Thursday, May 10, 2012

Zat Kimia Dalam Kotak Plastik Untuk Makanan Dapat menyebabkan Kanker

No comments
http://distorsikopi.files.wordpress.com/2011/11/kotak-styrofoam.jpg
Kotak Makan Styrofom
Sejenis Zat kimia yang di sebut Bisphenol A (BPA) yang terdapat dalam kotak plastik penyimpan makanan dapat mempengaruhi janin perempuan dalam kandungan dan meningkatkan resiko kanker payudara ketika bayi perempuan ini dilahirkan dan tumbuh dewasa. 

Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Endocrinology.
 
Studi sebelumnya menunjukkan, sejumlah kecil bisphenol A dapat bocor dari plastik dan dapat diserap kedalam tubuh. 
Dalam studi terkini, para periset di Tufts University, Boston, Massachusetts memberikan bisphenol A dalam dosis kecil kepada tikus yang sedang dalam paruh kedua kehamilan. Dosis yang digunakan sama dengan jumlah bisphenol A yang terpapar pada manusia.
Tiga puluh hari ketika tikus dilahirkan atau saat mencapai pubertas, para riset yang meneliti tikus ini menemukan, paparan terhadap bisphenol A meningkatkan risiko mengembangkan kanker payudara. Semakin tinggi kadar bisphenol A yang diterima tikus.
 
Bisphenol A digunakan luas pada bahan kemasan atau wadah makanan, botol susu bayi, dan damar yang melapisi kaleng makanan. Bisphenol A ini juga digunakan untuk plastik keras. 

Selama bertahun-tahun, senyawa ini di anggap aman dan keamanannya tidak dipertanyakan, Tapi studi menunjukkan, senyawa ini dapat bocor keluar dari wadah atau kemasan makanan atau dari plastik dan bisa termakan ke dalam tubuh. 

Sebagai pencegahan, sebagian ahli menganjurkan meninggalkan wadah plastik untuk makanan dan diganti dengan wadah dari gelas atau wadah email atau stainless steal.

No comments :

Post a Comment