Okultasi Jupiter 18 Februari 2013

Assalamualaikum... Dalam ilmu Astronomi, dikenal ada istilah Okultasi. Secara sederhana, okultasi dapat diartikan sebagai peristiwa...

Assalamualaikum...

Dalam ilmu Astronomi, dikenal ada istilah Okultasi.
Secara sederhana, okultasi dapat diartikan sebagai peristiwa tertutupnya sebuah benda langit oleh benda langit lainnya yang lebih besar.
Contohnya okultasi bintang oleh Bulan atau planet.

Atau lebih jelasnya, okultasi merupakan istilah yang diberikan pada keadaan dimana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh permukaan/piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna.

Pada peristiwa okultasi, benda langit yang tertutup tidak hanya planet saja melainkan sebuah bintang, asteroid dan satelit alam lainnya (hanya berlaku di planet-planet yang memiliki bulan lebih dari 2).
Begitu juga benda langit yang menutupi tidak selalu harus bulan , melainkan planet menutupi sebuah bintang, asteroid menutupi sebuah bintang dan bulan menutupi sebuah bulan (planet yang memiliki lebih dari 1 satelit).

Nah, pada tanggal 18 Februari 2013, kamu dapat menyaksikan peristiwa Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan mulai pukul 18.00 WIB. 
Pada saat itu, kita tidak akan melihat Planet Jupiter sebab okultasi sedang terjadi. Planet Jupiter sedang berada di 'belakang' Bulan yang saat itu dalam fase Bulan Cembung Awal, dengan kata lain Bumi-Bulan-Jupiter berada dalam satu garis lurus.

Okultasi akan terus terjadi hingga pukul 23.00 WIB, Planet Jupiter sudah mulai terlihat seperti bintang cemerlang di bawah Bulan
.
Peristiwa ini dapat dilihat dengan mata telanjang, namun tentunya akan terlihat lebih jelas dan indah jika menggunakan teleskop atau teropong binokuler.

Berikut adalah gambar-gambar peristiwa okultasi Jupiter yang berhasil diabadikan para photografer :


Credit/Photografer : Duke Marsh
Waktu : 17 Februari 2013
Sumber : earthsky.org


Credit/Photografer : Neil Fyffe
Waktu : 18 Februari 2013
Lokasi :
Pinjarra Western Australia
Sumber : earthsky.org


Credit/Photografer : suryoDprasetyo
Waktu : 18 Februari 2013
Lokasi : -

Pada peristiwa okultasi Jupiter 18 Februari 2013 in, terlihat di Australia bagian Selatan dan Antartica. Dari Indonesia HANYA terlihat Jupiter sangat dekat dengan bulan saja, tidak sampai okultasi.

Selamat mengamati kemesraan Jupiter dan Bulan...
Besok, insya Allah di update, gambarnya ditambah lagi,

Wassalamualaikum... Wr, Wb



Sumber dan Referensi :

You Might Also Like

7 Comments