Saturday, June 30, 2012

PARA FISIKAWAN DUNIA

19 comments

http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/BigPictures/Archimedes_6.jpeg
Archimedes
Archimedes (287-212 SM) adalah salah seorang insinyur dan penemu terbesar pada zaman Yunani kuno. 

Ia orang pertama yang melakukan kajian ilmiah mengenai mesin sederhana dan menggunakan pengetahuannya untuk membuat berbagai mesin. 

Beliau ini adalah penemu Hukum Archimedes yang menjelaskan, mengapa ada benda yang mengapung dan ada yang tenggelam jika dimasukkan ke dalam air atau cairan. 

Konon, ia menemukan hokum tersebut keyika melihat air naik, pada waktu ia masuk ke dalam bak mandinya.

http://2.bp.blogspot.com/-aSUkE-mmqDM/TWMsG8ypPfI/AAAAAAAAAA0/SZollJSF-qU/s1600/Galileo-Galilei.jpg
Galileo Galilei
Galileo Galilei (1564-1642) adalah ilmuwan Italia yang dikenal sebagai salah satu ilmuwan modern pertama.

Deskripsi Matematikanya mengenai benda jatuh masih berlaku hingga sekarang. 
Ia juga membuat banyak temuan mengenai perbintangan.

Beliau adalah orang yang pertama melihat kawah-kawah di bulan dengan menggunakan teleskop. Penemuan-penemuannya bertentangan dengan ajaran-ajaran gereja Roma pada waktu itu. 

Akibatnya, ia dihukum oleh pengadilan agama dan meninggal ketika sedang menjalani hukuman.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d4/Johannes_Kepler_1610.jpg/220px-Johannes_Kepler_1610.jpg
Johannes Kepler
Johannes Kepler (1571-1819) adalah seorang pakar Matematika dan perbintangan dari Jerman yang berhasil menemukan hukum-hukum gerak planet (Hukum I, II dan III Kepler) dalam kajiannya mengenai orbit Mars. 
Ia mengemukakan bahwa planet-planet bergerak mengikuti garis orbit yang lonjong agak memanjang (elips), bukan berrbentuk linfkaran seperti yang diduga Coppernicus. 

Ia juga menemukan bahwa ada hubungan antara kecepatan gerak planet dan jarak planet itu dari Matahari. 
Setiap planet bergerak paling cepat ketika berada pada jarak paling dekat dengan Matahari.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/39/GodfreyKneller-IsaacNewton-1689.jpg/220px-GodfreyKneller-IsaacNewton-1689.jpg
Sir Issac Newton
Sir Issac Newton (1643-1727) adalah salah seorang ilmuwan terbesar sepanjang masa. 
Sewaktu muda ia kuliah di Universitas Cambridge (Inggris) dan setelah lulus ia mengajar di Universitas tersebut. 

Pada tahun 1669, ia diangkat menjadi professor Matematika. Ia meneliti berbagai bidang ilmu, seperti gaya, gerak dan optik. 
Ia berhasil mengemukakan tiga hukum tentang gerak. Ia juga menulis beberapa buku yang terkenal, antara lain Principia dan Optics. 
Namanya digunakan untuk menamai satuan gaya, yaitu Newton.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/15/Watt_James_von_Breda.jpg/300px-Watt_James_von_Breda.jpg
James Watt
James Watt (1736-1819) adalah seorang insinyur besar dari Inggris (Britania Raya). 

Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. 

Mesin uap ini ternyata merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Inggris dan di Eropa pada umumnya. 

Untuk mebnghargai jasanya, nama belakangnya, yaitu Watt kemudian digunakan sebagai nama satuan daya, yaitu daya mesin dan daya listrik.

Michael Faraday

Michael Faraday (1791-1867) ini mendapat julukan “Bapak Listrik”. Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk efek magnetism yang kuat pada cahaya.

Fenomena ini menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. 
Ia banyak member ceramah untuk mempopulerkan ilmu pengetahuan pada masyarakat umum. 

Pendekatan rasionalnta dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya, sangatlah mengagumkan.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9d/Thomas_Edison2.jpg/220px-Thomas_Edison2.jpg
Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison (1847-1931) mendapat julukan sebagai seorang penemu besar. Ia memulai perjalanan kariernya sebagai pengirim (operator) telegraf di jalur kereta api Amerika Utara. Kemudian ia menjadi penemu dan pengembang benda-benda kebutuhan manusia yang dapat dipatenkan dan dijual. 

Pada tahun 1870an, ia dapat menjual alat hasil ciptannya yaitu, telegraf bursa. 

Penemuannya yang terkenal fenomenal dan sangat berpengaruh pada bidang kelistrikan adalah bohlam (lampu) listrik.

http://www.lowdensitylifestyle.com/media/uploads/2011/01/AlbertEinstein.jpg
Albert Einstein
Albert Einstein (1879-1955) dianggap agak bodoh ketika masih muda. 

Pada salah satu buku raport sekolahnya tertulis, “Ia tidak akan menjadi apa-apa”. Namun, ternyata kemuadian ia menjadi seorang ilmuwan jenius. Pendapat-pendapatnya mengenai gaya dan gerak begitu revolusioner, sampai-sampai para anggota masyarakat ilmiah tidak dapat menerimanya. 

Pada tahun 1916, ia menerbitkan Teori Umum Relativitas yang merupakan pengembangan dari pendapat-pendapatnya. 
Ia menerima hadiah Nobel bidang Fisika pada tahun 1921.

19 comments :

  1. Yeps, berkat jasa-jasa penemuannya, sepertinya mereka akan terus diingat sepanjang masa :)

    ReplyDelete
  2. jom singgah cni ---> http://noraqilahjohari.blogspot.com/2012/06/saya-awak-atau-awak-yang-sombong.html =)

    ReplyDelete
  3. komplit data-nya mengenai fisikawan dunia..trimakasih sudah berbagi kawan :)

    ReplyDelete
  4. Hai Nora, terima kasih sudah berkunjung.....

    ReplyDelete
  5. Sama-sama... terima kasih juga udah mampir mas Hariyanto... :)

    ReplyDelete
  6. Makasih ya udah berkunjung ke blogku (^0^) aku gak tahu chatbox (tagboard) nya di mana. Jadi comment di sini aja ^^ maaf ya bener" gak tahu di mana tagboardnya..

    ReplyDelete
  7. Dinda: oke gak apa-apa, Dinda...
    guestbooknya ada disebelah kiri kok, hehe... mkasih banyak yaa

    Katarina: Me to... :)

    San: Silahkan... mkasih yaa udah mampir ^^

    ReplyDelete
  8. Hebat hebat ya bos :)
    Saya ajarin biar bisa seperti mereka bisa?

    ReplyDelete
  9. Nurfani: yups sob, mereka hebat-hebat... Insya Allah bisa,tinggal rajin belajar aja sob, hehee

    ReplyDelete
  10. Lina@happy family: iya, Insya allah foto selanjutnya foto saya yg nampang, hehehe

    ReplyDelete
  11. syang x sya benci matematika dan fisika hehe

    ReplyDelete
  12. Inilah orang-orang yang telah memotivasi saya untuk tetap hidup. Terimakasih udah share.

    Follow balik sukses #37

    ReplyDelete
  13. Limit Komputer:
    hehe... mudah-mudahan yg dibenci cuma Matematika sama Fisika aja yaa, ilmu-ilmu yg lainnya pasti suka kan... :)

    ReplyDelete
  14. Sama-sama Sigodang Pos, Terima kasih banyak udah Follback yaa, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  15. berarti kalo gak ada orang2 yg di atas itu, pelajaran fisika bisa gak ada ya, heheheh #ngarep

    ReplyDelete
  16. hehehe.... bisaa,
    #mungkin aja c,
    xoxoxo

    ReplyDelete