Thursday, February 16, 2012

Insiden UFO

2 comments

“UFO”, “Alien” dan “Extra Terrestrial”, 3 misteri yang memiliki keterkaitan.
Alien adalah sosok makhluk misterius yang mungkin berasal dari luar bumi, UFO adalah kendaraan misterius yang mungkin digunakannya, Extra Terrestrial adalah segala unsur kehidupan lain yang mungkin menyertainya, seperti tumbuhan & hewan (merujuk pada kehidupan di bumi).

Tanggal 4 Juli 1947, di kota Roswell, New Mexico terjadi fenomena UFO yang terkenal dengan sebutan "Insiden Roswell".
Sebuah serpihan ditemukan didaerah peternakan setelah badai terjadi, dianggap berasal dari UFO yang jatuh. Menurut team arkeolog, UFO berbentuk cakram dan 4 alien (merujuk ke sosok Alien Greys) jatuh di daerah tersebut. Komandan Angkatan Udara Roswell juga mengatakan pada pers bahwa ada benda terbang berbentuk cakram yang jatuh. Angkatan Udara Amerika telah mengumpulkan serpihan-serpihan tersebut tanpa bekas sedikitpun.
Empat hari kemudian, konferensi pers diadakan dan dinyatakan bahwa serpihan itu adalah serpihan balon udara, dan bukan serpihan UFO. 
Istilah “UFO” sebenarnya diperkenalkan pertama kali tahun 1952 oleh Edward J. Ruppelt, pemimpin Project Blue Book. 
Jadi, pada saat Insiden Roswell tahun 1947 orang belum memakai istilah “UFO”. Sejarahwan David M. Jacobs telah menuangkan secara komprehensif tentang sejarah UFO dalam bukunya yang diterbitkan tahun 1975. Sejarah UFO sangatlah panjang, dan tidak mungkin dituliskan semuanya disini.

Awal tahun 1950-an, George Adamski menulis dalam bukunya bahwa ia telah bertemu alien dari Venus dan melakukan perjalanan dengan piring terbang untuk mengelilingi tata surya. Ini terjadi sebelum para ilmuwan mengetahui bahwa Venus memiliki suhu 900 derajat.
Tahun 1960, peristiwa menggemparkan terjadi saat polisi patroli melihat sebuah UFO di California.
Tahun 1970, Misteri Crop Circle dikaitkan dengan UFO, Misteri Segitiga Bermuda juga sempat dikaitkan dengan UFO.
Tahun 1986, Japan Airlines 747 diikuti oleh sebuah UFO diatas Alaska.
Dekade 90-an, Ray Santilli mempopulerkan video otopsi alien yang menggemparkan, konon itu adalah alien dari Insiden Roswell. Namun tahun 2006, keaslian video otopsi tersebut dipertanyakan pada film dokumenter TV Eamonn Investigates : Alien Autopsy, dibuat oleh British Sky Broadcasting.

Yang tertulis diatas hanya segelintir laporan dari ribuan laporan UFO yang muncul, sekitar 95% laporan ataupun insiden UFO adalah kesalahan identifikasi, ilusi optic, fenomena alam, ataupun hoax yang sedekar mencari sensasi. 5% sisanya menjadi misteri yang belum dapat dijelaskan secara sains. Ufologi, ilmu yang menyelidiki UFO, masih cenderung dianggap “pseudo science” karena sangat sulit mendapatkan bukti atau data ilmiah yang bisa dikembangkan menjadi teori ilmiah.

Tanggal 26 Desember 2009, Alexander Mikitiuk secara tidak sengaja memotret UFO. 
Pada saat mengambil foto ia tidak melihat objek aneh dilangit, ia melihatnya ketika meng-upload foto ke komputer. 
Foto ini diteliti oleh Patricio J. Tebing dan menyimpulkan bahwa UFO dalam foto itu memang benda padat, dan hadir bertepatan ketika kamera di jepret. 
Foto tersebut diambil Mikitiuk didaerah pegunungan Buenos Aires, Argentina. Para peneliti UFO di Argentina menyebutnya “Ghost UFO” yang menunjukkan bahwa benda itu hadir pada saat pengambilan foto, namun mata manusia tidak dapat melihatnya. Foto itu disebut salah satu yang terbaik di tahun 2009, dan mungkin foto UFO terbaik dekade ini.

Tanggal 18 Februari 2010, Pemerintah Inggris merilis arsip yang berisikan sekitar 6.000 kesaksian penampakan UFO sejak tahun 1994 sampai dengan tahun 2000. Arsip ini sebelumnya berstatus “top secret”, salah satunya berisi mengenai penampakan UFO diatas stadion Stamford Bridge pada bulan Maret 1999. Menurut kesaksian, terlihat benda terbang yang berubah bentuk dari persegi menjadi bentuk berlian dan kemudian menghilang.

UFO, Alien & Extra Terrestrial tampaknya menjadi misteri sepanjang masa, dan misteri yang menarik untuk di ikuti perkembangannya.


Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/1976257-insiden-ufo/#ixzz1mY5CPc1F

2 comments :