Thursday, May 10, 2012

ATMOSFER

No comments
  • Atmosfer / lapisan atmosfer adalah lapisan gas yang menutupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer tersedia dari level permukaan tanah, sampai sekitar 700 km di atas permukaan bumi, dan dipertahankan di tempatnya oleh gravitasi bumi. Studi tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Dengan peralatan yang sensitif yang dipasang di kawasan angkasa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang atmosfer dan fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya.
  • Atmosfer bumi terdiri dari (menurut volume): nitrogen (78%) dan oksigen (21%), dengan sedikit argon (1%), karbondioksida, uap air dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultra-lembayung dari matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer bumi ada dalam 11 km dari permukaan tanah. Atmosfer tidak memiliki perbatasan mendadak, tetapi menipis perlahan-lahan dengan bertambahnya ketinggian, dan tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa lepas. Garis Karman, pada 100 km (62 mil), sering juga digunakan sebagai perbatasan antara atmosfer dan angkasa.
    http://1.bp.blogspot.com/_BpVrAlPQfrE/TTj86zavnoI/AAAAAAAAAOk/eKRKXrlIVTQ/s1600/atmosfer1.png
    Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi
    Lapisan atmosfer bumi
    Atmosfer memiliki beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain terjadi secara bertahap. Lapisan udara ini dibagi menjadi:
    1. Troposfer
    2. Stratosfer
    3. Mesosfer
    4. Termosfer
    5. Eksosfer
  • Tekanan atmofera disebabkan oleh udara yang memiliki massa. Tekanan ini berarti tekanan atmosfer berbeda menurut lokasi dan waktu karena jumlah udara (dan beratnya) di permukaan bumi berbeda menurut tempat dan waktu. Secara kasarnya, tekanan atmosfer jatuh sekitar 50% pada ketinggian ketinggian 5 km (atau jumlah berat atmosfir di bawah 5 km adalah separuh dari jumlah berat keseluruhan atmosfer). Tekanan atmosfer biasa di permukaan laut adalah sekitar 101.3 kilopascal (kPa) dan disebut 1 Atm.

    Komposisi atmosfer bumi
    , Atmosfer tersusun oleh:
    1. Nitrogen
    2. Oksigen
    3. Argon
    4. Air
    5. Ozon
    6. Karbondioksida

    No comments :

    Post a Comment