Crop Circle atau Lingkaran Tanaman

              Crop circles (dari bahasa Inggris) atau Lingkaran Tanaman adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di ar...


             Crop circles (dari bahasa Inggris) atau Lingkaran Tanaman adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam.
Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970, dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran. Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan.

Mereka yang mempelajari fenomena lingkaran tanaman ini sering disebut juga dengan istilah "cerealogis", dan ilmu yang mempelajari fenomena ini disebut dengan cereolog. Para Cerealogis kemudian mengembangkan istilah baru untuk fenomena ini, yaitu agrilif.

Fenomena "lingkaran tanaman" seringkali dikait-kaitkan dengan isu Benda Terbang Aneh (BETA) atau UFO, atau juga makhluk luar angkasa.

Fenomena Crop Circle di Indonesia


Pada hari Minggu tanggal 23 Januari 2011 pukul 17.00 WIB, pihak Kepolisian Republik Indonesia di sektor Berbah, Yogyakarta mengonfirmasi munculnya lambang misterius berdiameter 60 meter yang dicurigai terkait dengan isu BETA atau makhluk luar angkasa yang dikenal dengan sebutan lingkaran tanaman atau crop circle di daerah persawahan di Gunung Suru, Jogotirto, Berbah, di Sleman. Pihak kepolisian yang menyelidiki menduga bahwa lingkaran tanaman tersebut dibuat pada hari Sabtu malam sebelumnya, dan telah mengabadikan foto langka tersebut sebagai dokumentasi. Lingkaran tanaman di ladang tersebut diyakini sebagai kejadian fenomena lingkaran tanaman yang pertama di Indonesia dan kemudian ramai disaksikan para warga sekitar tempat kejadian tersebut. Para warga sekitar meyakini lambang tersebut adalah simbol pendaratan pesawat BETA dari planet lain. Selain kesaksian tentang pesawat makhluk asing, terdapat berbagai kesaksian dari warga sekitar tentang penyebab fenomena tersebut, seperti SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) milik PLN, maupun sebuah angin puting beliung terlihat naik turun di ladang tersebut dan membentuk lambang misterius tersebut.
Peristiwa munculnya lingkaran tanaman di Berbah tersebut kemudian diikuti beberapa fenomena serupa, masih di sekitar daerah Yogyakarta, yang kedua dikonfirmasi adalah di Dusun Wanujoyo, Srimartani, Bantul, Bantul tanggal 25 Januari 2011, dan di Dusun Kumbangan, Desa Banyusari, Kecamatan Tegalrejo, Magelang tanggal 30 Januari 2011. Pola kedua lingkaran tanaman yang selanjutnya tersebut dikonfirmasi tidak serumit maupun sebesar pendahulunya di Berbah.
Setelah munculnya lingkaran tanaman pertama di Sleman, seorang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada(UGM) Yogyakarta mengaku bahwa dia dan enam temannya dari Fakultas MIPA dan Ilmu Pertanian UGM adalah pelaku pembuat lingkaran tanaman di Sleman. Pengakuan tersebut muncul lewat situs studentmagz.com pada tanggal 25 Januari 2011. Pengakuan tersebut belum dapat dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak kepolisian Yogyakarta, bahkan hingga saat tulisan ini selesai dibuat.

Selang beberapa waktu kemudian atau tepatnya sekitar pertengahan bulan Mei 2011, masyarakat Indonesia dihebohkan lagi dengan munculnya sebuah crop circle/lingkaran tanaman, kali ini terdapat di sebuah areal pesawahan di daerah Cikarang.
Berikut foto crop circle di Cikarang:


Tapi ternyata Crop Circle di Cikarang ini dibuat oleh manusia dan ditujukan untuk keperluan sebuah iklan makanan ringan di televisi.
Untuk melihat iklan makanan ringan yang menggunakan crop Circle tersebut, klik:

http://www.facebook.com/photo.php?v=111061125647512&set=t.100000144994373&type=3

Sebelumnya memang telah ada beberapa perusahaan di luar negeri yang sengaja membuat crop circle untuk mempromosikan produknya. Dan memang banyak dari crop circle adalah buatan manusia, namun para peneliti menemukan karakteristik-karakteristik yang kelihatannya mustahil dapat dibuat oleh manusia.

Penasaran Bagaimana Cara Membuat Crop Circle Sendiri? dan... Penasaran Juga Kaaan Apa Saja Karakteristik-Karakteristik dari Crop Circle yang Mustahil Dapat Dibuat oleh Manusia?
Tunggu Postingan Saya Selanjutnya yaaa.... :)

You Might Also Like

0 Comments