Monday, May 28, 2012

Tinggi dan Berat Badan

1 comment
Khusus huat kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal dan normal, caranya gampang banget kok...
Dan cara yang paling akurat untuk menghitung berat badan normal dan ideal itu adalah dengan memakai versi indeks Broca.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/56/Paul_Broca.jpg/230px-Paul_Broca.jpg
Pierre Paul Broca (28 June 1824 – 9 July 1880)
Broca adalah seseorang yang pernah hidup di jamannya (telah meninggal dunia pada tahun 1880 di Paris dan memiliki segudang keahlian yang salah satunya adalah keahlian pada ilmu antropometri (secara literal berarti pengukuran manusia). 

Kini, antropometri berperan penting dalam bidang perancangan industri, perancangan pakaian, ergonomik, dan arsitektur. Dalam bidang-bidang tersebut, data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dari suatu populasi diperlukan untuk menghasilkan produk yang optimal. 

Perubahan dalam gaya kehidupan sehari-hari, nutrisi, dan komposisi etnis dari masyarakat dapat membuat perubahan dalam distribusi ukuran tubuh (misalnya dalam bentuk epidemik kegemukan), dan membuat perlunya penyesuaian berkala dari koleksi data antropometrik.

Dan inilah cara untuk menghitung berat badan normal dan berat badan ideal,

http://media.vivanews.com/images/2011/08/07/119151_timbang-badan.JPG
1. Berat Badan Normal
Berat Badan Normal = Tinggi Badan - 100

Contoh :
Jika tinggi kamu dari ujung kaki hingga ujung kepala adalah 160 cm maka berat badan normal kita adalah 160 - 100 = 60 kg.

2. Berat Badan Ideal
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10% tinggi badan -100)

Contoh : Jika tinggi badan kita adalah setinggi 150 cm, maka berat badan ideal kita adalah (150 - 100) - (10% x (150 - 100) = 50 - 5 = 45 kg.

Dari hasil tersebut dapat kita ketahui apa yang terjadi dengan diri kita dengan membandingkan hasilnya berikut di bawah ini :
  • Kelebihan Berat Badan/Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
  • Kegemukan/Obesitas/Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
  • Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.

Perlu diingat, dalam hal ini, Usia tidak visa dibandingkan, karena tinggi seseorang tidak tergantung umurnya.^^

Oh iya, kamu juga bisa menghitung berapa berat badan ideal kamu dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index), silahkan klik disini.

1 comment :

  1. Mantap kang artikelnya Cara Meninggikan badan, langsung saya praktekkan cara yang di atas tadi. Ini sangat cocok untuk orang orang yang pengen tinggi termasuk saya. Jadi artikel di atas sangat membantu dalam meningkatkan tinggi badan

    ReplyDelete