Monday, February 18, 2013

Okultasi Jupiter 18 Februari 2013

7 comments
Assalamualaikum...

Dalam ilmu Astronomi, dikenal ada istilah Okultasi.
Secara sederhana, okultasi dapat diartikan sebagai peristiwa tertutupnya sebuah benda langit oleh benda langit lainnya yang lebih besar.
Contohnya okultasi bintang oleh Bulan atau planet.

Atau lebih jelasnya, okultasi merupakan istilah yang diberikan pada keadaan dimana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh permukaan/piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna.

Pada peristiwa okultasi, benda langit yang tertutup tidak hanya planet saja melainkan sebuah bintang, asteroid dan satelit alam lainnya (hanya berlaku di planet-planet yang memiliki bulan lebih dari 2).
Begitu juga benda langit yang menutupi tidak selalu harus bulan , melainkan planet menutupi sebuah bintang, asteroid menutupi sebuah bintang dan bulan menutupi sebuah bulan (planet yang memiliki lebih dari 1 satelit).

Nah, pada tanggal 18 Februari 2013, kamu dapat menyaksikan peristiwa Okultasi Planet Jupiter oleh Bulan mulai pukul 18.00 WIB. 
Pada saat itu, kita tidak akan melihat Planet Jupiter sebab okultasi sedang terjadi. Planet Jupiter sedang berada di 'belakang' Bulan yang saat itu dalam fase Bulan Cembung Awal, dengan kata lain Bumi-Bulan-Jupiter berada dalam satu garis lurus.

Okultasi akan terus terjadi hingga pukul 23.00 WIB, Planet Jupiter sudah mulai terlihat seperti bintang cemerlang di bawah Bulan
.
Peristiwa ini dapat dilihat dengan mata telanjang, namun tentunya akan terlihat lebih jelas dan indah jika menggunakan teleskop atau teropong binokuler.

Berikut adalah gambar-gambar peristiwa okultasi Jupiter yang berhasil diabadikan para photografer :


Credit/Photografer : Duke Marsh
Waktu : 17 Februari 2013
Sumber : earthsky.org


Credit/Photografer : Neil Fyffe
Waktu : 18 Februari 2013
Lokasi :
Pinjarra Western Australia
Sumber : earthsky.org


Credit/Photografer : suryoDprasetyo
Waktu : 18 Februari 2013
Lokasi : -

Pada peristiwa okultasi Jupiter 18 Februari 2013 in, terlihat di Australia bagian Selatan dan Antartica. Dari Indonesia HANYA terlihat Jupiter sangat dekat dengan bulan saja, tidak sampai okultasi.

Selamat mengamati kemesraan Jupiter dan Bulan...
Besok, insya Allah di update, gambarnya ditambah lagi,

Wassalamualaikum... Wr, Wb



Sumber dan Referensi :

7 comments :

  1. Replies
    1. Hallo, selamat pagi juga, mbak... semoga hari ini menyenangkan buat mbak :)

      Delete
  2. adek, saya mau tanya ya. kemaren aku dikasih tau temenku ada program simulasi bintang2 yg bagus dan detail tp aku lupa namanya. kamu tau nggak program apa itu? yg aku ingat sih namanya stela ato apa gitu lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeeehhh nggak jadi tanya. udah ketemu di blog kamu ini. namanya stellarium. makasih ya ^_^b

      Delete
    2. Iya betul Stellarium, versi terbaru adalah versi 0.12.0, silahkan di download, semoga bermanfaat...
      terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  3. jadi penasaran pingin menyaksikan peristiwa Okultasi Planet Jupiter.. dengan mata telanjang en hanya berdiri di depan rumah saiia ajja suda bisa kah?!?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... :)
      seperti yang tertulis diatas, peristiwa Okultasi dapat dilihat dengan mata telanjang, namun akan terlihat lebih jelas jika menggunakan teropong/teleskop,,

      Delete