DO'A UNTUK ORANG SAKIT

Assalamualaikum, semuanyaaa.... :) Alhamdulillah saat ini aku  masih diberi kesempatan untuk posting yang insya Allah berguna bua...

Assalamualaikum, semuanyaaa.... :)

Alhamdulillah saat ini aku  masih diberi kesempatan untuk posting yang insya Allah berguna buat kita semua terutama saya pribadi. Kali ini tentang Doa Untuk Orang Sakit. Silahkan disimak...

Aisjah r.a. berkata : Adanya Nabi Salallahu Alaihi Wasalam jika didatangi oleh orang yang mengeluh sakit atau luka, Maka Nabi Salallahu Alaihi Wasalam meletakkan jari telunjuknya ke tanah dan diludahi sedikit, kemidian diusapkan kepada apa yang dirasakan sambil berdoa : 

BISMILLAHI TURBATU ARDLINA BIRIQOTI BA'DLINA YUSYFA SAQIMUNA BI'IDZNI ROBBINA 
(Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah). 
(HR. Bukhari, Muslim.)

Aisjah r.a. berkata : adalah Nabi Salallahu Alaihi Wasalam berziyarah kepada salah seorang keluarganya yang sedang sakit maka ia mengusap-usap si sakit dengan tangan kanannya sambil membaca :

Allahumma Robbannas, Adz-hibil ba'sa isyfi antasy-syafi la syifa'a illa syifa'uka syifa'an la yughadiru saqoman 
(Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi). 
(HR. Bukhari, Muslim).

Anas r.a. berkata kepada Tsabit : Sukakah aku menjampi kau dengan jampi Rasulullah..? Jawab Tsabit : Baiklah. Maka Anas membaca :

Allahumma Robbannas Mudzhibal-bas, isy fi antasy-syafi, la syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqoman  
(Ya Allah Tuhan semua manusia, yang menghalaukan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang menyembuhkan, tiada yang menyembuhkan kecuali Engkau, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi).
(HR. Bukhari)

Ibn Abbas r.a. berkata : Bersabda Rasulullah : Siapa yang menjenguk/menengok orang sakit yang belum tiba ajalnya, kemudian dibacakan do'a ini tujuh kali, pasti Allah menyembuhkannya dari itu penyakit. Yaitu :

Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka 7x.
(Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau) 
(HR. Abu Dawud, Attirmidzy dan Alhakim).

Ibn Abbas r.a. berkata : Rasulullah menjenguk kepada orang badwi, dan biasa Rasulullah jika menjenguk pada orang sakit berkata : 

La Ba'sa Thohurun Insya Allah. 
(Tidak apa-apa semoga penyakit ini menjadi pencuci dari dosa-dosa Insya Allah). 
(HR. Bukhari).

Demikian Rasulullah menuntun supaya masing-masing orang dari umatnya dapat mendoakan dirinya sendiri, dan mengadakan hubungan langsung kepada Allah dalam segala hal.

Semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan serta mendapat ridha Allah SWT... Amin...

You Might Also Like

0 Comments