Thursday, February 2, 2012

Ozon

No comments
Ozon adalah gas tak berwarna. 
Secara kimiawi, ozon sangat aktif; yang bereaksi dengan cepat dengan banyak sekali bahan lain. Di dekat permukaan bumi, reaksinya dapat menyebabkan karet pecah/retak, merusak hidup tanaman, dan merusak jaringan paru-paru. Tapi ozon juga menyerap komponen berbahaya sinar matahari, yang dikenal dengan “ultra violet B” atau “UV-B”. 

Jauh di atas permukaan, bahkan jauh di atas sistem cuaca, selapis tipis ozon menyerap UV-B, melindungi kehidupan di bawahnya.

Apakah itu Satuan Dobson?
Satuan Dobson (DU) adalah satuan pengukuran ozon total. Jika anda menbawa semua ozon dalam satu kolom renggangan udara dari permukaan bumi ke angkasa, dan membawa semua ozon tersebut ke temperatur standar (0° Celsius) dan pada tekanan standar (1013.25 milibar, atau satu atmosfer atau “atm”), tebal kolom tersebut akan berkisar 0.3 cm. Sehingga ozon total akan menjadi 0.3 atm-cm. Agar mudah digunakan, “Dobson Unit” didefisikan sebagai 0.001 atm-cm. Maka 0.3 atm-cm adalah 300 DU.

Apakah itu Lubang Ozon?
Setiap tahunnya dalam beberapa dekade terakhir selama musim panas Belahan Selatan, reaksi kimia yang melibatkan chlorine dan bromine menyebabkan ozon di daerah kutub selatan hancur dengan cepat dan hebat. Wilayah inilah yang dikenal dengan “lubang ozon”.

Luas lubang ozon ditentukan dari peta kolom ozon total. Dihitung dari luas pada bumi yang dibatasi oleh garis 220 DU. Nilai 220 DU ini dipilih karena nilai ozon total kurang dari 220 DU tidak pernah ditemukan sepanjang sejarah pengamatan di Antartika sebelum 1979. Juga, dari pengukuran langsung di Antartika, suatu level kolom ozon yang kurang dari 220 DU adalah hasil dari hilangnya ozon dari senyawa chlorine and senyawa bromine.

Apa kegunaan Ozon?
Ozon digunakan dalam bidang pengobatan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas seperti di Jerman. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar.
Ozone juga dikenal sebagai oksidan dan disinfektan yang kuat dan dapat membunuh pencemaran microbial seperti E-coli, candida, listeria, staph, salmonella, giardia dan cryptosporidium lebih efektif dari chlorine.  Ozone membunuh E-coli 3000 kali lebih cepat dari chlorine.
Ketika ozone diciptakan, ozone meresap ke celah, korden, furniture, lemari dan tempat dimana aliran udara sedikit atau tidak ada. Ketika atom oksigen terpisah dari molekul ozone, dua hal terjadi : disinfeksi dan oksidasi.  Ini terjadi ketika atom atom ini dengan cepat menghancurkan bakteri, jamur, dan bau yang tidak enak.  Hasilnya adalah oksigen yang bersih.

Sedangkan dalam perindustrian, ozon digunakan untuk: 
1. Mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik), 
2. Menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna), 
3. Membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik), 
4. Mencuci, dan memutihkan kain (dipaten), 
5. Membantu mewarnakan plastik,  
6. Menentukan ketahanan getah.

No comments :

Post a Comment