Apa Sebabnya Lingkaran Memiliki Sudut 360 Derajat?

Lingkaran 360 derajat Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya, mengapa satu lingkaran memiliki sudut sebesar 360 derajat? pe...

http://www.mathsisfun.com/geometry/images/degrees-360.gif
Lingkaran 360 derajat
Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya, mengapa satu lingkaran memiliki sudut sebesar 360 derajat?

http://rovicky.files.wordpress.com/2007/11/lintasan3d.jpg
peredaran bumi terhadap matahari
Ada beberapa jawaban yang mungkin atas pertanyaan itu.
Kita mungkin masih ingat pelajaran sejarah tentang bagaimana hebatnya peradaban di Mesir, Persia, Yunani atau di mesopotamia.

Salah satunya yaitu Orang Sumeria di Mesopotamia atau Irak Selatan, yang telah mengenal tulisan sekitar 3000 tahun SM dan membuat kalender di masa 2400 tahun SM ini, membagi waktu satu tahun 12 bulan dan 360 hari, sama seperti kita sekarang. Pada jaman itu mereka telah memperhatikan lamanya peredaran bumi terhadap matahari. Dari hasil pengamatannya itu mereka menentukan bahwa masa peredaran bumi terhdap matahari adalah 360 hari. Disebabkan peredaran bumi terhadap matahari adalah 360 hari maka diputuskanlah bahwa 1 lingkaran adalah 360 derajat.

Jawaban lain atas pertanyaan di atas, yaitu konon pada masa sebelum masehi (SM) persatuan ahli astronomi dari Babilonia dan Yunani yang sangat ahli dalam bidang trigonometri, membagi lingkaran menggunakan segitiga sama sisi, yang panjangnya sama dengan jari - jari lingkaran tersebut. Segitiga yang dikenal dengan chord itu berhasil membagi lingkaran menjadi 6 chord.
Nah, pada jaman (peradaban)itu, basis bilangannya menggunakan basis bilangan 60, bukan seperti sekarang yang menggunakan basis bilangan 10. Maka, 1 chord dihitung 60 derajat. 1 lingkaran terdiri dari 6 chord. Dan ditetapkanlah bahwa 1 lingkaran terdiri dari 160 derajat (60 x 6).

You Might Also Like

4 Comments