Neil Armstrong Tutup Usia

Rest in peace, Neil Armstrong... Astronot legendaris Amerika Serikat yang merupakan manusia pertama yang mendarat di bulan, Neil Arm...

http://l3.yimg.com/bt/api/res/1.2/mCutygfW24sPQ.smT0gEJQ--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD0yOTQ7cT04NTt3PTUxMg--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/tempo/63461.jpg
Rest in peace, Neil Armstrong...
Astronot legendaris Amerika Serikat yang merupakan manusia pertama yang mendarat di bulan, Neil Armstrong, meninggal dunia di usia 82 tahun karena penyakit jantung, Sabtu 25 agustus 2012 waktu setempat atau Minggu, dini hari WIB. 

Awal Agustus ini ia sempat menjalani operasi untuk melancarkan pembuluh darah koronernya yang tersumbat. Kematiannya diumumkan oleh keluarga Armstrong,

» Kami sangat berduka untuk menyampaikan kabar bahwa Neil Armstrong telah meninggal dunia menyusul komplikasi yang berasal dari prosedur cardiovascular,” demikian bunyi pernyataan resmi keluarga Armstrong.

» Neil adalah suami, ayah, kakek, abang dan teman kami yang tercinta.

» Neil Armstrong juga seorang pahlawan Amerika yang selalu percaya dirinya hanya melakukan tugasnya.

» Ia berbakti kepada negaranya dengan kebanggaan sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Laut, pilot penguji, dan astronot.

» Meski berkabung atas kepergian seorang lelaki yang sangat baik, kami juga merayakan kehidupannya yang luar biasa dan berharap semua itu menjadi contoh bahwa anak-anak muda di seluruh dunia untuk bekerja keras dan membuat mimpi mereka menjadi kenyataan, untuk bersedia mengeksplor dan berusaha hingga batas maksimal, dan untuk berbakti demi sesuatu yang lebih besar daripada diri mereka sendiri.”


Armstrong sebelumnya sempat menjalani operasi bypass jantung awal bulan ini, dua hari setelah ulang tahunnya ke-82 di tanggal 5 Agustus. Armstrong menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan pada empat arteri koronernya.
http://images.detik.com/content/2012/08/26/1148/083631_moon.jpeg
Neil Armstrong (kiri), Collins, dan Aldrin
Sebagai pimpinan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, tepatnya pada 20 Juli 1969. Saat menginjakkan kaki di permukaan yang berdebu itu, Armstrong mengatakan, 

"Ini satu langkah kecil untuk satu orang, tapi ini lompatan raksasa bagi umat manusia."

Kata-kata ini kemudian menjadi salah satu kutipan paling terkenal dalam bahasa Inggris.

Sekitar 600 juta orang atau seperlima dari populasi dunia saat itu menyaksikan dan mendengarkan pendaratan pertama manusia di bulan. Armstrong yang saat itu berusia 38 tahun sebenarnya tidak terlalu ingin hal itu menempatkannya di puncak prestasi manusia. Dia bahkan mengaku frustasi akan banyaknya pujian yang dialamatkan padanya.

Pendaratan di bulan itu menandai kemenangan AS atas Uni Soviet dalam Perang Dingin di luar angkasa yang dimulai pada 4 Oktober 1957 bersamaan dengan diluncurkannya satelit Sputnik 1 milik negara komunis itu.

http://images.detik.com/content/2012/08/26/1148/044150_astronotdlm.jpeg
Neil Armstrong,
Manusia pertama yang berhasi menjejakkan kaki di Bulan
http://s1.reutersmedia.net/resources/r/?m=02&d=20120825&t=2&i=646027330&w=&fh=&fw=&ll=600&pl=390&r=CBRE87O1HE400
Pendaratan di Bulan 43 tahun yang lalu
sumber gambar : Reuters
Ia pernah ditanya dalam satu kesempatan tentang bagaimana perasaannya mengetahui jejak kakinya kemungkinan akan tetap di permukaan bulan selama ribuan tahun. 
Lalu ia menjawab, 

"Aku berharap bahwa ada seseorang yang berjalan di sana suatu hari nanti dan membersihkan jejak itu," katanya. 

November lalu Armstrong bersama tiga astronot lainnya menerima Medali Emas Kongresional, penghargaan tertinggi bagi warga sipil Amerika Serikat.

-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-_-

Sebagai seseorang yang mengidolakan Neil Armstrong, dan sebagai seseorang yang bercita-cita bisa mengikuti jejaknya, menjejakkan kaki di Bulan... meskipun mungkin gak akan pernah kesampaian sih >_<

Saya turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,
Semoga suatu hari nanti, ada "Neil Armstrong-Neil Armstrong" berikutnya yang juga berhasil menjejakkan kaki di Bulan, seperti beliau ini...

Selamat jalan Neil Armstrong...





Reuters
Republika

You Might Also Like

0 Comments