Wednesday, September 19, 2012

PENGERTIAN Bintang, Komet, Meteor, Meteorit, Planet dan Satelit

18 comments
Assalamualaikum...

Heyy, kamu...
Iyaa... kamu, kamu yang lagi baca tulisan ini, yang entah dengan sengaja mampir atau gak sengaja terdampar disini, yaa... kalau itu sih hanya kamu dan Allah SWT aja yang tau, hihihiiii....

Okee deh, kali ini gimana kalau kita ngobrolin tentang benda-benda luar angkasa... Yuph, mengenai luar angkasa memang selalu menarik untuk dibahas, dan yang mau kita bahas kali ini, sebenarnya udah umum banget dan pastinya semua orang udah paham banget yaa... tapi kayaknya gak ada salahnya juga deh, kalau aku share tentang definisi atau pengertian dari benda-benda luar angkasa tersebut... buat yang udah tau, mungkin ini bisa mengingatkan kembali... yaa kali-kali aja lupa gitu, hehehe.... dan buat yang belum tau dan lagi butuh informasinya, okee deh, langsung aja yah...

Kita mulai dari... 

Bintang
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/df/Sun_in_X-Ray.png/300px-Sun_in_X-Ray.png
Matahari adalah bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen dan helium.
Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya
Bintang adalah benda langit luar angkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya. Bintang yang terdekat dengan bumi adalah matahari. Matahari dikelilingi oleh planet-planet anggota tata surya seperti pelanet Bumi, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Jupiter.

Sipp deh, lanjut ke...

Komet

Komet Halley adalah suatu komet yang terlihat dari bumi setiap 75-76 tahun.
Secara resmi diberi nama 1P/Halley, nama umumnya diberikan menurut nama Edmund Halley. Komet ini merupakan komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya.
Komet adalah salah satu anggota dari keluarga sistem tata surya

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari. Komet memiliki orbit garis edar sendiri yang bentuknya sangat lonjong. Komet biasa disebut sebagai bintang berekor karena sifatnya yang bercahaya terang dan memiliki ekor gas debu yang sangat panjang.

Itu dia tentang Komet, sekarang tentang apalagi yaa...
Oh iyaa...

Meteor
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/30/Meteor_burst.jpg/600px-Meteor_burst.jpg
Foto langit disaat terjadi hujan meteor
Sumber Gambar : Wikipedia
Meteor adalah benda langit yang masuk ke dalam wilayah atmosfer bumi yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan metor dengan udara dalam kecepatan tinggi. Akibat adanya gesekan yang yang cepat tersebut menimbulkan pijaran api dan cahaya yang dari kejauhan kita melihatnya seperti bintang jatuh.

dan...

Meteorit
http://4.bp.blogspot.com/-C4Ha0dbYeTg/T_AFHkQOaTI/AAAAAAAAETI/NKgoLyQ77v0/s1600/Ini+Ciri-ciri+Meteorit+yang+Jatuh+ke+Bumi.jpg
Batuan Meteorit yang jatuh di Balaraja,
Tangerang Kamis (21/6/2012)
Meteorit adalah benda-benda di luar angkasa dengan kecepatan yang cepat. Jumlah meteorit di angkasa raya tidak terhitung karena sangat banyak dengan berbagai bentuk, jenis, bahan kandungan, warna, sifat dan sebagainya.

Terus... tentang yang salah satunya kita diami, yaitu...

Planet
http://1.bp.blogspot.com/-lTrAmO0qR1k/TdHXX8kalPI/AAAAAAAAA5U/8RaCRxXI1Ko/s1600/pluto.jpg
Mulai Kamis (24/8/2006) jangan pernah terpeleset mengucapkan Planet Pluto.
Karena sejak hari itu, Pluto sudah tidak lagi berhak menyandang predikat sebagai planet.
Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya. Planet yang dekat dengan bumi dapat kita lihat setiap hari dengan mata telanjang seperti planet venus yang disebut orang sebagai bintang fajar.

dan terakhir adalah...

Satelit
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9c/ConstellationGPS.gif/220px-ConstellationGPS.gif
Contoh satelit GPS dengan berbagai orbit.
Satelit adalah benda yang mengelilingi planet yang memiliki orbit peredaran sendiri. Satelit bersama planet yang dikelilinginya secara bersama-sama mengelilingi bintang. Bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh bumi yang bersama bumi mengelilingi matahari, sedangkan satelit palapa, satelit b1, dan sebagainya adalah satelit buatan manusia yang digunakan untuk tujuan tertentu seperti untuk komunikasi, mata-mata, riset, dan lain sebagainya.



Semoga bermanfaat yaa... :)


Waalaikumsalam...Wr,Wb.

18 comments :

  1. Wah menambah pengetahuan saya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau gitu, hihihii :D

      Delete
    2. Maha Suci Allah atas segala ciptaannya :)

      Delete
  2. itu batu meteorit beneran ya,,jatoh di tangerang,,tapi kok kaya batu kali ya,,,hehhehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... menurut informasinya c gitu, beneran...
      iya c yaa, mirip batu itu lho batu aoung yaa namanya yg suka ada dalam akuarium, xixixi XD

      Delete
    2. ralat : aoung, maksutnya tu apung, batu apung... nah itu baru bener yaa :D

      Delete
  3. teringat pelajran Geografi waktu skul dulu, he

    ReplyDelete
  4. jadi bisa mengingat lagi pengetahuan yang sudah terlupakan, terima kasih Sob. salam

    ReplyDelete
  5. wah, ilmu yg uda lama ilang nih.. oy, salah satu coretan dee ada dimari,, kapan2 mampir ye..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat... Oh ya?, wah yang mana ya?, sip, sip... Insya Allah saya mampir :D

      Delete
  6. wihh.... kereen keren nih! udah lama nyari tentang benda benda luer angkasa akhirnya ktemu juga makasih yah...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... semoga bermanfaat yaa :D

      Delete
  7. sangat bermanfaat,gua jadi lebih mengerti.
    Thanx ya bg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Alhamdulillah :)
      Eh tapi, saya bukan abang-abang >_<

      Delete
  8. wah bagus bagus bagus marvelous marvelous

    ReplyDelete