barat
Pada tanggal 15 Agustus 2012, nikmati pemandangan matahari terbit dihiasi Venus sang bintang kejora setinggi 45.8° di langit timur.

b). Planet Merkurius
Merkurius merupakan planet paling dekat ke matahari, jarak rata-ratanya hanya sekitar 57,8 juta km. Akibatnya, suhu udara pada siang hari sangat panas (mencapai 4000C), sedangkan malam hari sangat dingin (mencapai -2000 C). 

Perbedaan suhu harian yang sangat besar disebabkan planet ini tidak mempunyai atmosfer. Merkurius berukuran paling kecil, garis tengahnya hanya 4.850 km hampir sama dengan ukuran bulan (diameter 3.476 km). 

Planet ini beredar mengelilingi matahari dalam suatu orbit eliptis (lonjong) dengan periode revolusinya sekitar 88 hari, sedangkan periode rotasinya sekitar 59 hari.
A. Planet Merkurius dan B. Perbandingannya Merkurius dengan Bumi
(Sumber: www.sarkaniemi.fi)

Merkurius Elongasi Barat
Pada tanggal 16 Agustus 2012, seakan menemani Venus, Merkurius juga akan berelongasi barat dan terlihat di langit timur ketika matahari terbit dengan ketinggian 18.7°.

Tambahan:
Pada tahun 2012 ini, Merkurius Elongasi Barat juga terjadi pada tanggal 5 Desember 2012. Ketika Matahari terbit, Merkurius akan menghiasi langit timur dengan ketinggian 20.6°.

Sebelum itu, akan terjadi Merkurius Elongasi Timur, yaitu Merkurius dengan tinggi 24.1° dari horison barat akan terlihat ketika Matahari terbenam, pada tanggal 27 Oktober 2012.

9 comments :

  1. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp, langsung menuju TKP :)

      Iya, sama-sama... terimakasih udah mampir >_<

      Delete
  2. dari sekolah SD saya suka tentang pengetahuan planet2.
    pengen jadi ilmuan luar angkasa,tapi gimana caranya ya?harus belajar dimana ama siapa?di Indonesia kayanya blm ada tuh. ini info saya suka banget,banyak2 posting tentang pengetahuan ya...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar dengan saya sob... wkwkwkwwkw.. :D

      Delete
    2. @Ants Kaka : Sama, aku juga suka banget tentang ilmu astronomi dan terutama peristiwa-peristiwa astronomi yang kadang-suka ada yang jarang bgt terjadinya kayak transit venus kemaren itu...

      Nah itu mas Andy udah menawarkan dir, hehee

      Delete
  3. Wah cita cita yang tak tercapai...

    ingigatin pelajaran waktu SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dulu-cita-citanya apa, bang? hehee...
      mudah-mudahan deh meskipun gak kesampaian sama abang tapi kesampaian sama anak cucunya nanti yaa :D

      Delete
  4. thank.s yaaa infonya..
    klo ada info trbaru lagi untuk bulan ini,
    share lagi yaa....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama...
      okee sipp, Insya Allah akan selalu diinformasikan :)

      Delete