Wednesday, November 7, 2012

KALENDER FASE BULAN, November 2012

27 comments
Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari dilihat dari bumi. Fase bulan disebut juga aspek bulan. (wikipedia)

Fase dan perubahan bentuk kenampakannya dari bumi :

sumber gambar : Picasa
1. New Moon (Bulan Baru) : Bulan tidak tampak
2. Waning Crescent (Sabit Awal) : Bulan nampak terlihat berbentuk seperti sabit
3. Last Quarter (Perbani Awal) : Bulan nampak terlihat setengah bulatan
4. Waning Gibbous (Gibbus Awal) : Bulan tampak benjol
5. Full Moon (Bulan Purnama) : Bulan tampak bulat sempurna
6. Waxing Gibbous (Gibbus Akhir) : Bulan tampak benjol
7. First Quarter (Perbani Akhir) : Bulan nampak terlihat setengah bulatan
8. Waxing Crescent (Sabit Akhir) : Bulan tampak berbentuk seperti sabit


Berikut kalender fase bulan untuk bulan November tahun 2012
Seharusnya saya menulis postingan ini dari sejak awal bulan November lalu, jadi mngkin bisa dibilang sedikit terlambat karena saat ini sudah memasuki tanggal 7, hehehe... 


Kalender Fase Bulan, November 2012
sumber gambar : kalender-bulan
Dan dibawah ini saya tuliskan tanggal-tanggal penting pada bulan November tahun 2012 yang berkaitan dengan fase bulan. Yang mungkin akan bermanfaat buat kamu para pengamat langit, khususnya para pecinta Bulan :
> Bulan Separuh
   Akan terjadi pada tanggal 7 November 2012, pukul 12:36

> Bulan Mati (Gerhana Matahari Total)
   Akan terjadi pada tanggal 13 November 2012, pukul 22:08

> Bulan Separuh
   Kembali akan terjadi pada tanggal 20 November 2012, pukul 2:31 dini hari

> Bulan Purnama (Gerhana Bulan Penumbra)
   Akan terjadi pada tanggal 28 November 2012, pukul 14:46

Oh iya... silahkan baca juga postingan saya yang berjudul Kalender Astronomi Tahun 2012 dan 5 Gerhana di Tahun 2012

Sampai jumpa di postingan berikutnya...

27 comments :

  1. Replies
    1. Salam kenal juga, oke langsung meluncur :)

      Delete
  2. waduh,,puyeng aq dee,, :D 6^_^9 lanjut,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... puyeng kenapa yaa :D
      69 lancar >_<

      Delete
    2. wah.. 69 juga ya.. koq aq gak diikutin.. hikzz..

      Delete
    3. hehehe iya, ayoo ikutan juga...
      sambil kumpul sama sahabat blogger lainnya :)

      Delete
  3. Weh puyeng juga, aku lihat dan bacanya, cuman aku lucu ada juga ya bulan benjol. wakkakakakakkakakakka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm... kok Albarnation sama Ants Kaka pada bilang puyeng yaa, yang bikin puyeng apanya? tampilan/tulisan yg aku bikin warna-warni atau materi nya yang bikin puyeng...? hehehe

      Delete
    2. rumit buat dipahami gitu ya..?
      hahahaa, gak apa-apa deh :)

      Delete
  4. waaah.. lama gak mampir.. jadi banyak ketinggalan bintang2 nih.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya ihh, kemana aja, sibuk yaa?

      Delete
  5. bulan purnomo ga ada ya dee....... hehe

    piss....kabur hehe.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mentang2 namanya pake purnomo salip kiri nih,...wakakakaka

      Delete
    2. #nahan ketawa...#
      ada-ada aja nih, hehehee....

      Delete
  6. akhirnya ada yang bisa di 69 disini hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hehehe... berkat bantuannya bang Ants Kaka nih, hehee
      Salam 6^_^9 yaa

      Delete
  7. dari banyak2 bulan yg paling aq suka bulan madu....hahay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... khusus buat yang udah halal tuh pastinya, :D

      Delete
  8. bulan madu k bulan. pasti asik ya sob...:D ga nyambung ya...

    salam 69 penuh madu + rindu....Xixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... silahkan dicobain, nanti share pengalamannya yaa, hehe terimakasih 6^_^9nya yaa

      Delete
  9. Replies
    1. Hallo... terimakasih, siapp berkunjung balik nih, hehe

      Delete