Thursday, May 1, 2014

Kalender Astronomi Bulan Mei 2014

8 comments
Assalamualaikum...

Yeahh... Mei sudah tiba!!! *merentangkan tangan*

Bulan favorit saya. Karena di salah satu hari di bulan Mei lah saya terlahir ke dunia ini *ehh... padahal gak ada yang tanya yaa??*, dan paling tidak hingga saat ini masih tetap menetap di planet Bumi bersama ibu, bapak, kakak, kakak ipar, adik dan keponakan, hehehe.... *foto keluarga menyusul*

Omong-omong tentang planet Bumi, dari situs Night Sky Online dan Sea Sky berikut adalah beberapa peristiwa astronomi yang dapat diamati dari beberapa wilayah di planet Bumi disepanjang bulan Mei 2014.


6 Mei 2014
Hujan Meteor Eta Aquarids
Dibulan Mei 2014 ini hujan meteor Eta Aquarids akan menyapa kita saat bulan sedang mencapai bulan separuh atau kuarter pertama, sehingga pengamatan hujan meteor akan dapat maksimal dilakukan, karena tidak ada cahaya Bulan di malam hari yang akan mengganggu pengamatan. 

Hujan Meteor Aquarids ini merupakan hujan meteor berkala yang terjadi sejak 19 April hingga 28 Mei 2014. Sedangkan saat puncaknya akan terjadi pada hari Selasa, 6 Mei 2014 dengan jumlah rata-rata 60 meteor per jamnya. Dengan titik radiant berada di konstelasi Aquarius, observasi meteor disarankan pada saat dini hari mulai pukul 02.00 WIB.

11 Mei 2014
Oposisi Planet Mars
Dalam ilmu astronomi, istilah Oposisi adalah ketika suatu planet berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Sehingga yang dimaksud dengan Oposisi Planet Saturnus adalah suatu peristiwa ketika planet Mars terletak tepat di perpanjangan garis lurus imajiner yang menghubungkan Bumi dan Matahari pada bidang dua dimensi dengan Bumi berada di tengah-tengah. 

Peristiwa seperti itulah yang akan terjadi pada hari Minggu, 11 Mei 2014 jam 01:03 WIB. Planet Saturnus akan nampak sepanjang malam sejak terbenamnya Matahari hingga terbitnya kembali Matahari di keesokan hari.  

15 Mei 2014
Bulan Purnama
Pada bulan Mei ini, fase Bulan Purnama (fullmoon) akan terjadi pada hari Kamis, 15 Mei 2014 pukul 02:16 WIB, dini hari. Titik pengamatan di langit sebelah barat.

24 Mei 2014
Badai Meteor Camelopardalids
Badai meteor Camelopardalids merupakan hujan meteor yang tergolong sebagai hujan meteor langka ini akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu, 24 Mei 2014. Dengan jumlah rata-rata 1000 meteor/jam, observasi disarankan pada saat menjelang matahari terbenam hingga fajar.  Bulan sudah jauh melewati fase purnamanya dan kini sedang menyandang status Bulan tua menuju ke konjungsi Bulan-Matahari yang baru berikutnya. Sehingga gangguan akibat cahaya Bulan di sekitar fase purnamanya dapat ditepis. Namun bila faktor fajar/senja kelautan dan ketinggian radian yang besar diperhitungkan, maka sejatinya hanya kawasan Amerika bagian utara saja yang berpotensi besar menyaksikan hujan meteor ini. Sementara bagian dunia lainnya tidak seberuntung itu. Adapun sumber meteor-meteor pada badai Meteor Camelopardalids berpusat di rasi Camelopardalis.

29 Mei 2014
Bulan Baru
Sedangkan fase Bulan baru (newmoon) pada bulan Mei 2014 ini akan terjadi pada hari Kamis, 29 Mei 2014 pukul 01:42 WIB, dini hari.

Wishing you clear sky, Guys!!
See you and thanks for visit my blog ^_^

Wassalamualaikum... Wr.Wb

8 comments :

  1. Apakah meteor Eta Aquarids akan ada yg masuk ke bumi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak secara pasti bisa ditentukan apakah akan ada atau tidak ada atau sebesar apa pecahan terkecil meteor yang bisa sampai ke bumi, karena meteor bisa/akan terpecah belah ketika memasuki lapisan atmosfir bumi

      Delete
  2. kalo meteor seandainya masuk ke bumi, menakutkan juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hujan meteor sebenarnya tidak membahayakan bagi penduduk bumi, tapi tentu saja sekalipun hujan meteor tidak membahayakan penduduk bumi, sebagai fenomena alam yang terjadi secara periodik, tetap saja harus diwaspadai terutama karena sulit sekali para ahli menentukan besaran masing-masing meteor...

      Kalau misalnya pecahan terkecil meteor itu sebesar bis misalnya, tentu saja ketika terjatuh di bumi bisa membahayakan, apalagi bila lokasi jatuhan adalah lokasi perumahan penduduk, pusat keramaian atau pusat perbelanjaan.

      Delete
  3. Hujan meteor ini bisa dilihat di seluruh indonesia gk sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang :)

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama :)
      Salam kenal kembali :)

      Delete