Friday, August 10, 2012

Okultasi Jupiter dan Puncak Hujan Meteor Perseids

7 comments
Puncak Hujan Meteor Perseids 
Sejak 17 Juli hingga 24 Agustus sebelum fajar, rasi Perseus di langit utara menjadi pusat hujan meteor yang berasal dari serpihan komet Swift-Tuttle. 

Sekitar 90 meteor tiap jam diperkirakan akan melintas di langit gelap berhias Bulan sabit tatkala puncaknya selepas tengah malam hingga fajar tiba.

Rasi Perseus di arah Timur Laut
Perseids akan memiliki arah radiant dari rasi perseus yang terbit dari langit ufuk timur pada pukul 01.00WIB.
Untuk dapat menikmati peristiwa ini, sebenarnya cukup dengan mata telanjang saja, namun sayang nya saat rasi perseus muncul, bulan juga terbit pada waktu yang bersamaan sehingga dapat diprediksikan cahaya bulan akan mengganggu pengamatan hujan meteor pada meteor-meteor bermagnitudo rendah.


Okultasi adalah peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar. Akibatnya, benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi di belakang benda lainnya. 

Gambaran Saat-Saat Terjadinya
Okultasi Jupiter oleh Bulan
Secara sepintas, definisi okultasi ini mirip dengan definisi gerhana. 
Namun, ada perbedaan yang mudah dipahami di antara keduanya, yaitu gerhana hanya terjadi pada Bulan dan Matahari, sedangkan okultasi terjadi secara umum pada semua benda langit. 

Contoh okultasi lainnya adalah tertutupnya planet (Jupiter, Venus, dan lain-lain), bintang atau gugus bintang (Antares, Pleiades,  dan lain-lain), dan asteroid oleh Bulan. Bisa juga okultasi oleh planet terhadap bintang atau planet lainnya.

Okultasi planet oleh Bulan adalah kejadian yang langka dan ketika terjadi pun belum tentu dapat diamati, karena bisa terjadi saat siang hari.

Peristiwa okultasi seperti itu akan terjadi juga pada dini hari (12 Agustus 2012) nanti, tepatnya yang akan terjadi adalah peristiwa Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan.
Planet Jupiter akan "dilindungi" oleh Bulan kurang lebih selama satu jam, dimulai sejak pukul 01.05 WIB sampai dengan pukul 02.15 WIB. Peristiwa Okultasi ini dapat disaksikan dari seluruh Indonesia dengan mata telanjang, tapi kalau ingin mendapatkan pemandangan ini terlihat lebih jelas bisa menggunakan teleskop.

Jadi... Selamat menikmati langit malam ini yaa, tapi... jangan sampai melupakan Sholat I'tikaf lho yaa... >_<

Oh iyaa, silahkan baca juga Kalender Astronomi Tahun 2012, untuk mengetahui peristiwa-peristiwa astronomi apa saja yang akan terjadi selanjutnya, selama tahun 2012 ini.


sumber:
astronomi.angkasa.gov.my

7 comments :

  1. kalau ditempat saya bisa diliat dengan mata telanjang gak ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari informasinya, dua peristiwa tersebut bisa diliat dgn mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia, mas...

      Tapi kyknya tergantung cuaca juga :)

      Delete
    2. wah.. kayaknya kalau jam segitu,, saya lagi mimpi indah.. :D

      Delete
  2. Tapi ngx ada akibat fatal buat bumi kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Em Albar > akibat fatalnya menuju ke rumah ente.. wkwkwkw.. :D

      Delete
    2. Kalau misal ada kerusakan di rumah bang Albar, Pintu rumah bang Andy selalu terbuka lebar menyambut bang Albar kok.... jadi tenang aja, hahaa >_<

      Delete