Tuesday, November 6, 2012

Ditemukan Nebula Mirip Laba-Laba

2 comments
Nebula (Latin: "kabut"; pl. nebulae atau nebulæ, dengan ligatur) adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.

Pada tanggal 29 Oktober 2012 lalu, situs apod.nasa.gov mempublikasian gambar yang diberi nama The Red Spider Planetary Nebula yang bentuknya menyerupai bentuk Laba-laba.
Berikut gambarnya :


The Red Spider Planetary Nebula menunjukkan struktur kompleks yang dapat terjadi ketika sebuah bintang yang normal menyemburkan gas luarnya dan menjadi bintang kerdil putih. 


Secara resmi nebula yang juga diberi nama NGC 6537, ini dua-lobed rumah nebula planet simetris salah satu terpanas putih kerdil yang pernah diamati, mungkin sebagai bagian dari sistem bintang biner. Angin internal yang berasal dari bintang pusat, terlihat di tengah, telah diukur lebih dari 1000 kilometer per detik.


Angin ini memperluas nebula, aliran sepanjang dinding nebula, dan menyebabkan gelombang gas panas dan debu bertabrakan. Atom terjebak dalam cahaya guncangan,bertabrakan dan memancarkan cahaya indah seperti ditunjukkan pada gambar perwakilan-warna di atas oleh Hubble Space Telescope

The Red Spider Nebula terletak ke arah konstelasi Archer (Sagitarius).jaraknya masih belum diketahui pasti ,tetapi telah diperkirakan oleh beberapa ahli sekitar 4.000 tahun cahaya.

2 comments :