Sudah Benarkah Cara Anda Mencuci Rambut?

Keramas atau adalah perawatan terhadap rambut dengan melakukan aktifitas mencuci rambut dan kulit kepala menggunakan samphoo atau produk pe...

Keramas atau adalah perawatan terhadap rambut dengan melakukan aktifitas mencuci rambut dan kulit kepala menggunakan samphoo atau produk pembersih lain dengan mencampurnya dengan air dengan meremas-remas kulit kepala untuk seterusnya dibilas menggunakan air sehingga bersih. 

Keramas bertujuan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, kotoran bekas keringat yang menempel di kulit kepala, dan ketombe.

Mencuci rambut ini merupakan salah satu aktivitas yang saking seringnya kita lakukan, kita tak pernah berpikir lagi saat melakukannya. Otomatis saja seperti robot. 
Padahal banyak hal saat keramas yang selama ini kita lakukan dengan salah. Coba simak aturan keramas berikut ini, apakah kita sudah melakukan hal yang benar?

Tak perlu tiap hari
Keramas setiap hari, boleh. Tapi tak semua rambut perlu keramas tiap hari. Jika Anda rutin berolahraga setiap hari, maka keramas setiap hari adalah kewajiban. Namun jika rambut Anda kering, atau keriting dan tebal mengembang, keramas cukup dua hari sekali.

Wajib menyisir dulu
Menyisir tak hanya dilakukan untuk merapikan rambut. Saat basah, rambut menjadi lebih rapuh, mudah patah, dan mudah rontoh. Akan lebih parah jika rambut dalam keadaan kusut saat dibasahi. Jadi sebelum menyiram rambut dengan air, pastikan rambut dalam keadaan rapi dan sudah disisir.

Perhatikan label shampo
Jika rambut Anda berminyak, jangan pakai shampo untuk rambut kering. Efeknya rambutnya Anda malah akan semakin lepek dan berminyak. Kenali jenis dan kekurangan rambut Anda, lalu pilihlah shampo dan kondisioner yang sesuai.

Tak perlu banyak-banyak
Rambut Anda hanya membutuhkan sedikit produk, baik itu shampo, kondisioner, gel rambut, dan produk lainnya. Tuangkan shampo secukupnya saja, tak perlu berlebihan. Anda tentu tak mau membanjiri rambut Anda dengan bahan kimia  berlebihan, bukan?

Jangan pakai air panas
Mandi pagi terasa lebih nikmat memakai air panas. Namun temperatur air yang terlalu tinggi bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi kering. Jika tak tahan keramas dengan air dingin, gunakan air hangat suam-suam kuku.

Shampo di atas, kondisioner di bawah
Yang perlu dibilas dengan shampo hanya kulit kepala Anda dan rambut bagian atas. Setelah berbusa, biarkan busa shampo turun sendiri hingga ke ujung rambut, bagian yang paling rapuh. Untuk kondisioner, justru sebaliknya. Usapkan hanya di ujung rambut.

You Might Also Like

0 Comments